Home / Berita / Cyberpreneurship STMIK Triguna Dharma Ajak Mahasiswa Membangun Startup
Fotografer: Achmad Syah Galang
Fotografer: Achmad Syah Galang

Cyberpreneurship STMIK Triguna Dharma Ajak Mahasiswa Membangun Startup

Achmad Syah Galang Ramadhan

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cyberpreneurship STMIK Triguna Dharma Medan sukses mengadakan seminar kewirausahaan pada Sabtu (02/03). Seminar dengan tema “Start Up Your Business” ini diselenggarakan di aula serbaguna lantai 3 gedung STMIK Triguna Dharma Medan.

Acara ini mengundang pembicara yang sudah ahli di dunia kewirausahaan seperti Rico Imanta Ginting Selaku CEO Millenial Technology, Satria Tri Wibowo Selaku Founder Awal Hijab, dan Ahmad Yusri Selaku Web Development.

Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka dengan pemotongan pita oleh Ita Mariami, S.E, M.Si dan Jaka Prayuda S.Kom, M.Kom selaku dosen pembimbing, sebagai tanda peresmian UKM Cyberpreneurship. Selanjutnya masuk pada pemberian materi oleh Rico Imanta  Ginting yang menjelaskan materi mengenai bisnis startup.

Penyampaian Materi Mengenai Bisnis Start Up oleh Rico Imanta Ginting pada acara Seminar Cyberpreneurship. (2/3) (Fotografer: Achmad Syah Galang)
Penyampaian Materi Mengenai Bisnis Start Up oleh Rico Imanta Ginting pada acara Seminar Cyberpreneurship. (2/3)
(Fotografer: Achmad Syah Galang)

Rico sendiri menyebutkan bahwa ada 4 cara yang perlu diingat untuk memulai start up yaitu harus mempunyai ide baru, pikirkan target usaha yang tepat, bentuklah tim yang bisa diajak untuk bekerja sama, serta punya modal. Lalu dilanjutkan dengan sharing session bersama Satria Tri Wibowo dan Ahmad Yusri yang berbagi pengalaman mereka selama bekerja di dunia wirausaha.

Seminar ini bertujuan untuk mengajak setiap orang khususnya mahasiswa untuk  membuka usahanya dengan memanfaatkan teknologi. “Berhubung mahasiswa kami adalah kalangan IT (Teknik Informasi) jadi kami menghadirkan seminar ini supaya mereka bisa membuka bisnis sendiri dengan mengandalkan dunia teknologi,” terang Immanuel Zega selaku ketua panitia.

UKM Cyberpreneurship sendiri merupakan UKM pertama di STMIK Triguna Dharma Medan yang begerak di bidang wirausaha. UKM ini sudah terbentuk pada bulan November 2018 lalu tetapi baru diresmikan pada tanggal 2 Maret ini. Walaupun terbilang masih muda UKM ini sudah memiliki 14 anggota di dalammnya.

Marlina salah seorang peserta seminar berharap, melalui seminar ini ia dapat membangun bisnis sendiri ke depannya. “Untuk memajukan bisnis, bagaimana membangun bisnis kedepannya lebih baik dan menjadi motivasi juga menambah wawasan. Harapannya sih bisa buka usaha sendiri lah, kalau ada peluang usaha yang lebih baik kenapa tidak diambil,” harap Marlina.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hesmitha Eunike

Memulai Kehidupan Baru bersama Perayaan Paskah Psikologi 2019

Pijar, Medan. Mahasiswa Kristen Fakultas Psikologi USU menggelar perayaan Paskah pada Sabtu, (10/5) bertempat di Gereja IFGF Jalan Pasar Baru No. 24, Kel. Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *