Home / Hiburan / Waterphone, Pendukung Suara Menyeramkan Dalam Film Horor

Waterphone, Pendukung Suara Menyeramkan Dalam Film Horor

Sumber foto : https://www.independent.co.uk/

 Azka Fikri / Shilva Devira

Pijar, Medan. Menonton film horor memiliki rasa gereget tersendiri, apalagi didukung oleh suara yang menakutkan, membuat bulu kuduk merinding. Bagaimana tidak suara Waterphone yang dihasilkan sangat mengerikan. Oh iyah apakah sobat pijar mengetahui apa itu Waterphone?

Waterphone atau yang dikenal juga dengan Ocean Harp, merupakan peralatan akustik yang sering digunakan dalam film-film horor untuk menghasilkan bunyi-bunyi yang menyeramkan. Waterphone sendiri diciptakan oleh Richard Waters pada tahun 1968.

Suara yang dihasilkan pun terinspirasi dari suara paus bungkuk (salah satu spesies paus) dan suara-suara yang ada di luar angkasa. Tidak hanya itu Sobat Pijar, ternyata di lepas pantai barat kanada, Waterphone juga sering digunakan untuk memanggil paus.

Cara memainkannya juga tergolong sederhana, cukup dengan menggunakan tangan atau bow  yang digesekkan  di atas Waterphone dan  suara horor pun akan keluar. Tidak hanya itu, Waterphone dapat dimainkan dengan cara didudukkan di atas meja atau dipegang langsung.

Nah, Waterphone sendiri terbuat dari stainless steel dan perunggu monolithic. Panjang dan diameternya pun dibuat bervariasi yang kemudian disusun di atas wadah berbentuk lingkaran. Selain itu, Waterphone dapat dimainkan dengan bantuan benda cair untuk bersuara. Waterphone dapat dimainkan dengan menggunakan jari atau bisa juga menggunakan bow layaknya memainkan biola atau celo.

Waterphone dibuat sesuai dengan pesanan para pembelinya, jadi ada kemungkinan bahwa setiap Waterphone memiliki suara yang berbeda. Cara kerjanya yang memerlukan air membuat alat musik ini berbeda dengan yang lainnya. Tidak heran kalau harga sebuah Waterphone sangat fantastis.

Terkadang ketika melihat film horor, kita lebih merinding dengan suara-suara yang menakutkan dari si film tersebut. Karena itu, Sobat Pijar harus tahu bahwa musik dalam sebuah film adalah suatu hal yang tidak terpisahkan dan harus saling terkait. Karena bunyian juga dapat mengekspresikan keadaan yang sedang kita rasakan yang dapat membuat alur sebuah film menjadi lebih hidup.

Suara yang menyeramkan ditambah dengan riasan horor para pemeran akan membuat film horor menjadi lebih menyeramkan dan menakutkan. Suara yang dihasilkan dari film horor membuat setiap penontonnya merinding hingga takut untuk melakukan segala aktivitas pada malam hari.

Nah, Sobat Pijar, sudah tahu kan apa itu Waterphone?  Meski bentuknya sederhana, alat musik ini mampu memunculkan berbagai jenis suara horor. Dentuman serta gemercik nya menambah suasana film horor menakutkan, sekaligus merinding.

Redaktur Tulisan : Annisa Rahmi

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Indah Rahmadanti

Ivanna: Sebuah Nama yang Membawa Petaka

Penulis novel horor Risa Saraswati kembali menerbitkan novel barunya yang berjudul Ivanna. Berbeda dengan novel horor Risa lainnya, sosok Ivanna ini yang paling rumit untuk ditulis ceritanya, sebab sosok Ivanna sulit sekali untuk dijangkau. Pada akhirnya, Risa berhasil menyelesaikan novelnya dengan menggunakan kemampuan khususnya dan mengetahui kisah pilu hantu Belanda itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *