Home / Jalan-Jalan / Kuliner Khas Manado, Garo Bunga Pepaya Kaya Akan Manfaat

Kuliner Khas Manado, Garo Bunga Pepaya Kaya Akan Manfaat

Sumber Foto : pergikuliner.com

Cici Alhamdaina

Pijar, Medan. Sayur dengan nama asli Garo Bunga Pepaya ini adalah sayur khas Manado, Sulawesi Utara. Sesuai namanya, sayur ini berbahan dasar bunga dan daun pepaya. Mendengar dari bahan dasarnya, banyak orang yang mengernyit kan dahi mengidentifikasikan rasa bunga dan daun papaya yang pahit.

Meski pahit tapi ternyata bunga dan daun pepaya punya sejuta manfaat. Di antaranya, dapat mencegah kanker, sebagai sumber antioksidan, menaikkan jumlah trombosit, mencegah radang sendi dan reumatik serta banyak manfaat lainnya. Eits, jangan salah, sayur khas Manado satu ini bisa juga loh, di inovasikan agar hilang rasa pahitnya.

Berbagai cara untuk menghilangkan rasa pahit dari si sayur garo bunga pepaya ini, dengan bahan-bahan serta bumbu yang gampang ditemui di dapur. Bahan utamanya adalah Garo bunga pepaya, dan daun papaya. Kemudian satu batang serai, empat lembar daun jeruk, satu lembar daun kunyit, satu senti meter ruas kunyit, satu ruas jahe iris, lalu santan segar. Bahan tambahan seperti bunga kincung sesuai selera, serta gula dan garam secukupnya.

Langkah pertama, dalam mengolah kudapan satu ini, cukup mengambil bunga dan daun pepaya yang sudah disiapkan. Lalu cuci bersih bunga dan daun  pepaya tersebut. Rendam bunga dan daun papaya dalam air garam seharian (atau sekitar enam jam) proses ini untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga dan daun pepaya. Kemudian cuci bersih, setelah itu remas-remas bunga pepaya dengan menggunakan garam secukupnya. Siap kan panci yang diisi dengan air secukupnya. Rebus air, tunggu sampai air mendidih. Jika air telah mendidih, rebus bunga pepaya dan daun pepaya yang sudah dibersihkan sampai layu. Angkat dan tiriskan. Ambil bagian putih serai. Kemudian, memarkan. Buang tulang daun jeruk. Lalu iris halus jahe. Halus kan semua bumbu halus seperti yang ditentukan di atas.

Hidangan Garo bunga pepaya adalah makanan tradsional yang sudah jarang orang memasaknya. Namun, tidak sedikit orang masih ingin memakan kuliner yang satu ini. Lebih nimkat lagi ketika sayur garo bunga pepaya dicampur dengan ikan teri dan udang rasanya tambah nikmat.

Kuliner ini enak disantap dengan nasi putih dalam kondisi hangat. Santap pula bersama dengan menu lainnya agar lebih berasa maknyus kalau kata pak bondan. Nah itu dia tips dan inovasi resep  hidangan garo bunga pepaya. Selamat mencoba sobat Pijar.

Redaktur Tulisan : Annisa Rahmi

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Nadia Lumongga Nst

Salad Buah, Pencuci Mulut Segudang Vitamin

Selain karbohidrat dan protein, tubuh kita juga membutuhkan nutrisi vitamin dan mineral sebagai zat pengatur fungsi tubuh. Kedua nutrisi tersebut dapat dipenuhi salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tidak diketahui jelas siapa yang memulainya, memakan buah dalam bentuk salad sudah menjadi tren sejak pertengahan 2018 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *