Home / Hiburan / Film / Split, 24 Kepribadian dalam Satu Tubuh

Split, 24 Kepribadian dalam Satu Tubuh

Putri Arum Marzura

Pijar, Medan. Split? tidak asing dengan kata ini. Kata tersebut mempunyai dua makna. Bisa bermakna untuk olahraga dan film. Apakah yang kalian pikirkan? Jika memikirkan tentang olahraga, tidak. Ya, kita akan membahas mengenai film yang berjudul Split disini.

Bagi penggemar film Horor dan Thriller tentunya akan merasa tertantang dan akan memicu adrenalin penonton. Film ini merupakan film psikologi, horor, dan thriller yang disutradarai oleh  M. Night Shyamalan. Split diperankan James McAvoy bermain sebagai Kevin Wendell Crumb yang memiliki 24 kepribadian atau pribadi ganda. Film ini dirilis pada 20 Januari 2017 oleh Blumhouse Production, Amerika Serikat.

Film ini menceritakan tentang 24 kepribadian ganda yang ada pada diri Kevin Wendell Crumb. Kevin seorang korban kekerasan masa kecil yang menderita kelainan dalam hal pemisahan identitas. Selama bertahun-tahun Kevin dirawat oleh seorang psikiater yang bernama Dr. Fletcher dan menjadi stabil. Tetapi hal tersebut malah menimbulkan masalah baru bagi dirinya.

Film ini diawali dengan terjadinya penculikan tiga gadis remaja oleh seorang pria tak dikenal. Tiga orang remaja bernama Claire, Marcia dan Casey yang diculik lalu dijadikan tahanan oleh Dennis, salah satu dari 23 kepribadian yang ada di dalam pikiran Kevin Wendell Crumb. Mereka disekap di ruang bawah tanah dengan suasana ruang bawah tanah tersebut yang sangat membingungkan. Dimana sebenarnya tempat itu layak untuk ditinggali dengan fasilitas kamar mandi dan tempat tidur yang bisa dikatakan cukup bersih. Siapapun kurang memahami apa motif penculikan dari pria tersebut. Tidak bisa dikatakan baik atau buruk kelakuan pria tersebut.

Dari 24 kepribadiannya, ada beberapa sikap yang menunjukkan kebaikannya kepada tiga gadis tersebut. Seperti melayani, memberi makan dan mengayomi. Tetapi setelah itu pria tersebut akan berubah lagi menjadi jahat dengan menyiksa mereka.

Pria ini selalu berganti pakaian, tingkah lakunya pun berubah, seolah ia bukan orang yang sama. Ia sudah mengaku kepada psikiater bahwa ada 23 kepribadian yang dimilikinya. Namun muncul lagi satu kepribadian yang benar-benar buas. Apakah semua kepribadian tersebut benar-benar ada, atau hanya rekaan dari pria tersebut?

Tidak hanya itu saja, di setiap kepribadiannya pun ia memiliki masing-masing nama yang berbeda. Tak asing sering disebutkan dalam film ini adalah Dennis dan Hedwig. Kedua kepribadian ini pun memiliki sikap serta sifat yang berbeda. Dennis, merupakan kepribadian yang jahat dan suka menyiksa. Bahkan ketika satu dari ketiga gadis ingin mencoba kabur, ia menangkapnya dan menguncinya kembali di dalam sel bawah tanah tersebut.

Lalu Hedwig, salah satu kepribadian yang menganggap dirinya sebagai bocah berumur 9 tahun, yang bercerita bahwa para gadis itu akan dikorbankan kepada Beast, yang menurut rumor adalah kepribadian ke-24.

Cerita dari film ini lebih menarik lagi ketika kita menebak bagaimana sikap-sikap lain dari kepribadian ganda yang dialami Kevin. Perlakuannya terhadap ketiga gadis tersebut membuat mereka terus berusaha mencari bagaimana jalan keluar dari tempat itu. Disaat Marcia mencoba untuk kabur, ternyata tertangkap dan ditempatkan di sel yang berbeda. Lalu Casey, melanjutkan rencananya dengan Dr. Fletcher untuk menyembuhkan Kevin dan menyelamatkan kedua temannya sebelum Kevin berubah menjadi sosok pribadi beast.

Dari keseluruhan kepribadian ganda yang dimiliki Kevin, ada sifat kepribadian yang sangat membahayakan di dalam dirinya. Yaitu, beast seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya. Beast memiliki sifat jahat yang sangat kanibal. Upaya Casey untuk menyelamatkan teman-temannya pun gagal. Beast telah membunuh Marcia dan bertindak kanibal, begitu juga yang terjadi pada Claire.

Casey pun mendapat petunjuk dari Dr. Fletcher bahwa untuk memanggil Kevin adalah dengan menyebutkan nama lengkapnya. Dengan cepat Casey memanggil Kevin keluar dengan menyebutkan namanya. Terkejut dengan aksinya, Kevin meminta untuk membunuh dirinya sebelum kepribadian lain mulai menguasainya. Saat Beast kembali, ia menembaknya dan tidak mampu benar-benar melukainya. Beast menyuarakan rencananya untuk membersihkan dunia dari para “Untouched”, yakni mereka yang hatinya tidak murni karena belum pernah merasakan penderitaan dalam hidup.

Pada akhirnya, Casey diselamatkan oleh salah satu rekan kerja Kevin dan menyadari bahwa dia berada di kebun binatang Philadelphia, tempat di mana Kevin kerja dan tinggal. Lalu kasus ini pun ditangani oleh pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti. Bagaimana? Menarik, bukan? Mungkin film ini layak masuk dalam film yang harus kamu tonton di akhir pekan ini.

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Sumber gambar: alternativemovieposter.com)

Antara Kisah Hidup, Perjalanan Spiritual, dan Keputusasaan dalam Life of Pi

Ang Lee, sang sutradara asal Taiwan berhasil melejitkan namanya dalam daftar sutradara paling berpengaruh sepanjang masa setelah sukses memproduksi film berjudul Life of Pi dan mendominasi banyak ajang penghargaan bergengsi, termasuk Piala Oscar 2013 silam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *