Home / Berita / GenBI Sumut Tawarkan Beasiswa Bank Indonesia di FISIP USU

GenBI Sumut Tawarkan Beasiswa Bank Indonesia di FISIP USU

Sumber Foto: Divisi Media dan Komunikasi Informasi GenBI USU

Muhammad Abdul Fattah

Pijar, Medan.  Komunitas Generasi Baru Indonesia Sumatera Utara (GenBI Sumut) menggelar roadshow Beasiswa Bank Indonesia tahun 2019 di Pendopo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) pada Kamis (21/02). Acara ini merupakan kegiatan tahunan GenBI Sumut, khususnya GenBI Komisariat USU untuk memberikan informasi dan menyediakan sesi tanya jawab bagi mahasiswa USU. “Karena sering mahasiswa merasa masih kurang jelas jika hanya melihat informasi dari media sosial atau internet, jadi untuk memperjelas saja dan supaya mahasiswa juga bisa tanya jawab”, jelas Andika Rezky selaku Ketua GenBI Komisariat USU.

Roadshow ini pertama kali dilakukan di tahun 2019, mengingat tahun-tahun sebelumnya hanya berpatok dan dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Hal itu dikarenakan tahun ini adalah tahun kedua Bank Indonesia memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa berasal dari 6 fakultas di USU. “Biasanya ditahun sebelumnya itu paling hanya 2 fakultas yaitu FEB dan FH USU, karena memang syarat dari BI-nya seperti itu”, tambah Rezky.

Acara ini digelar selama 3 hari dimulai dari tanggal 19 Februari kemarin setiap pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Namun tidak hanya berpatokan pada satu lokasi, melainkan ada waktu-waktunya di 6 fakultas di USU. “Di hari senin kemarin kita ada di Fakultas Hukum dan Fasilkom-TI, dan hari selasanya ada di Pertanian dan MIPA, lalu hari ini di FISIP dan FEB”, jelas Bukhori sebagai penanggung jawab stand roadshow.

Sumber Foto: Divisi Media dan Komunikasi Informasi GenBI USU
Sumber Foto: Divisi Media dan Komunikasi Informasi GenBI USU

Kehadiran GenBI di tiap fakultas ternyata disambut hangat oleh seluruh mahasiswa. Terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mampir di stand sederhana GenBI untuk memperoleh informasi mengenai beasiswa, khususnya mahasiswa FISIP. Riska Apsari misalnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU ini merasa senang melihat kehadiran GenBI datang ke FISIP untuk memberikan penjelasan mengenai beasiswa Bank Indonesia tahun 2019. “Kadang kan kita bingung mengenai syarat-syarat berkas untuk mencalonkan diri sebagai penerima beasiswa. Jadi dengan kehadiran GenBI ini kita lebih bisa bertanya-tanya mana yang kurang jelas sekaligus bertanya kepada yang pengalaman sebelumnya tentang penerima beasiswa dari BI”, saut Riska ketika ditanya seputar kehadiran GenBI di FISIP USU.

Sebagai komunitas penerima beasiswa, GenBI cukup dikatakan berani untuk menggelar roadshow seperti ini. Pasalnya ditahun 2019 ini, GenBI lah yang pertama kali mensosialisasikan beasiswa dari semua beasiswa yang ada di USU. Hal ini dikarenakan memang penerimaan Beasiswa Bank Indonesia tahun 2019 sudah dimulai. Untuk itu diharapkan acara ini dapat membantu mahasiswa USU yang akan menjadi calon penerima dapat menerima informasi tersebut secara luas dan efektif.

Tahun ini, Bank Indonesia cukup memberikan tawaran yang menggiurkan dalam hal beasiswa. Sama seperti tahun sebelumnya, setiap penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 12 juta selama satu tahun. Sehingga dengan adanya roadshow ini dapat memberikan angin segar bagi mahasiswa yang membutuhkan. “Kami hadir ke tiap fakultas untuk menyebar informasi beasiswa. Kadang kan kita lihat terdapat mahasiswa yang memang membutuhkan namun tidak meilhat informasi beasiswa ini di media sosial ataupun di internet”, ucap Bukhori ketika ditanya mengenai roadshow.

“Harapannya semoga GenBI juga lebih dikenal oleh mahasiswa USU dan dapat memberikan informasi mendalam seputar penerimaan Beasiswa Bank Indonesia ditahun 2019 ini. Karena kita juga siap untuk menjawab pertanyaan teman-teman mahasiswa mengenai hal-hal yang berkenaan dengan Beasiswa BI. Selanjutnya semoga mahasiswa dapat melakuka aksi seperti ini, bukan hanya beasiswa tetapi apapun mengenai info-info untuk lebih disosialisasikan secara luas”, tutup Rezky.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Foto Cover

Melatih Kemampuan Public Speaking Lewat Exclusive Class

On The Stage kembali menghadirkan Exclusive Class yang ke-18 dengan tema “Build Confidence With Public Speaking.” Kegiatan yang diikuti oleh sembilan orang peserta ini diselenggarakan di kantor On The Stage, MiaMiu Place Lt.2, Setia Budi Center B1-B2. Acara ini bertujuan untuk membangun dan melatih kemampuan peserta dalam public speaking.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *