Home / Lifestyle / SEDOTAN STAINLESS STEEL SI RAMAH LINGKUNGAN

SEDOTAN STAINLESS STEEL SI RAMAH LINGKUNGAN

http://greenmommyshop.com/product/sedotan-stainless/

Ainun Putri Lubis

Pijar, Medan. Belakangan ini penggunaan sedotan yang ramah lingkungan berbahan dasar stainless steel sedang naik daun. Ini dikarenakan masyarakat sudah tahu tentang bahaya penggunaan sedotan plastik bagi kesehatan.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa penggunaan produk plastik sebagai wadah atau alat makan maupun minum bisa berbahaya. Hal tersebut sudah jelas karena bisphenol-A (BPA) yang terkandung dalam plastik bisa luntur dan mengontaminasi makanan kita. BPA sendiri adalah bahan kimia industri yang telah digunakan untuk membuat bahan plastik dan resin sejak 1960-an.

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, faktanya penggunaan sedotan plastik juga sangat berbahaya bagi lingkungan. Dikutip dari Eco Watch.org faktanya bahwa di dunia ada  sekitar 500 juta sedotan plastik yang dipakai setiap harinya. Bahkan di Amerika Serikat angkanya mencapai 175 juta sedotan plastik yang dipakai setiap hari. Data Divers Clean Action (DCA) juga menyebutkan bahwa pemakaian sedotan plastik di Indonesia mencapai 93.244.874 batang, yang berasal dari restoran, minuman kemasan, dan sumber lainnya.

Sebagai solusi mencegah kerusakan lingkungan, bisa dimulai dengan hal kecil terlebih dahulu, yaitu dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik. Kita bisa mengganti sedotan plastik dengan sedotan  yang ramah lingkungan yakni sedotan stainless steel.

Selain ramah lingkungan, sedotan stainless steel juga bebas dari BPA dan aman untuk digunakan berulang-ulang. Sedotan stainless steel dibuat dari jenis besi yang tidak bersifat korosif (mudah berkarat), sehingga tidak akan berkarat jika digunakan secara terus-menerus. Keamanan yang dimiliki oleh sedotan jenis ini harus dibarengi dengan frekuensi pembersihannya. Sedotan jenis ini sangat mudah untuk dibersihkan, caranya cukup dengan menyikat bagian dalam sedotan dan cuci dengan air yang bersih.

Sedotan stainless steel cukup mudah untuk ditemukan. Bahkan di berbagai Online Shop sudah menjual sedotan jenis ini. Harganya pun terjangkau, yaitu berkisar Rp15000 untuk satu sedotan dan satu sikat kecil yang digunakan untuk menyikat sedotan tersebut.

Mulai sekarang, ganti sedotan plastik dengan sedotan stainless yang lebih ramah lingkungan. Menjaga lingkungan bisa dimulai dengan cara mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber gambar : Sumber: muslimarket.com

Bulan Puasa Bukan Alasan Untuk Tidak Berolahraga

Olahraga di bulan puasa akan memberikan manfaat yang besar bagi tubuh anda, seperti hilangnya rasa malas dan mengantuk, detoksifikasi tubuh akan tetap lancar hingga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *