Home / Berita / Belajar Membuat Video Sinematik melalui Exclusive Class #13
Fotografer: Achmad Syah Galang
Fotografer: Achmad Syah Galang

Belajar Membuat Video Sinematik melalui Exclusive Class #13

Annisa Van Rizky/Achmad Syah Galang Ramadhan

Pijar, Medan. On The Stage kembali menghadirkan Exclusive Class yang ke-13 di Kantor On The Stage, MiaMiu Place Lt.2, Setia Budi Center B1-B2, Sabtu (08/12). Dengan tema “Make your Video Look Cinematic”, peserta diberikan materi dan praktik editing untuk menciptakan video agar terlihat sinematik. Acara ini mengajak para pembuat film pemula untuk saling berdiskusi dan memoles kembali kemampuan mereka di bidang videografi.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB ini dibawakan oleh Dwiki Perdana sebagai pemateri. Dwiki adalah seorang Pembuat Film sekaligus Creative Director Net Good People Medan dan anggota dari Shine Creative Agency. Dwiki mengungkapkan bahwa ia belajar secara otodidak untuk mendalami bidang perfilman. Ia belajar dengan cara menonton berbagai film, membaca e-book, dan melihat tutorial di YouTube.

Dwiki juga menjelaskan, ada 5 hal yang membuat sebuah video itu akan terlihat sinematik dan berkelas. “Sinematik adalah unsur dalam film, bagaimana video kita akan terlihat menarik untuk dilihat. Video yang stabil, bluring, slow motion, musik yang bagus, dan grading akan membuat video terlihat berkelas. Jika semua itu ada, kamu sudah siap menjadi film maker,” kata Dwiki.

Kelas dimulai dengan latihan fokus, menjelaskan kepada peserta bahwa yang penting dalam sebuah video adalah perhatian. Lalu dilanjutkan dengan materi tentang aspek dalam film, sinematografi, dan praktik editing. Masing-masing peserta juga diharuskan membawa laptop yang sudah ter-install aplikasi Adobe Premiere Pro.

Penyampaian materi mengenai color grading oleh Dwiki Perdana pada acara Exclusive Class di On The Stage Lantai 2. (8/12) (Fotografer: Achmad Syah Galang)
Penyampaian materi mengenai color grading oleh Dwiki Perdana pada acara Exclusive Class di On The Stage Lantai 2. (8/12)
(Fotografer: Achmad Syah Galang)

Salah satu peserta kegiatan mengungkapkan kekagumannya pada acara ini. “Luar biasa, maksudnya orang-orang seperti milenial sekarang ini sangat dibutuhkan terkhusus di Medan ini susah untuk mencari kelas videografer kayak gini. Dan semoga ada lebih banyak lagi acara acara seperti ini kedepannya,” kata Lambon Madrun.

Exclusive Class ini sudah berjalan sejak Desember 2017 silam dan merupakan kegiatan bulanan yang dibentuk dengan kolaborasi antara 4 instansi yakni, Yayasan Bangga jadi Indonesia (YBJI), Gama Event Organizer, Kimit Production, dan On the Stage itu sendiri. Sesuai dengan namanya, Exclusive Class adalah kelas khusus yang dibuat dengan maksimal peserta hanya 15 orang.

“Semoga dengan kelas ini para film maker pemula bisa lebih kreatif lagi dalam membuat sebuah video sinematik dan jangan takut untuk mengaplikasikannya,” jelas Sarah Ravina dari On The Stage, selaku penyelenggara Exclusive Class ke-13.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hesmitha Eunike

Memulai Kehidupan Baru bersama Perayaan Paskah Psikologi 2019

Pijar, Medan. Mahasiswa Kristen Fakultas Psikologi USU menggelar perayaan Paskah pada Sabtu, (10/5) bertempat di Gereja IFGF Jalan Pasar Baru No. 24, Kel. Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *