Home / Berita / Pameran Fotografi Komunikasi Persembahan Mahasiswa Ilmu Komunikasi USU
Fotografer: Hidayat Sikumbang
Fotografer: Hidayat Sikumbang

Pameran Fotografi Komunikasi Persembahan Mahasiswa Ilmu Komunikasi USU

Akbar Gading Barus / Hazlina Ganif Sihotang

Pijar, Medan. Pameran fotografi bertema “Communication in Photograph 2018” sukses digelar pada Kamis (20/12). Dalam pameran ini, terlihat hasil dari karya-karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara (USU) 2017 yang dipamerkan di acara tersebut. Acara yang juga merupakan tugas akhir dari mata kuliah fotografi yang diasuh oleh Haris Wijaya M.Comm ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dilaksanakan di Pendopo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Tema tersebut dipilih dengan alasan untuk menunjukkan bahwa mahasiswa ilmu komunikasi bukan hanya bergelut dalam bidang public speaking, akan tetapi banyak dari meraka yang punya potensi dalam bidang fotografi. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah bagi mereka untuk dapat mempublikasikan hasil karya yang telah mereka abadikan dalam bidikan lensa.

Acara ini dibuka oleh kata sambutan dari Haris dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Fahira Syahnaz, selaku ketua panitia. Bukan hanya memamerkan foto dalam pameran ini, para panitia juga telah menyiapkan layar proyektor yang digunakan untuk sesi nonton bersama hasil tugas videografi yang sebelumnya telah diberikan oleh Haris sebagai tugas kelompok. Tugas-tugas tersebut berupa iklan dan juga film pendek. Kemudian diselingi oleh berbagai hiburan yang telah dipersiapkan panitia.

Dosen Komunikasi, Haris Wijaya menilai sebuah video dalam pameran yang diadakan di Pendopo FISIP USU. (20/12) (Fotografer: Hidayat Sikumbang)
Dosen Komunikasi, Haris Wijaya menilai sebuah video dalam pameran yang diadakan di Pendopo FISIP USU. (20/12)
(Fotografer: Hidayat Sikumbang)

Sebagai dosen pembimbing, Haris kerap memberi komentar, penilaian, dan masukannya terhadap karya-karya yang ditampilkan. “Salah satu alasan saya mengarahkan mahasiswa untuk membuat pameran ini adalah karena saya juga ingin melihat potensi bagaimana mereka dalam hal praktek. Tidak setiap mahasiswa yang baik dalam bidang teori, tapi sangat baik hasil prakteknya,” jelasnya.

Beliau juga mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan oleh mahasiswa. “Tugas mereka layak untuk dipamerkan ke khalayak yang lebih luas dan pada momen-momen yang lebih besar, beberapa video tadi juga ada yang layak untuk dijual dan dilombakan kekancah nasional,” tuturnya.

Fahira yang merupakan ketua panitia acara ini juga mengatakan dengan diadakannya acara seperti ini dapat memacu bakat-bakat terpendam bagi para mahasiswa ilmu komunikasi. Acara ini juga dibuka untuk umum, yang menjadikan semua kalangan dapat menikmati karya-karya yang telah dihadirkan.

“Pameran kali ini bukan hanya tentang sekedar foto, cetak, lalu pamerkan, akan tetapi bagaimana para mahasiswa dapat merangkai beberapa jepretan memiliki arti dan menjadi sebuah cerita,” ucapnya.

Pengunjung yang turut hadir dalam pameran foto ini sebagian besar dari kalangan mahasiswa, dari jurusan ilmu komunikasi maupun jurusan lain tapi memiliki minat terhadap fotografi. Delfi salah seorang pengunjung yang merupakan Ketua Umum dari Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI) Sumatera Utara mengatakan bahwa acara ini cukup menginspirasi, karena dapat bertukar pikiran dan menambah ide dengan ditampilkannya video-video juga melihat dari foto-foto yang dipamerkan.

Beliau berpesan, “terus suarakan nilai-nilai positif dalam sebuah gambar, dan memberikan makna-makna yang dapat menginspirasi bagi khalayak,” ungkap Delfi.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG20190126161323

Exclusive Class Hadirkan Kelas Mengedit Video ala Youtuber

Acara yang dimulai pada pukul 14.00 WIB ini dibawakan oleh Rizki Mitra Hamdani sebagai pemateri. Rizki Mitra Hamdani atau biasa disebut Mitra ini adalah seorang Creative Director Net Good People Medan, sekaligus CEO Kimit Production dan pengurus Pusat Yayasan Bangga Jadi Indonesia.Acara yang dimulai pada pukul 14.00 WIB ini dibawakan oleh Rizki Mitra Hamdani sebagai pemateri. Rizki Mitra Hamdani atau biasa disebut Mitra ini adalah seorang Creative Director Net Good People Medan, sekaligus CEO Kimit Production dan pengurus Pusat Yayasan Bangga Jadi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *