Home / Berita / Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Sejumlah Komunitas Medan Ikuti Pemuda Bergerak
image

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Sejumlah Komunitas Medan Ikuti Pemuda Bergerak

Yasmin Faisal Nabilah

Pijar, Medan. Memperingati Sembilan Puluh Tahun “Hari Sumpah Pemuda” yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, We The Youth mengajak Digidoy dan Uncle Kick untuk berkolaborasi menggelar acara “Pemuda Bergerak” bertempatkan di Museum Perkebunan Indonesia, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Minggu (28/10).

Latar belakang terpilihnya Museum Perkebunan ini karena ini merupakan museum perkebunan satu-satunya yang ada di Indonesia dan untuk mengangkat nilai sejarah dari museum ini. Seluruh rangkaian kegiatan Pemuda Bergerak diracik oleh 2 gabungan tema besar, yakni semangat Sumpah Pemuda memperkuat persatuan pemuda dalam mewujudkan kesetiakawanan sosial diantara sesama anak bangsa yang kreatif dan mandiri dalam menyongsong masa depan Sumatera Utara yang lebih sejahtera dan berkeadilan.

“Kita ingin ada satu pergerakan untuk bisa menaikkan lagi industri kreatif dan komunitas-komunitas yang ada di Medan, karena kita lihat di Medan agak jarang acara-acara komunitas, kita mencoba untuk mengkritik secara kreatif pemerintahan di kota kita, kalau kita komunitas-komunitas industri kreatif penggiat seni dan creator lainnya bergerak, kita bisa untuk menumbuhkan perekonomian dan menaikkan industri kreatif yang ada di Medan,” tutur Arif Siregar selaku founder dari komunitas Digidoy.

Selain itu, Arif juga berharap agar acara kumpul komunitas ini dapat berlangsung beberapa bulan sekali atau setiap tahun, agar kegiatan tersebut bernilai positif dan mengkritik pemerintahan dengan cara kreatif.

Kegiatan ini serentak diadakan di 10 Kota yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Makassar, Malang, Palembang, Pekanbaru, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta dengan konsep acara yang berbeda-beda. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari sebuah kegiatan kolaborasi 90 komunitas dan indsutri kreatif yang ada di Kota Medan, dalam mempererat keakraban dan meningkatkan semangat juang dalam berkreativitas.

Kegiatan ini diawali dengan konvoi dari komunitas motor, mobil unik dan menarik, dari titik start museum perkebunan dan akan kembali ke lokasi acara. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Art Exhibition, Music Performance, Tradisional Dancer, Standup Comedy, Sharing Session, Community Gathering, Charity For Palu dan Pembacaan Deklarasi Sumpah Pemuda secara serentak diikuti oleh beberapa kota besar lainnya seperti Bandung, Jakarta, Makasar, Malang, Palembang, Pekanbaru, Solo, Surabaya, Medan, Yogyakarta, yang bekerja sama oleh We The Youth.

Konvoi merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati sumpah pemuda di museum perkebunan. (28/10) (Fotografer: Yasmin Nabilah F)
Konvoi merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati sumpah pemuda di museum perkebunan. (28/10)
(Fotografer: Yasmin Nabilah F)

“Sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Gerald selaku Community Manager bahwa We The Youth adalah gerakan anak muda yang mengangkat isu-isu sosial dengan sudut pandang anak muda, ketika ingin membawakan atau menyampaikan informasi-informasi tentang sosial bisa ditangkap sama anak muda dengan mudah. We The Youth berdiri di Jakarta, secara legalitas baru berdiri awal tahun 2018 bulan Februari,” tutur Gerald selaku Community Manager We The Youth.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dari Medan Adventure Community, Electrica Panda, Solidaritas Anak Bangsa, Triple P (Pemuda Peduli Panti), Aphresis (Pendonor Darah), MGI (Medan Generasi Impian), SIGi Medan (Sahabt Indonesia Berbagi), KOFI SUMUT (Komunitas Film SUMUT), Hijabers Medan, Medan Heritage, BPM (Backpacker Medan), Fotografi Medan, Blog M (Komunitas blogger Medan), Vectorina Medan, Mobil Antik (MOC), VANATIC, dan masih banyak lagi.

Pada acara ini, Gerald juga berharap untuk setiap pemuda di mana pun berada untuk tetap berkolaborasi satu sama lain, karena memang bentuk kolaborasi itu yang menunjukkan bahwa pemuda itu ada dan bisa mendukung semua aspek kegiatan yang ada di pemerintahan secara sosial.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_3686

Ngevlog Simpel Bersama From Youth Imagination Footage

Pijar, Medan. Komunitas From Youth Imagination (FYI) Medan menyelenggarakan Lokakarya Footage Road to Live Matsuri bertemakan “Nge-vlog ga ribet, serius?” yang diselenggarakan di We Talk A Lot (lantai 2) Komp. Tasbih 2 Medan pada Minggu (11/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *