Home / Berita / Job Festival Indonesia Tawarkan Lowongan Pekerjaan di Polmed
Fotografer: Citra Relitna
Fotografer: Citra Relitna

Job Festival Indonesia Tawarkan Lowongan Pekerjaan di Polmed

Citra Relitna Ginting / Indah Ramadhanti

Pijar, Medan.  Lembaga Pers Mahasiswa Neraca Politeknik Medan (Polmed) menggelar seminar karir yang berkolaborasi dengan Job Festival Indonesia, seminar ini diselenggarakan pada hari Selasa (12/3) di Gedung Serbaguna Polmed. Adapun diselenggarakannya acara ini yakni ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswa fresh graduates yang ingin mendapatkan pekerjaan secara langsung dari berbagai macam pilihan perusahaan yang ada, maupun mahasiswa-mahasiswa yang mengenal langsung beberapa perusahaan tersebut.

Seminar ini mengusung tema “Show The Best of You and Find Your Dream Career Here”. Tidak hanya seminar, namun di acara ini juga terdapat berbagai pameran booth untuk lowongan kerja dari berbagai perusahaan, baik perusahaan jasa maupun perusahaan dagang seperti JNE, GENERATION X, OT, dan lainnya.

Neraca LPM Polmed berhasil menggaet perusahaan-perusahaan ternama yang sedang melakukan pembukaan rekrutmen, yang mana perusahaan-perusahaan tersebut memerlukan tenaga kerja mahasiswa-mahasiswi fresh graduates untuk menyukseskan acaranya.  Perusahaan-perusahaan seperti Medan Musik, OT , layanan jasa, Generasi X, serta JNE turut andil dalam kelangsungan acara tersebut.

Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini, Selasa dan Rabu memiliki dua gelombang acara. Gelombang pertama dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, sedangkan gelombang kedua dimulai pukul 14.00 – 16.00. Untuk biaya registrasi mengikuti seminar ini berkisar Rp. 35 ribu.

Dalam rangka menyelesaikan masalah pengangguran, Neraca bekerja sama dengan Job Festival Indonesia sebagai media penyambung untuk mahasiswa-mahasiswa di berbagai universitas di Sumatera Utara. Job Festival Indonesia sendiri sudah beberapa kali mengadakan seminar karir seperti ini, dan kali terakhir dilaksanakan  di Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Penyampaian materi dalam acara Job Festival. (12/3) (Fotografer: Citra Relitna)
Penyampaian materi dalam acara Job Festival. (12/3)
(Fotografer: Citra Relitna)

Acara yang ditargetkan mencapai 180 peserta ini terbuka untuk siapa saja yang ingin merasakan walk in job interview dengan banyaknya opsi yang ada. “Mahasiswa disini rasa excitednya tinggi, terus kita dalam pemasaran juga masuk ke dalam Medan Talk kemarin untuk mempromosikan acara ini” ucap Marta, selaku ketua panitia. Acara ini juga menjadi titik pertemuan antara mahasiswa fresh graduates, Neraca, serta Job Festival Indonesia itu sendiri. Dari sini, peserta akan mendapatkan bagaimana teknik wawancara yang baik, serta etika dalam mengerjakan tes psikotes yang baik dan benar.

Salah satu peserta asal Jambi yang saat itu sedang liburan di Medan memberikan kesan yang positif terhadap diselenggarakannya acara ini. “Kalau acara kayak gini, ya dimanfaatkan saja daripada kita jauh-jauh kan belum tentu juga bisa dapat kayak gini dan banyak disediakan serta dibutuhkan juga”, ucapnya.

Untuk hasil akhir dari walk in job interview, semuanya akan diserahkan kembali kepada perusahaan-perusahaan yang bersangkutan. Neraca di sini hanya sebagai media dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan mahasiswa-mahasiswa fresh graduates dan juga mahasiswa-mahasiswa fresh graduates yang membutuhkan pekerjaan.

“Harapannya bagi yang peserta yang hadir, semoga teman-teman yang udah mendaftar disini jalannya dapat dibukakan dan segera mendapat pekerjaan dari apa yang telah dilamarkan, karena mereka nggak ngasih cuman satu CV (curriculum vitae). Mereka ada mendaftar dua bahkan lebih dari CV yang ditentukan. Walaupun mereka belum mendapatkan seperti apa yang mereka inginkan setidaknya pengalaman mereka kan udah ada untuk mencoba belajar dari CV,” ucap Marta.

Sedangkan bagi Marta sendiri selaku ketua panitia berharap semoga kedepannya di acara selanjutnya Neraca bisa mengadakan acara seperti Job Festival Indonesia dikemudian hari.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hesmitha Eunike

Memulai Kehidupan Baru bersama Perayaan Paskah Psikologi 2019

Pijar, Medan. Mahasiswa Kristen Fakultas Psikologi USU menggelar perayaan Paskah pada Sabtu, (10/5) bertempat di Gereja IFGF Jalan Pasar Baru No. 24, Kel. Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *