Home / Berita / SEMINAR LITERASI MEDIA, MAJUKAN CITRA KOTA MEDAN DENGAN BIJAK BERMEDIA
P1070103

SEMINAR LITERASI MEDIA, MAJUKAN CITRA KOTA MEDAN DENGAN BIJAK BERMEDIA

Yayang Prilli Wandari/Nadya Divariz Bhayitta Syam

Pijar, Medan. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses mengadakan seminar Literasi Media.  Mengangkat tajuk “Peran dan Dampak Media Online Terhadap Citra Kota Medan”, kegiatan diselenggarakan di Aula Kominfo Sumatera Utara Jalan HM. Said No. 27 Medan,  Sabtu (16/02).

Seminar diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Agung Eka Putera selaku Ketua Panitia, selanjutnya kata sambutan dari Muhammad Rinaldi Pulungan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UMSU, serta dilanjutkan dengan bimbingan dan arahan sekaligus pembuka acara oleh Nurhasanah Nasution, S.Sos, M.I.Kom selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UMSU.

HMJ Ilmu Komunikasi FISIP UMSU juga mengundang beberapa pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing. Sebut saja, Drs. Agus  Suryono yang merupakan Kepala Dinas Pariwisata Medan, Kepala Bidang TIK DISKOMINFO Dedi Irawan St.M.Eng, Wahyuni selaku Praktisi Jurnalis (AJI), serta Ade yang menjadi Praktisi Media Online.

Ade mengatakan bahwa media sosial seharusnya dapat memajukan citra Kota Medan, jika media sosial digunakan sesuai dengan UU ITE “Kalau saya katakan sebenarnya Medan hari ini ngikut tren Jakarta, tetapi sebenarnya lagi Medan ini bisa mempunyai tren sendiri kalau pelaku-pelaku sosial medianya itu tahu bagaimana caranya mengangkat hal-hal baik dari sudut Kota Medan,” ucap Ade dalam pemaparan materi yang disampaikannya.

Salah satu contoh penjelasan Media Sosial yang sedang merajarela di Dunia pada acara Seminar Literasi Media. (17/2) (Fotografer: Nadya Divariz)
Salah satu contoh penjelasan Media Sosial yang sedang merajarela di Dunia pada acara Seminar Literasi Media. (17/2)
(Fotografer: Nadya Divariz)

Acara ini bertujuan untuk mengajak kalangan mahasiswa sebagai pemuda dan pemudi agar dapat lebih bijak bermedia sehingga mampu memajukan citra yang positif di Kota Medan. Tidak hanya itu, peserta juga dianjurkan untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pariwisata di Kota Medan.

“Sekarang kan lagi marak-maraknya media online yang ada di Medan itu lagi mengeluarkan berita, yang membuat Medan itu jadi citranya buruk di masyarakat lain apalagi di luar kota, kabar-kabarnya kemarin ketua HMJ kami baru saja dari luar kota dan dia mendapat info dari sana bahwa Medan itu begal, medan itu parah dan kebetulan kami ada progja membuat seminar jadi kami ingin mengangkat tema itu agar tahu seberapa besar dampak media online itu terhadap citra Kota Medan itu sendiri,” tutur Wika Anggraini selaku Koordinator Acara.

Sementara itu Andrea Putri Devina dari jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UMSU 2018, salah satu peserta seminar, mengungkapkan bahwa seminar ini berkaitan erat dengan jurusannya yaitu Ilmu Komunikasi. “Ini kan seminar literasi media jadi itu kayak ada hubungannya dengan jurusannya saya sendiri yaitu Ilmu Komunikasi dan juga kita lebih tahu media sosial itu bagaimana dampaknya di Kota Medan ini,” katanya.

Redaktur Tulisan: Intan Sari

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Fotografer: Talitha Nabilah)

PKKMB Fakultas Pertanian USU Tekankan Pentingnya Berorganisasi

Star Yeheskiel Munthe Pijar, Medan. Awan mendung turut mewarnai suasana Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *