Home / Berita / Bank Bermasalah: Kebijakan Bail-in Mulai Diterapkan
Fotografer: Yasmin Nabilah F
Fotografer: Yasmin Nabilah F

Bank Bermasalah: Kebijakan Bail-in Mulai Diterapkan

Shalli Anggia/Yasmin Nabilah F

PIJAR, Medan. Ikatan Mahasiswa Hukum Ekonomi (IMAHMI)  sukses menggelar Seminar Aspek Hukum dengan mengusung topik yang sedang populer yaitu “Penanganan Bank Bermasalah” bertempat di Peradilan Semu Hukum USU pada Jumat (30/11). Kegiatan ini bekerja sama dengan lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak Bank Sumut. Acara ini turut mengundang Kepala Grup Penelitian dan Pengembangan Hukum Sektor Jasa Keuangan dari OJK yaitu Arief Rachmat Permana SH., M.H. dan Prof. Dr. Bismar Nasution, SH., M.H yang merupakan guru besar Ilmu Hukum Ekonomi USU.

Seminar Aspek Hukum tidak hanya dihadiri oleh Mahasiswa/i USU saja, IMAHMI turut mengundang staf-staf keuangan dari berbagai wilayah dan seluruh mahasiswa/i perguruan tinggi yang ada di Medan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan doa, kata sambutan sekaligus pembukaan oleh ketua Departemen Hukum USU, hiburan oleh mahasiswa Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya USU dan dilanjutkan oleh pemberian plakat sebagai pertanda acara telah resmi dibuka. Tak hanya pemaparan materi dari pembicara, seminar ini juga membuka sesi tanya jawab dengan para peserta yang hadir.

Selama berlangsungnya acara, Prof. Dr. Bismar Nasution, SH., M.H mengatakan bahwa topik ini sedang hangat dibahas untuk memperkenalkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir mengenai masalah apa saja yang dihadapi perbankan negara dan bagaimana menanganinya supaya bank dapat dikatakan bank yang sehat. Bank dikatakan tidak sehat, apabila perbankan yang secara sistemik bisa menyalahi aturan atau tidak mengikuti aturan.

Arief Rachmat Permana SH., M.H juga memaparkan bahwasanya sekarang sudah diterapkannya konsep Bail-in sebagai alternatif dalam penyelamatan bank sistemik bermasalah, artinya penanganan permasalahan likuiditas dan solvabilitas bank dengan menggunakan sumber daya bank itu sendiri yang berasal dari pemegang saham atau pemilik saham dan kontribusi antara pihak pemilik dengan bank.

Terkait harapan, Anggi Ramadhani Lubis selaku ketua panitia berharap ada ilmu yang bermanfaat yang didapat peserta. “Kedepannya sukses untuk IMAHMI dan ilmu yang diberikan dan didapat usai mengikuti seminar ini agar bermanfaat kepada semua peserta yang telah hadir,” harap  Anggi.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Dwi Harizki

Puncak Keseruan Festival Little Akihabara 2018

Tahun ini Little Akihabara berkolaborasi dengan Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) dan World Cosplay Summit (WCS). Pada event ini Little Akihabara 2018 memperkenalkan ICGP & WCS dan juga mengadakan workshop bersama pengunjung yang berpatisipasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *