Home / Jalan-Jalan / 5 Jajanan 90an Ini Bikin Kamu Gagal Move On dari Masa Kecilmu

5 Jajanan 90an Ini Bikin Kamu Gagal Move On dari Masa Kecilmu

Sumber foto: www.google.com

Nabilla Chika Putri/Dwi Harizki

PIJAR, Medan. Apakah Anda adalah anak zaman 90an? Jika iya, Anda termasuk generasi yang beruntung karena dapat merasakan hal-hal yang tidak didapatkan di zaman sekarang. Berbeda dengan generasi saat ini yang memiliki rutinitas yang kompleks dan santapannya jauh dari nuansa lokal, anak-anak 90an memiliki kehidupan yang sederhana karena yang mereka pikirkan hanya belajar, bermain, dan menghabiskan uang mereka untuk jajan.

Jajanan yang disediakan pun beragam namun sarat akan kesederhanaan. Menggoyang lidah namun tidak mengocok perut. Satu hal yang mudah membedakannya adalah jajanan tersebut murah, meriah, namun tidak akan membuat anda muntah. Penasaran jajanan seperti apa yang akan mengingatkan Anda dengan masa kecil?

Ini dia.

  1. Telur Gulung

image

Jajanan yang masih banyak peminat dan penjual hingga sekarang adalah telur gulung. Siapa yang tidak kenal dengan jajanan legendaris ini? Telur kocok yang “disebar” di penggorengan lalu di gulung dengan tusuk sate. Telur gulung juga memiliki variasi isian toping yang beragam dan tak kalah menarik  seperti sosis, bakso dan nugget. Fahira Syahnas, mahasiswi Ilmu Komunikasi USU Angkatan 2017 mengungkapkan bahwa telur gulung termasuk salah satu jajanan yang tak lekang oleh waktu dan dapat dinikmati kapanpun.

“Telur gulung itu jajanan favoritku semasa kecil, hingga sekarang. Karena membuat telur gulung cukup mudah. Aku seringkali membuat telur gulung sendiri jika aku merasa rindu sama jajanan tersebut,” tuturnya. Ia mengakui, sejak duduk di bangku sekolah dasar, dirinya sering membeli telur gulung selama jam isitirahat dan jam pulang sekolah. Nah, untuk Anda yang ingin makan telur gulung tanpa repot mencari yang menjual dan belum tentu sehat tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri karena proses pembuatannya yang mudah dan bahannya mudah di dapat.

  1. Mie Lidi

image 2

Mie lidi merupakan salah satu makanan yang juga masih eksis hingga kini. Mie kering yang berbentuk lurus dan tipis seperti lidi ini memilki rasa asin, gurih dan pedas yang banyak diminati anak 90. Rasa yang ditawarkan ada original dan pedas. Harganya hanya 500 rupiah dan isinya yang banyak membuat siapa yang makan akan puas. Hingga pada akhirnya, mie lidi pun merambah  ke bisnis daring. Banyak dari beberapa akun penjual mie lidi di beberapa media sosial menjual mie lidi dengan varian rasa yang beragam dengan harga yang terjangkau.

  1. Gulali

image 3
Kalau melihat jajanan satu ini, anak-anak pasti akan langsung jatuh hati. Bagaimana tidak? Selain rasanya yang manis, harganya murah dan warnanya yang menarik. Kita juga bisa meminta bentuk gulali seperti apa yang kita inginkan. Yang menariknya lagi adalah kita bisa melihat proses pembuatannya secara langsung dan bagaimana terampilnya si penjual dalam membuat gulali tersebut. Sayangnya, sekarang ini penjual gulali tidak seramai dulu. Sudah mulai jarang ditemui penjual gulali. Kadang, kita harus ke sekolah-sekolah untuk mendapatkan gulali yang bisa mengingatkan kita pada masa-masa di bangku sekolah dasar.

  1. Mi Gemez

image 4

Mi Gemez merupakan cemilan mie kering yang begitu terkenal pada masanya. Hal unik dari mie ini adalah cara mengonsumsinya yaitu harus diremas-remas terlebih dulu karena mie di dalamnya yang masih utuh. Hal yang dirindukan dari Mie Gemez ini adalah sebuah hadiah di dalamnya. Biasanya hadiah yang disediakan bisa berupa uang atau sebuah komik kecil yang dilipat, Komik ini memiliki banyak cerita menarik di dalamnya dan ini juga yang menjadi ciri khas dari Mi Remez ini.

  1. Cokelat Payung

IMAGE 5

Bentuknya yang unik mampu menarik anak-anak untuk membeli cokelat yang berbungkus warna-warni ini. Kamu pun pasti tidak bakal lupa sama permen coklat yang satu ini. Selain harganya yang murah, cokelat payung akan membuat siapa saja yang ingin membelinya pasti akan mau dan mau lagi. Kita bisa membeli ini sekitar 10 – 20 coklat payung untuk dimakan di rumah. Cokelat ini biasanya dimasukan ke dalam toples plastik dan dijual di warung. Kalau cuma makan satu, pasti rasanya tidak cukup.

Nah itu dia jajanan generasi 90an yang masih menjadi favorit anak 90an bahkan sampai sekarang. Beberapa dari jajanan di atas masih banyak ditemuin di beberapa sekolah-sekolah dan juga ada yang sulit untuk ditemukan. Bersyukur kita sebagai generasi 90an dapat mencicipi jajanan ini. Siapa sangka, kalau jajanan ini banyak dicari oleh para generasi 90an yang ingin bernostalgia. Jadi, dari kelima jajanan generasi 90an di atas yang mana jajanan kesukaanmu?

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

20181121_192931

Nongkrong Asyik di Monkey the Cafe

Monkey the Cafe bisa menjadi referensi tempat nongkrong di akhir pekan ini. Kafe yang satu ini memang belum resmi dibuka, masih dalam the soft opening, tetapi pengunjung tak jarang mendatangi tempat ini.

2 comments

  1. Aduh jadi kangen makanan2 legend favorit masa kecil gue:(

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *