Home / Olahraga / Olahraga Galang Dana, Peduli Sesama

Olahraga Galang Dana, Peduli Sesama

Sumber Foto: https://www.dkfz.de/en/spenden/donorgallery.html

Hesmitha Eunike

PIJAR, Medan. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang cukup ampuh dalam menjaga kesehatan jasmani. Berjalan, berlari, berenang, senam, dan yoga merupakan olahraga yang dapat dengan mudah dilakukan.  Tubuh manusia memerlukan pergerakan untuk memaksimalkan fungsi dari setiap anggota tubuh. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa, orang tua hingga lansia sekalipun membutuhkan olahraga sebagai penunjang kesehatan.

Lewat olahraga secara rutin, akan banyak manfaat yang dapat diperoleh. Manfaat tersebut di antaranya akan membuat tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan daya tahan tubuh, menjauhkan dari beragam penyakit, memicu proses metabolisme, dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar serta membantu otot tubuh menjadi tidak kaku.

Selain manfaat di atas, nyatanya olahraga juga memiliki manfaat lain serta dapat berdampak bagi orang lain. Lewat berolahraga, kita juga dapat beramal dan membantu orang yang membutuhkan. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah lewat Olahraga Galang Dana.

Bagi mereka para penyuka olahraga seperti lari, berjalan kaki, jogging, maupun bersepeda, acara “Run to Care” dapat menjadi pilihan untuk berdonasi. SOS Children’s Villages adalah Organisasi Pengembangan Internasional Independen Non Pemerintah yang telah bekerja untuk memenuhi kebutuhan dan melindungi kepentingan dan hak anak sejak tahun 1949 . Didirikan oleh Hermann Gmeiner di Imst, Austria kini program penggalangan dana ini juga hadir di Indonesia. SOS Children’s Villages Indonesia bersama Phiruntrophy mengajak para penggiat olahraga untuk berjalan kaki,berlari serta bersepeda, mengarahkan kegiatannya dalam bentuk donasi untuk mendukung kerja SOS Children’s Villages Indonesia.

Melalui aplikasi Phiruntrophy, para penggiat olahraga dapat turut serta mendukung organisasi sosial yang sudah terdaftar di aplikasi dengan cara mengkonversi setiap jarak yang ditempuh pengguna aplikasi ke dalam bentuk nominal rupiah. Berbeda dengan mekanisme donasi pada umumnya, pada aplikasi Phiruntrophy setiap individu yang ingin melakukan donasi tidak perlu merogoh kocek. Dana yang dialokasikan sebagai dana donasi diperoleh dari sponsor yang telah menjalin kerjasama dengan pihak Phiruntrophy. Nominal donasi ditentukan berdasarkan jarak yang ditempuh pengguna aplikasi setelah ia berlari,berjalan kaki maupun bersepeda. Setiap 1 km jarak yang ditempuh dikonversi menjadi donasi sebesar Rp2.000,- untuk SOS Children’s Villages Indonesia.

Nantinya donasi yang terkumpul akan digunakan untuk mendukung pengasuhan yang berkualitas, memberikan layanan kesehatan, dan layanan pendidikan yang bermutu bagi anak-anak di 10 lokasi di Indonesia yaitu Lembang, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Semarang, Medan, Bali, Flores, Banda Aceh, dan Meulaboh.
Bagaimana para penggemar olahraga? Tertarik untuk mencobanya?

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber: google.com

“Plogging”, Tren Workout Terbaru Bagi Kesehatan Diri dan Lingkungan

Sebuah aktivitas workout yang diawali dari Swedia dengan sebutan ‘Plocka upp’ ini merupakan kombinasi dari jogging dan memungut sampah. Aktivitas ini awalnya merupakan kegiatan terorganisir di Swedia yang berlangsung pada tahun 2016 dan lambat laun mulai mengglobal hingga ke negara–negara lain sampai saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *