Home / Berita / Sastra Jepang UNHAR Medan Kenalkan Budaya Jepang Lewat Bunkasai
IMG_4019

Sastra Jepang UNHAR Medan Kenalkan Budaya Jepang Lewat Bunkasai

Abraham Geraldo / Citra R Ginting

Pijar, Medan.  Bunkasai 3 sukses digelar di Universitas Harapan, Sabtu (24/11). Acara ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB. Bunkasai 3 merupakan acara  dari program studi Sastra Jepang Universitas Harapan yang sudah tiga kali digelar.

Acara ini diselenggarakan sebagai upaya Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Harapan untuk memperkenalkan budaya Jepang di Sumatera Utara terkhusus untuk mahasiswa Universitas Harapan dan Siswa/i Yayasan Pendidikan Harapan Medan.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan sembilan rangkaian acara, diantaranya ada empat lokakarya mengenai  kebudayaan Jepang, pendidikan, musim, serta upacara minum teh khas Jepang. Dan  lima perlomban lainnya, ada origami/seni meliapat kertas, kemudian ada  Furoshik (seni melipat kain),  perlombaan kostum khas Jepang (Cosplay), dan dua perlombaan lainnya.

Bunkasai ini digelar di dalam ruangan/aula, sebagai antisipasi untuk menghindari hambatan geografis seperti hujan yang sering terjadi belakangan ini. Rina salah satu pengunjung Bunkasai menanggapi acara Bunkasai dengan senang, menurutnya acara Bunkasai yang digelar oleh mahasiswa Sastra Jepang Universitas Harapan berjalan lancar dan meriah, karena banyaknya penampilan keren yang disuguhkan kepada pengunjung. “Saya dan teman saya memang suka datang ke acara Bunkasai maupun festival Jepang lainnya, walaupun hujan untungnya acara ini meriah,” tutur Rina.

Kemeriahan Bunkasai 3 tidak hanya diramaikan dengan acara yang berada di ruangan Aula, melainkan ada banyak juga bazar di luar ruangan yang menjual pernak-pernik Jepang yang dapat memanjakan mata pengunjung. Tidak hanya itu, atribut ala Jepang seperti baju, jaket dan kostum pun juga dijual di bazar Bunkasai. Bila pengunjung ingin mencicipi makanan ala Jepang, di bazar ini pun juga menggelar stan makanan khas Jepang seperti Takoyaki, Terriyaki, dan lainnya.

Di balik kemeriahan acara bunkasai ini, tidak hanya mahasiswa/i Sastra Jepang saja yang terlibat, melainkan bekerja sama denga mahasiswa/i Sastra Inggris untuk menyukseskan acara Bunkasai ini. Acara ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, terutama pihak Rektorat dan Dosen Sastra Jepang Universitas Harapan Medan. “Alhamdulilah Bunkasai 3 mendapatkan tanggapan yang baik dari pihak Rektor, Dekan, bahkan dari peserta juga  sangat baik, apalagi jumlah peserta meningkat dari tahun lalu,” kata Ketua Panitia, Muhammad Hutabarat.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Dwi Harizki

Puncak Keseruan Festival Little Akihabara 2018

Tahun ini Little Akihabara berkolaborasi dengan Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) dan World Cosplay Summit (WCS). Pada event ini Little Akihabara 2018 memperkenalkan ICGP & WCS dan juga mengadakan workshop bersama pengunjung yang berpatisipasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *