Home / Berita / Kalimbubu X SS Coffee Ajak Alcoholic menjadi Coffeeholic

Kalimbubu X SS Coffee Ajak Alcoholic menjadi Coffeeholic

Sumber: Dokumnetasi panitia

Tesayunidia Tebe

Pijar, Medan. Di era yang semakin modern ini, para generasi muda tak pernah lepas dari penggunaan gawai, sama hal nya dengan makanan sehari-hari kini gawai sudah menjadi kebutuhan primer bagi generasi muda. Dengan fakta berikutlah Kalimbubu X SS Coffee ingin menyelenggarakan Coffee Education and Dam Batu competition. Acara ini diselenggarakan pada Minggu (25/11) bertempat di SS Coffee, Jalan Teuku Cik Ditiro No. 84.

Acara ini perdana dilaksanakan oleh SS Coffee, jumlah peserta yang mengikuti juga terbilang banyak, terdiri dari 40 Tim yaitu sebanyak 80 Orang. Acara yang terbuka untuk semua kalangan ini tidak pandang bulu, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, pekerja bahkan tukang parkir sekalipun yang membuat satu sama lainnya membaur dan berinteraksi.

Kegiatan ini awalnya terinspirasi dari kemenangan mereka dalam kegiatan lomba yang serupa yang dilaksanakan oleh salah satu coffee shop yang berada dikota Medan. Awalnya mereka hanyalah anak muda yang sering nongkrong di SS coffee, kemudian berinsiatif untuk membuat kegiatan yang bermanfaat. Salah satu panitia farhan Arrafah (21) atau yang sering disapa Aan, mengungkapkan panitia yang menyelenggarakan kegiatan ini hanya berjumlah 15 orang “Panitia ada 15 orang, kami awalnya sering ngumpul disini dari siap lebaranlah sekitar bulan delapan, kawan-kawan kampus juga ada, ya gabung semuanya,” tuturnya

Kegiatan perlombaan dam batu ini digunakan sebagai media untuk mengedukasi para peserta mengenai kopi. Edukasi mengenai kopi pun dilakukan sebelum kompetisi dam batu dilaksanakan. Edukasi mengenai kopi ini disampaikan oleh Santri Wira Sandi (24) atau yang sering disapa wira yang sekaligus owner dari SS coffee sendiri.

Kegiatan Kompetisi Dam Batu (Sumber: Dokumentasi panitia)
Kegiatan Kompetisi Dam Batu
(Sumber: Dokumentasi panitia)

Wira menjelaskan kepada peserta yang hadir bagaimana menilai kopi yang baik dan buruk secara langsung. Sang owner coffee shop ini langsung memperlihatkan perbedaan antara biji kopi yang bagus dan rusak. Menurutnya kopi yang rusak dapat merusak lambung kita. Wira juga menjelaskan bagaimana tingkatan-tingkatan kopi, bagi kaum pemula yang ingin mencoba menjadi penikmat kopi tidak dianjurkan untuk meminum kopi yang dibuat dimesin, tetapi dapat mencoba dari tingkatan kopi yang terendah dimulai dari sanger, kopi susu, cappucino dan seterusnya, hal tersebut dikarenakan jika para pemula menyicipi kopi tingkatan tinggi mereka akan merasa aneh dan terkejut dengan rasa kopi yang pahit.

“Sebenarnya salah satu target utama dari acara ini juga untuk menarik para alcoholic untuk menjadi coffeeholic, yang tadinya mungkin pecandu narkoba bisa menjadi pecandu kopi. Ya berbuat baik jugalah, mengajak orang untuk ke jalan yang benar,” jelas Wira.

Dalam mengikuti kegiatan ini para peserta jarang sekali untuk memegang gawai mereka, tetapi para peserta boleh bertanya mengenai kopi yang mereka cicipi atau mengenai kopi lain sambil main dam batu. Hal ini dikarenakan suasananya yang santai tidak kaku seperti turnamen lainnya.

Menurut Wira kegiatan edukasi mengenai kopi ini akan berlanjut tidak berhenti disini saja, namun media dan sarananya bisa saja dirubah, tidak melalui dam batu namun bisa beralih ke game online seperti mobile legend. “Harapannya ke depan bisa lebih banyak lagi yang suka kopi, dari yang alcoholic menjadi coffeholic,” tutur Wira diakhir wawancara.

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Dwi Harizki

Puncak Keseruan Festival Little Akihabara 2018

Tahun ini Little Akihabara berkolaborasi dengan Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) dan World Cosplay Summit (WCS). Pada event ini Little Akihabara 2018 memperkenalkan ICGP & WCS dan juga mengadakan workshop bersama pengunjung yang berpatisipasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *