Home / Berita / Forum Indonesia Muda Latih Anak Muda Melalui Generasi Cakrawala
IMG_20190125_085901

Forum Indonesia Muda Latih Anak Muda Melalui Generasi Cakrawala

Intan Sari

Pijar, Medan. Pagi itu, banyak dari muda-mudi yang berpakaian daerah berkumpul di Gedung Balai Diklat Pertanian / BLPP yang terletak di Jalan A.H Nasution, Medan Johor. Dengan antusiasme yang luar biasa, mereka hadir sebagai Generasi Cakrawala yang diadakan oleh Forum Indonesia Muda Sumatera Utara (FIM SUMUT). Kemeriahan ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dari mulai Jumat, 25 Januari hingga Minggu, 27 Januari.

Generasi Cakrawala merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Forum Indonesia Muda, sebagai bentuk kontribusi terhadap bangsa dan negara agar bisa menjadi pribadi yang bermanfaat. “Generasi Cakrawala yang kami adakan itu hadir untuk membimbing muda-mudi Sumatera Utara untuk membawa sebuah misi perubahan,” begitulah ungkapan yang disampaikan oleh Koordinator FIM SUMUT, Surya Darma.

Tatapan mata Surya seakan penuh harap, apa yang dilakukan oleh pemuda yang lolos sebagai Generasi Cakrawala bisa memberikan pengaruh positif terhadap situasi di Indonesia, terutama di wilayah Sumatera Utara. “Yang paling penting dari Generasi Cakrawala ini adalah anak-anak muda kita bisa mengupgrade dirinya untuk menunjukkan potensi yang ada di dalam dirinya,” tutur Surya.

Handika Surbakti, salah seorang pemateri berpose saat sesi foto bersama penyerahan sertifikat. (26/1) (Fotografer: Intan Sari)
Handika Surbakti, salah seorang pemateri berpose saat sesi foto bersama penyerahan sertifikat. (26/1)
(Fotografer: Intan Sari)

FIM SUMUT mengundang beberapa pemateri yang memang telah lihai di bidangnya masing-masing. Sebut saja, Handika Surbakti yang merupakan Co-Founder dari Medan Youth Forum, ada Nurhadi Pratama selaku Jurnalis di DAAI TV, M Iqbal Harefa yang merupakan Presiden Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Alween Ong sebagai Wirausahawan, Eka Delanta yang menjadi Penggerak Alusi Tao Toba, dan Jaya Setiawan Gulo sebagai Founder dari The School Project.

Handika Surbakti, sebagai pemateri mengungkapkan bahwa Personal Branding adalah identitas yang wajib dipegang oleh para pemuda di era globalisasi seperti sekarang ini. Hal-hal seperti ini justru menjadi jati diri yang harus dipegang teguh para muda-mudi Indonesia. “Banyak nilai-nilai yang bisa kita angkat yang representatif sekali dari dalam diri kita. Itulah mengapa sesuai materi hari ini, Personal Branding untuk generasi muda dan sangat sesuai dengan apa yang kita lihat di sekitar kita sekarang ini,” ungkapnya.

Belum sehari acara dimulai, Imaniah, salah satu peserta dari Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) memberikan apresiasi terhadap acara dari FIM SUMUT ini. Ima, begitu sapaannya mengaku bahwa acara seperti ini sangat dibutuhkan oleh generasi muda. “Seorang teman pernah merekomendasikan ini. Pemateri yang dihadirkan sudah pasti memang ahli di bidangnya masing-masing. Kepemimpinan yang dilatih di Generasi Cakrawala tentu akan menjadi modal karena pelatihan yang didapat semoga bisa berdampak dan bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Ima bersemangat.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber: Dokumentasi Panitia

Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan Seminar ISO

Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU) mengadakan Seminar International Organization for Standardization (ISO) yang diselenggarakan di Aula Serba Guna Unit 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU) pada Sabtu (5/1).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *