Home / Olahraga / PADU PADAN STIK DAN MUSIK DALAM OLAHRAGA POUND IT

PADU PADAN STIK DAN MUSIK DALAM OLAHRAGA POUND IT

Sumber Foto: POUND Rockout. Workout

Hidayat Sikumbang / Rassya Priyandira

Pijar, Medan. Olahraga Pound Fit merupakan inovasi baru Sobat Pijar untuk menurunkan berat badan. Pound Fit adalah aktivitas kardio yang menggunakan alat semacam stik dan musik sebagai media utamanya. Stik tersebut dinamakan dengan Ripstix dengan berat 0,45 kg. Pound Fit merupakan kombinasi dari pilates, kardio, dan drum. Olahraga ini mampu membakar hingga 900 kalori per jam. Tentunya olahraga Pound Fit dirancang untuk semua umur.

Selain untuk menurunkan berat badan, ternyata Pound Fit memiliki manfaat lain seperti menguatkan otot bagian tengah tubuh atau perut, meningkatkan sisten kekebalan tubuh, hingga membantu pemulihan terapi pasien selama menjalani terapi fisik.

Ada empat gerakan dasar dalam Pound Fit, yaitu set, lunges, kit, dan thigh and asset. Lalu dari empat gerakan dasar ini divariasikan kembali oleh instrukturnya. Di tingkat pemula, gerakan Pound Fit hanya ada empat transisi gerakan dalam satu lagu, sedangkan gerakan untuk advanced terdapat tujuh sampai delapan transisi gerakan dalam satu lagu. Lalu speed atau kecepatan transisi gerakan juga berbeda untuk pemula dan advanced.

Olahraga Pound Fit pertama kali digagas oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom di California, Amerika Serikat. Mereka menggabungkan gerakan seperti memukul drum dengan gerakan olahraga yang memanfaatkan seluruh otot badan.

Devina Wolayan, instruktur Pound Fit menjelaskan, “Pound Fit itu diciptakan di US tahun 2011, tapi baru masuk ke Indonesia akhir tahun 2016, dibawa oleh founder Sana Studio, Laila Munaf. Aku sendiri ambil license Pound bulan Januari 2017 di Adelaide, Australia. Sebelumnya aku nggak pernah ngajar dan nggak punya fitness background, tapi emang udah suka olahraga. Di Jakarta aku termasuk salah satu ‘angkatan’ awal-awal yang ngambil license Pound,” seperti yang dilansir dari laman femaledaily.

Untuk di Medan, olahraga ini bisa Sobat Pijar nikmati di berbagai gym yang berada di kota Medan dengan mengikuti kelas yang sudah disediakan. Salah satunya adalah Vizta Gym yang membuka kelas Pound Fit untuk pertama kalinya di kota Medan.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto : Google.co.id

Melakukan Pendakian untuk Mengenal Batas Diri

Melaksanakan kegiatan pendakian di gunung bukan hanya soal mencapai puncaknya, namun ada makna di setiap prosesnya. Belajar dari alam terbuka merupakan pengetahuan gratis yang bisa kita dapatkan dengan melakukan pendakian menuju puncak gunung. Keindahan alam akan sangat terasa, kebesaran Tuhan akan semakin nyata dan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *