Home / Berita / Belajar Membuat Konten untuk Pemilu Damai
Fotograger: Azka Fikri
Fotograger: Azka Fikri

Belajar Membuat Konten untuk Pemilu Damai

Azka Fikri

Pijar, Medan. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) bersama indonesiabaik.id dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan Talkshow dan Workshop Santun Bermedia Sosial untuk Pemilu Damai di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU), Sabtu (16/03).

Kegiatan ini bertujuan mengajak mahasiswa untuk cerdas dalam bermedia sosial. “Workshop ini diadakan dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial di tahun politik ini. Disini peserta akan diajarkan juga bagaimana membuat sebuah konten yang positif yang dapat di share di sosial media daripada menyebar luaskan hoaks dan ujaran kebencian,” ungkap Dra. Siti Meiningsih, M.Sc selaku Direktur Pengelolaan Media Kemkominfo.

Lokakarya yang dihadiri 100 orang ini dilaksanakan dengan dua sesi. Sesi pertama pemaparan materi oleh Andoko Darta yang menjabat sebagai asisten Staf Khusus Presiden, Yulhasni, SS, M.Si sebagai Ketua KPU Sumatera Utara dan Dra. Dewi Kurniawati, M.Si. Ph.D selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU. Pada sesi ini dilakukan sesi tanya jawab dengan para peserta yang antusias dengan materi yang telah dipaparkan.

Para peserta yang berhasil meraih konten terbaik pada Workshop Santun Bermedia Sosial untuk Pemilu Damai (16/03) (Fotograger: Azka Fikri)
Para peserta yang berhasil meraih konten terbaik pada Workshop Santun Bermedia Sosial untuk Pemilu Damai (16/03)
(Fotograger: Azka Fikri)

Setelah pemaparan materi para peserta masuk ke sesi kedua yang dibawakan oleh Dimas Aditya Nugraha dari Kasubdit Audio Visual dan Media Sosial Kemkominfo dan Andrean Webby Finaka perwaklilan dari indonesiabaik.id. Pada bagian ini peserta diajarkan dan diajak untuk berlatih membuat sebuah konten yang menarik yang dapat disebar luaskan di media sosial mereka. Tidak hanya itu, para peserta dilombakan untuk membuat konten terbaik mengenai ajakan pemilihan umum yang damai. Konten terbaik pun diraih oleh Natasia Fergina, Regina Sitohang, dan Indah Ramadhani.

“Acara ini luar biasa ya, karena bisa ketemu langsung sama orang penting dari kemkominfo, staf kepresidenan dan dapat pembelajaran dari workshop. Dengan adanya wokshop seperti ini kita bisa jadi generasi muda, generasi millennial yang memberikan konten-konten bagus untuk negeri kita,” ujar Natasia Fergina, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU.

Redaktur Tulisan :Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Apresiasi Musisi Melalui Record Store Day

Record Store Day adalah suatu rangkaian acara yang diperingati oleh seluruh dunia untuk merayakan hari rilisan fisik dalam hal musik, seperti compact disc (CD), kaset, dan vinyl atau piringan hitam. Di Indonesia sendiri dilaksanakan di 3 kota, yaitu Medan, Yogyakarta, dan Jakarta. Untuk kota Medan sendiri, sudah berlangsung sejak tahun 2013 lalu dalam melaksanakan acara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *