Home / Olahraga / Parkour, Olahraga dalam Balutan Seni

Parkour, Olahraga dalam Balutan Seni

sumber: www.11trees.com

Abraham Geraldo/Frans Dicky N.

Pijar, Medan.  Apa yang pertama sekali terlintas di kepala Sobat Pijar jika mendengar kata olahraga?  Mungkin kita akan membayangkan olahraga seperti sepakbola, renang, bulutangkis, ataupun olahraga biasa lainnya. Namun selain olahraga-olahraga tersebut, terdapat satu olahraga yang sangat unik nih Sobat Pijar, Parkour namanya.

Parkour adalah suatu olahraga yang identik dengan gerakan yang cepat, panjat-memanjat gedung,  serta olahraga yang ekstrim. Parkour merupakan olahraga asal Perancis  yang ditemukan oleh David Belle.

Parkour, jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, mempunyai makna bergerak cepat dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan melakukan gerakan indah. Selain itu, dalam olahraga ini juga harus diimbangi dengan kemampuan gerak tubuh manusia.

Tentu saja melakukan olahraga parkour ini tidak dapat dilakukan dengan mudah. Kamu perlu melakukan latihan secara berkala agar dapat menguasai parkour. Gerak tubuh yang dilakukan saat melakukan olahraga ini bukanlah gerak yang sembarangan. Terdapat teknik-teknik tertentu yang harus dipelajari.

Salah satu teknik dasar dalam melakukan parkour adalah teknik melompat yang efektif dan efisien. Teknik ini dilakukan dengan melakukan lompatan yang pasti sambil menekukkan kaki dan mendarat dengan seperempat bagian telapak kaki depan sebagai tumpuan. Teknik lainnya yaitu gerak memanjat yang membutuhkan kekuatan dalam cengkraman jari tangan dan kaki untuk menopang tubuh.

Jika teknik memanjat membutuhkan kedua hal tersebut, berbeda dengan teknik fault yang merupakan suatu teknik untuk memudahkan praktek melewati rintangan (obstacle) dengan cepat dan efisien.

Untuk memulai parkour kita memerlukan niat yang baik dan keseriusan dalam setiap latihannya, sebab gerakan-gerakan parkour adalah gerakan-gerakan yang sulit untuk dilakukan. Selain itu, diperlukan pula cara berpikir yang cepat, kepercayaan diri, serta kematangan dalam mengambil keputusan. Hal ini akan mempengaruhi ketepatan lompatan, gerak tubuh dan juga mendarat saat melakukan parkour.

Komunitas Parkour Medan Official sedang melakukan kegiatan latihan dengan teknik melompat. (Fotografer: Abraham Geraldo)
Komunitas Parkour Medan Official sedang melakukan kegiatan latihan dengan teknik melompat.
(Fotografer: Abraham Geraldo)

Parkour ini juga memiliki manfaat-manfaat yang baik bagi kamu, lho! Parkour mampu menyehatkan tubuh melalui gerakan-gerakan yang dilakukan saat berolahraga. Gerakan yang dipraktikkan dalam olahraga ini akan membentuk dan meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh.

Namun selain sebagai suatu olahraga  yang mampu memperkuat metabolisme tubuh, parkour dapat pula dikatakan sebagai suatu seni. Bagaimana bisa suatu olahraga dapat dikatakan sebagai seni? Ya, ini adalah keunikan tersendiri dari olahraga yang satu ini.

Pada olahraga parkour, hal utama yang diperlukan adalah prinsip keindahan gerak tubuh. Setiap orang yang melakukan olahraga ini akan mampu bergerak dengan indah saat memanjat gedung-gedung. Keleluasaan dalam berkreasi membuat gerakan-gerakan yang dihasilkan disebut sebagai seni gerak tubuh.

Perkembangan olahraga parkour di Indonesia kini sudah semakin besar. Salah satunya di kota Medan, yaitu Komunitas Parkour Medan Official. Komunitas yang sudah berdiri sejak sepuluh tahun silam ini dapat menjadi wadah yang tepat bagi setiap orang yang memiliki minat dengan olahraga parkour.

Ihsan yang merupakan salah seorang Treceur Komunitas Parkour Medan Official mengatakan bahwa ia sangat berharap olahraga ini mendapat dukungan dari pemerintah. “Parkour bisa dikembangkan oleh siapa aja. Namun ini akan bisa jikalau pemerintah mau memfasilitasi area  parkour. Karena parkour bisa menjadi alternatif aktifitas positif untuk mengurangi tindakan-tindakan menyimpang yang terjadi pada generasi muda,” ungkapnya.

Bagaimana Sobat Pijar? Tertarik untuk mencoba olahraga parkour? Komunitas Parkour Medan Official bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyalurkan minatmu!

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto : Instagram Official PSMS Medan

Hadapi Sriwijaya, Ayam Kinantan Menangkan Derbi Sumatera

Emosi antara Sriwijaya dengan PSMS masih terus berapi-api. Ingatan yang jelas terangkum dalam memori Anak Medan adalah tatkala PSMS menghadapi Sriwijaya dalam laga gengsi sarat emosi pada 2007 lalu. PSMS dan Sriwijaya dihuni oleh dua kiper terbaik Indonesia, Markus Horison dan Ferry Rotinsulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *