Home / Berita / BU Goes To Campus USU: Menulis Proposal dan Esai untuk Beasiswa Unggulan
Fotografer: Annisa Van Rizki
Fotografer: Annisa Van Rizki

BU Goes To Campus USU: Menulis Proposal dan Esai untuk Beasiswa Unggulan

Annisa Van Rizky

Pijar, Medan. Awardee (Penerima) Beasiswa Unggulan Regional Medan untuk pertama kalinya sukses menghadirkan BU GOES TO CAMPUS USU sebagai Universitas pertama dalam menggelar Workshop Kepenulisan Proposal Rencana Studi & Esai BU (Beasiswa Unggulan) di Gedung PEMA USU  Lt. 2, Minggu (24/03). Beasiswa Unggulan (BU) sendiri adalah Program Beasiswa Unggulan yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Acara dimulai pukul 8.00 WIB yang dibuka oleh Belmondo Scorpio selaku Ketua Pelaksana BU Goes To Campus USU. Belmondo Scorpio adalah Mahasiswa USU Jurusan Hukum S1 dan Awardee BU batch 2 2018. “Para Penerima Beasiswa  Unggulan di Medan membuat suatu Paguyuban yang memiliki visi dan misi yang sama untuk membuat acara yang bertujuan untuk memperkenalkan BU kepada Mahasiswa USU” terang Belmondo Scorpio.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Viqry Pramananda sebagai Pemateri. Viqry merupakan Mahasiswa USU Jurusan Teknik Kimia S1 dan Awardee BU batch 2 2018. Di awal Viqry mengenalkan Beasiswa Unggulan kepada peserta serta mengungkap bahwa “Latar belakang” adalah hal pertama yang harus diketahui dalam menulis Proposal dan Esai, di mana mengetahui alasan-alasan mengapa memilih program studi tersebut.

Workshop yang dihadiri 49 peserta ini memiliki 2 sesi. Sesi pertama menjelaskan tentang Kepenulisan Proposal Rencana Studi.  Viqry menjelaskan bagaimana cara menuliskan proposal yang baik sambil menunjukkan contoh Proposal Rencana Studi miliknya. Pada sesi ini dilakukan sesi tanya jawab dengan para peserta yang antusias dengan materi kepenulisan proposal yang telah dipaparkan. Dilanjutkan dengan para peserta diminta untuk duduk berkelompok dan membuat langsung Proposal Rencana Studi di laptop masing-masing.

Penyampaian materi mengenai Beasiswa Unggulan oleh Viqry Pramananda. (24/3) (Fotografer: Annisa Van Rizki)
Penyampaian materi mengenai Beasiswa Unggulan oleh Viqry Pramananda. (24/3)
(Fotografer: Annisa Van Rizki)

Di sesi kedua, masih dengan pemateri yang sama Viqry memaparkan bagaimana Kepenulisan Esai BU  yang bertema “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”. Viqry mengungkapkan dalam menulis Esai ini harus mengenali potensi diri sendiri yang menekankan bahwa kalian adalah salah satu Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia.

“Generasi Unggulan itu tidak hanya pintar, tetapi mampu berdampak kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Viqry. Pada sesi kedua ini sebelum peserta memulai membuat Esai, Awardee BU Medan memberikan Ice Breaking dimana peserta diajak bermain Kahoot-aplikasi Kuis menjawab cepat yang mana panitia memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta.

“Menarik dan banyak sekali ilmu yang didapatkan, banyak juga pengalaman dan bertemu teman-teman. Artinya acaranya tidak sia-sia untuk diselenggarakan,” ungkap peserta Ihsan Ilma, Mahasiswa FISIP USU jurusan Administrasi Bisnis. Peserta lainnya Zakiyah Nurul Aini, Mahasiswa USU Jurusan Teknik Kimia mengungkapkan harapannya setelah mengikuti rangkaian acara, “Harapannya dengan sudah mempersiapkan (berkas-berkas yang dibutuhkan)  dimulai dari sekarang, semoga bisa diterima dan bisa menjadi bagian dari Awardee BU.”

Belmondo, selaku ketua pelaksana berharap agar tahun depan bisa lebih dari apa yang didapat oleh penerima tahun ini. Pun para mahasiswa bisa lebih aktif lagi, terima untuk regional Medan. “Saya berharap semoga kedepannya nanti para penerima Beasiswa Unggulan Regional Medan dapat lebih aktif dan para penerimanya jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ungkap Belmondo Scorpio. Acara diakhiri dengan foto bersama para peserta dan Awardee BU Regional Medan.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Panitia Acara

Waspada Gelar Belanja Bersama Anak Yatim

Program Belanja Barang Yatim Piatu ini mengambil lokasi pasar tradisioanl sekaligus sebagai bentuk usaha memajukan pedagang kecil muslim. Sementara, pendamping dengan mengait komunitas dilakukan agar semangat berbagi bisa ditularkan kepada para anak muda yang tergabung dalam komunitas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *