Home / Olahraga / Jaga Kesehatan Tubuh dengan Anti Gravity Yoga

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Anti Gravity Yoga

Sumber Foto: Shutterstock.com

Azka Fikri

“Aku memiliki prinsip keseimbangan untuk mencapai kehidupan yang tenteram. Yakni cinta, kesehatan dan kemapanan” – James Thurber.

Pijar, Medan. Kesehatan adalah suatu faktor yang sangat berharga di dalam hidup. Tubuh yang sehat sanggup meringankan Anda dalam melakukan bermacam–macam pekerjaan dan kesibukan tanpa kendala. Karena dengan mempunyai raga yang bugar, tentu saja akan menghasilkan jiwa yang damai dan perasaan yang seimbang.

Orang yang sering melakukan aktivitas olahraga  selalu dapat mempertahankan kesehatan tubuhnya mulai dari kesehatan jantung, memperlancar aliran darah keseluruh tubuh, mengatur keseimbangan sistem imun di dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga tubuh agar sehat dan bugar bisa dilakukan dengan berolahraga. Teknik-teknik baru agar aktivitas olahraga lebih menyenangkan untuk dilakukan pun terus diciptakan. Seperti yang belakangan ini cukup populer di kalangan pencinta olahraga, Anti Gravity Yoga atau Yoga Anti Gravitasi.

Selain yoga klasik, saat ini populer dengan yoga modifikasi terbaru. Yoga yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sudah bosan dengan keluhan nyeri punggung sekaligus ingin membentuk tubuh. Berbeda dengan yoga yang selama ini kita kenal yang selalu dilakukan di atas matras, pada yoga anti gravitasi, seluruh gerakan dilakukan dengan berayun di atas kain khusus untuk menggantung atau yang disebut hammock. Saat latihan, kita seolah sedang melayang menggunakan hammock.

Pelopornya adalah Christopher Harrison, seorang mantan pemain gimnastik asal New York, Amerika Serikat, yang menemukannya pada tahun 1991. Sebelum diluncurkan ke publik, Christoper terus menerus melakukan riset dan eksperimen mengenai gerakan-gerakan akrobatik yang bisa dilakukan dalam gerakan yoga.

Beberapa gerakan yang dilakukan dalam Yoga Anti Gravitasi. (Sumber Foto: https://www.getyourfit.com/blogs/learn/99072641-aerial-yoga-your-cirque-du-soleil-workout)
Beberapa gerakan yang dilakukan dalam Yoga Anti Gravitasi.
(Sumber Foto: https://www.getyourfit.com/blogs/learn/99072641-aerial-yoga-your-cirque-du-soleil-workout)

Riset yang dilakukannya bertujuan agar gantungan panjang yang biasa digunakan dalam sirkus atau aksi akrobatik lainnya dapat diterapkan dalam olahraga ini dan memberikan manfaat bagi orang banyak. Hammock atau gantungan ini sebenarnya dapat membuat tubuh menjadi lebih terbentuk karena otot-otot tangan tanpa sadar melakukan gerakan yang maksimal.

Gerakannya membuat badan berada dalam posisi terbalik, kepala di bawah dan kaki di atas. Posisi ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Gerakan ini juga membuat seseorang yang melakukannya terlihat awet muda.

Manfaat dari Yoga Anti Gravitasi diantara lain sebagai berikut:

  • Meningkatkan kekuatan sekaligus fleksibilitas
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Mengurangi stress

Latihan rutin juga akan menstimulasi rasa gembira karena sensasi terbang saat latihan. Rasa takut, stres dan kecemasan juga berkurang. Idealnya, gerakan yoga ini dilakukan seminggu dua kali dengan durasi satu jam.

Walau relatif aman, yoga ini tidak bisa dilakukan semua orang. Seseorang yang menderita gangguan mata glaukoma, ibu hamil, mengalami cedera kepala, hipertensi dan baru menjalani operasi tidak disarankan melakukan latihan ini.

Memperhatikan kesehatan sangatlah penting buat setiap orang. Meskipun tubuh saat ini terlihat bugar, tetapi itu bukanlah alasan untuk hidup tanpa memerhatikan kesehatan, Sobat Pijar. Karena kesehatan yang baik di masa depan bisa tercipta jika kamu memiliki pola hidup yang baik pula di masa sekarang. Maka dari itu, ayo persiapkan kesehatan di masa depan dengan menerapkan beberapa pola hidup sehat.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto : Instagram Official PSMS Medan

Hadapi Sriwijaya, Ayam Kinantan Menangkan Derbi Sumatera

Emosi antara Sriwijaya dengan PSMS masih terus berapi-api. Ingatan yang jelas terangkum dalam memori Anak Medan adalah tatkala PSMS menghadapi Sriwijaya dalam laga gengsi sarat emosi pada 2007 lalu. PSMS dan Sriwijaya dihuni oleh dua kiper terbaik Indonesia, Markus Horison dan Ferry Rotinsulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *