Home / Berita / GenBI Sumut Wujudkan Indonesia Bersih 2018

GenBI Sumut Wujudkan Indonesia Bersih 2018

Sumber foto: Panitia Acara

Mhd Abdul Fattah/GenBI Sumut

Pijar, Parapat. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sumatera Utara (Sumut) sebagai Komunitas Penerima Beasiswa dari Bank Indonesia kembali melakukan kegiatan Bersih Indonesia, Rabu (19/12). Bersih Indonesia sendiri sudah berjalan sebanyak tiga kali di tiga lokasi berbeda, yakni pada 2016 di Kampung Nelayan Belawan, pada 2017 di Kelurahan Glugur Pinggiran Sungai Deli, dan tahun ini dilaksanakan di Huta Tigarihit, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kelurahan Parapat.

Acara ini berlangsung dari 18 hingga 19 Desember 2018 dengan berbagai rangkaian kegiatan besar, yaitu Reboisasi, Sanitasi, Rehabilitasi, dan Sosialisasi. Serta menuai hasil dengan adanya pembangunan taman hias sepanjang jalan masuk ke Huta Tigarihit dan perbaikan jalan.

Melalui Generasi Pesona Indonesia Regional Sumut yang bergerak di bawah naungan Kementerian Pariwisata RI, GenBI juga ikut serta dalam pembangunan Kampung Warna-Warni. Tujuannya adalah membangun daerah Huta Tigarihit menjadi destinasi wisata baru di lingkungan Danau Toba.
GenBI juga melakukan sosialisai Belajar Hidup Sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan. Dimulai dari menjaga kebersihan kamar mandi (MCK) dan memulai gaya hidup sehat dengan mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan aktifitas.

    Penyerahan alat-alat bersih rumah tangga dari GenBI Sumut kepada Sekretaris Camat Huta Tigarihit sebagai tanda resmi dalam acara GenBI Bersih Indonesia 2018 di Parapat, Sumatera Utara. (19/12) (Sumber foto: Panitia Acara)Penyerahan alat-alat bersih rumah tangga dari GenBI Sumut kepada Sekretaris Camat Huta Tigarihit sebagai tanda resmi dalam acara GenBI Bersih Indonesia 2018 di Parapat, Sumatera Utara. (19/12)
    (Sumber foto: Panitia Acara)

Kegiatan ini mendapat dukungan dan perhatian dari masyarakat sekitar dan pemerintahan setempat. Hal ini dapat dilihat dari antusias masyarakat yang ada, serta kehadiran Sekretaris Camat, Kepala Lingkungan, Lurah Parapat, dan Ketua STM Huta Tiga Rihit di dalam kegiatan puncak.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa Generasi Baru Indonesia, harapannya GenBI sebagai wadah edukasi bagi masyarakat Tigarihit ini. Menyadarkan bahwa ini lah pariwisata, bagaimana masyarakat bisa tulus dan ikhlas dalam menjaga lingkungan, karena bagaimanapun semua dimulai dari masyarakatnya untuk menciptakan destinasi yang luar biasa,” ujar Sekretaris Camat Parapat, Ferry Risdonni Sinaga S.H.

Dalam mendukung kegiatan Bersih Indonesia ini, GenBI Sumut memberikan bantuan berupa 20 tiang lampu jalan, 2 buah mesin babat, serta 60 set alat kebersihan yang terdiri dari sapu, sekop sampah, dan tong sampah. Harapannya warga bisa termotivasi untuk ikut menjaga lingkungannya dimulai dari rumah sendiri.

Ketua GenBI Sumut, Muhammad Roby mengatakan GenBI Sumut kali ini sepakat bekerjasama dengan BODT dan GenBI Sumut untuk menciptakan destinasi wisata baru di sekitar Danau Toba. “Harapannya program ini bukan hanya sekedar memberi bantuan, namun juga menjadi sambutan hangat dari masyarakat untuk menjaga bantuan yang diberikan. Untuk Bersih Indonesia semoga dapat berlangsung lagi tahun depan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar nantinya,” paparnya ketika ditanya tentang harapan kegiatan.

Redaktur Tulisan: Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Azka Fikri

PKKMB Fakultas Teknik, Pentingnya Karakter dan Etika dalam Lingkungan Mahasiswa

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) 2019 berlangsung di Lapangan Parkir Fakultas Teknik USU pada Selasa, 20/8. Kegiatan ini dihadiri oleh 1.178 orang mahasiswa baru dari berbagai program studi yaitu: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Arsitektur, dan Teknik Lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *