Home / Berita / Ulang Tahun ke-38, KOMPAS USU Menggelar Aksi Menanam Pohon
image1 (1)

Ulang Tahun ke-38, KOMPAS USU Menggelar Aksi Menanam Pohon

Hermita Uli Sigalingging

Pijar, Medan. Korps mahasiswa Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup Universitas Sumatera Utara (USU) atau yang biasa dikenal dengan KOMPAS USU, memperingati hari ulang tahun ke-38 dengan melakukan aksi menanam pohon, Jumat (05/10). Dengan tema Bersatu Padu Kita Bangkitkan Semangat KU “Pohon Garansi Kehidupan”, kegiatan yang berlangsung di Sekretariat KOMPAS USU ini dimulai pukul 14:00 WIB dengan mengadakan kegiatan aksi penanaman 1500 bibit pohon.

Persiapan yang dilakukan selama kurang lebih tiga minggu ini ternyata disambut baik dan dihadiri oleh UKM USU, PEMA, Mahasiswa Pecinta Alam Sumatera Utara (MAPALASU), dan juga beberapa mahasiswa USU yang ingin melihat langsung aksi penanaman pohon yang dilakukan KOMPAS USU. Kegiatan aksi menanam pohon ini dimulai dari Pintu 1 USU yang tentunya telah mendapat izin dari pihak rektorat USU. Aksi penanaman pohon ini sekaligus mendukung tujuan USU yaitu USU Go Green.

“USU kan salah satu tujuannya untuk USU Go Green, jadi aksi kita ini sekaligus untuk mendukung itu. Tapi untuk bibit pohon itu tidak semuanya kita tanam di USU, seperti saran Rektor akan kita tanam juga di Kwala Bekala,” jelas Shawaliah Catur, ketua panitia.

Bibit-bibit pohon yang akan ditanam tersebut dibeli oleh pihak KOMPAS USU dari Yayasan Budaya Hijau Indonesia, karena sebelumnya pihak KOMPAS USU sudah menjalin kerja sama dengan pihak Yayasan Budaya Hijau Indonesia ini. Bibit yang ditanam adalah berbagai jenis bibit buah-buahan seperti jambu, jeruk, sirsak dan lainnya.

Kompas USU memperingati ulang tahun ke-38 di Sekretariat KOMPAS USU (05/10) dengan melakukan aksi menanam pohon yang dihadiri oleh UKM USU, PEMA USU, dan mahasiswa pecinta alam Sumatera Utara (MAPALASU). (Fotografer: Hermita Uly)
Kompas USU memperingati ulang tahun ke-38 di Sekretariat KOMPAS USU (05/10) dengan melakukan aksi menanam pohon yang dihadiri oleh UKM USU, PEMA USU, dan mahasiswa pecinta alam Sumatera Utara (MAPALASU). (Fotografer: Hermita Uli)

Kegiatan ini ternyata disambut antusias oleh mahasiswa USU. Bangku-bangku yang dipersiapkan oleh panitia hampir seluruhnya dipenuhi oleh peserta. Setiap peserta yang datang diberi nomor oleh panitia. Tujuannya adalah ketika penanaman, panitia akan lebih mudah untuk mengarahkan peserta dalam penanaman bibit pohonnya.

“Senanglah ada program seperti ini. Apalagi kan yang ditanam juga bibit buah-buahan, yang dalam jangka panjang dapat dikelola dan dimanfaatkan. Selain itu juga pohon adalah satu bagian yang dapat menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Febri, salah satu peserta yang ikut melakukan aksi menanam pohon.

Aksi yang dilakukan oleh KOMPAS USU ini diharapkan dapat memberi kesan yang positif kepada banyak orang khususnya mahasiswa untuk lebih peduli degan lingkungan.

“Harapan kedepannya, semoga kita dari KOMPAS USU, mahasiswa, dan masyarakat dapat sama-sama belajar bahwasanya lingkungan itu penting. Salah satu bagian dari lingkungan adalah pohon. Jadi sesuai dengan tema yang kita angkat bahwa pohon adalah garansi kehidupan. Artinya, kita akan mewariskan ini suatu saat kepada generasi kita. Jadi, harapannya dari sekarang kita belajar lebih peduli terhadap lingkungan,” tutup Shawaliah, mahasiswa Fakultas psikologi dengan tersenyum.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Star Munthe

ASB Dan KBI Gelar Nonton Bareng, Dalam Memperingati Hari HAM Internasional

Pijar, Medan. Aliansi Sumut Bersatu (ASB) berkolaborasi dengan Komunitas Bela Indonesia (KBI) sukses menggelar kegiatan Nonton Bareng Film Senyap di sekretariat ABS jalan Jamin Ginting pasar 7 pada senin (10/12), dalam rangka memperingati hari HAM Internasional dan 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *