Home / Hiburan / Film / Forgotten, Ingatan yang Datang Kembali

Forgotten, Ingatan yang Datang Kembali

Sumber foto: kompasiana.com

Nadia Lumongga Nasution / Widya Tri Utami

Pijar, Medan. Thriller dan misteri merupakan salah satu genre film yang digandrungi saat ini. Forgotten, film yang rilis pada 2017 silam menampilkan perpaduan antara kedua genre tersebut. Film yang berasal dari Korea Selatan ini disutradarai oleh Jang Hang Jun dan turut dibintangi aktor-aktor ternama seperti Kang Ha Neul, Kim Moo Yeol, dan Moon Sung Keun.

Pada tahun 1997, Jin Seok pindah ke rumah baru bersama Ibu, Ayah, dan abangnya yang pincang, Yoo Seok. Suatu malam, di saat hujan turun dengan deras, Jin Seok melihat abangnya diculik oleh sekumpulan pria. Tak mampu mengejar abangnya, Jin Seok berinisiatif melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Setelah 19 hari menghilang, Yoo Seok kembali ke rumah namun ia tidak mengingat sedikit pun kejadian penculikan pada malam itu.

Kejanggalan dirasakan oleh Jin Seok terhadap abangnya. Yoo Seok berperilaku berbeda dari sebelumnya yang memunculkan kecurigaan bahwa pria yang kembali kerumahnya bukanlah abangnya. Kecurigaan pun terus berlanjut dengan terdengarnya suara-suara aneh yang berasal dari kamar di depan kamar tidur Jin Seok dan tak satu pun anggota keluarganya yang mendengar suara aneh tersebut.

Di suatu malam yang lain, Jin Seok tertidur di meja belajar saat mengerjakan tugasnya. Yoo Seok mendekat, memastikan apakah adiknya sudah benar tertidur atau tidak dengan mencoba memainkan pensil mekanik ke mata adiknya. Mendengar suara pintu kamar telah ditutup, Jin Seok membuka mata, ia memperhatikan abangnya dari jendela kamar dan mendapati Yoo Seok berjalan normal dan tidak pincang.

Jin Seok pun ingin menguak rasa kecurigaannya, Ia mengikuti abangnya dengan taxi dan mengetahui Yoo Seok menemui kedua pria yang merupakan polisi dari kasus menghilangnya Yoo Seok. Tertangkap sedang mengikuti abangnya, Jin Seok berlari menjauh dari kedua pria yang dikiranya sebagai polisi tersebut. Setelah berhasil menjauh dari kedua pria tersebut, tiba-tiba seseorang dari belakang punggung Jin Seok membekapnya dan ia pun pingsan.

Keesokan harinya, Jin Seok terbangun di tempat yang sama saat ia berpura-pura tidur di meja belajar. Ia meminta kejelasan mengenai kejadian malam tersebut kepada Yoo Seok, namun Yoo Seok menyangkal segala tuduhan adiknya itu. Ia mengatakan itu semua hanya halusinasi Jin Seok karena lupa meminum obat.

Jin Seok menderita hipersentivitas dan selalu bermimpi tentang kejadian-kejadian yang aneh karenanya ia harus meminum obat secara rutin untuk meredakan penyakitnya tersebut. Namun kecurigaan semakin kuat saat abangnya menyangkal mengenai taxi padahal ia tidak ada menyinggung taxi sedikit pun dan mendapati isi pensil mekaniknya terjatuh di lantai.

Kecurigaan mulai bertambah tidak hanya pada abangnya saja, namun pada anggota keluarga Jin Seok yang lainnya. Ia tidak sengaja mendengar percakapan ibunya dengan seorang pria di telepon yang membahas tentang dirinya. Tidak merasa nyaman dan aman lagi dengan keluarganya, Jin Seok memutuskan untuk kabur dari rumah. Di sisi lain ibunya santai merokok dan menelpon seorang pria seraya berkata, “Cepat ke sini! Sekarang juga. Aku juga sudah ketahuan.”

Di depan pagar rumah, Jin Seok bertemu ayahnya yang baru saja pulang. Ayahnya menanyakan ke mana ia mau pergi di tengah hujan deras seperti ini dan melarangnya pergi. Namun, Jin Seok tetap memutuskan untuk kabur dan langsung saja dikejar oleh orang suruhan ibunya. Beruntungnya ia berlari menuju ke kantor polisi. Tapi hal aneh pun kembali terjadi saat seorang polisi membacakan identitas dirinya dan mengatakan ia berumur 41 tahun. Jin Seok terkejut, dia lahir di tahun 1977 seharusnya kini di tahun 1997 dia berumur 21 tahun. Polisi pun menyuruhnya melihat kalender, kalender menuliskan sekarang sudah tahun 2017. Lebih mengagetkannya lagi saat Jin Seok bercermin, wajahnya berubah menjadi tua dan kusam.

Selama menonton film ini, Sobat Pijar akan menduga-duga setiap kejadian yang ada. Di awal film akan membuat penontonnya mempertanyakan genre film sebenarnya. Di pertengahan film, penonton dibuat merasakan ketegangan yang dialami Jin Seok dan merasa bingung dengan alur waktu yang berganti-ganti.

Permainan plot yang disuguhkan dalam cerita ini membuat penonton tercengang-cengang. Misteri-misteri yang selama ini dipertanyakan menguak satu persatu. Tentang kejadian masa lalu yang terlupakan dan orang-orang yang tak terduga identitasnya. Suatu kejadian yang memutarbalikkan kehidupan seorang Jin Seok. Bahkan, mengungkapkan jati diri Jin Seok yang sebenarnya.

Forgotten menambah deretan film-film yang wajib ditonton pada akhir pekan. Film yang berdurasi 109 menit ini mampu meraih pendapatan hingga 1,7  juta USD. Setelah perilisan lokal, film yang diproduksi oleh B.A. Entertainment ini dirilis oleh Netflix dan tersedia di 190 negara di dunia.

Redaktur Tulisan: Intan Sari

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: Google.com

Bad Genius, Aksi Mencontek yang Mendebarkan

Jika Sobat Pijar berpikir bahwa film ini adalah, inspirasi untuk melakukan perbuatan mencontek, kalian salah besar. Film ini mengajarkan kita untuk merasakan posisi yang dialami oleh Lynn dan mengapa ia melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *