Home / Berita / Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar: Merakit Kata Merangkul Massa
COVER

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar: Merakit Kata Merangkul Massa

Diva Vania

Pijar, Medan. Pers Mahasiswa Pijar Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada Rabu dan Kamis, 13 – 14 April 2019 di Aula Serbaguna FISIP USU. Kegiatan PJTD ini juga mengadakan kunjungan media yang bertempat di Harian Analisa dan Radio 96.3 Medan FM pada hari kedua.

Dengan mengusung tema ‘Merakit Kata Merangkul Massa’ kegiatan ini bertujuan sebagai wadah pembelajaran dan pelatihan bagi mahasiwa Ilmu Komunikasi untuk bisa mendalami dunia jurnalistik.

“Tujuan dari PJTD ini yaitu tidak lain adalah sebagai wadah pembelajaran dan juga pelatihan, pastinya juga bagi mahasiswa ilmu komunikasi untuk bisa mendalami dunia jurnalistik. Sesuai dengan temanya ‘Merakit Kata Merangkul Massa’ jadi kita berharap agar semua peserta yang mengikuti PJTD ini dapat merangkul masyarakat banyak melalui kata-kata atau tulisan yang mereka buat,” tutur Ahmad Syah Galang selaku Ketua Panitia.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut ini diikuti oleh peserta dari berbagai universitas. Selain dari Ilmu Komunikasi USU sendiri, peserta juga datang dari Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan Lembaga Pers Mahasiswa Neraca Politeknik Negeri Medan (Polmed).

Sesi tanya jawab peserta saat pelatihan jurnalistik di Kantor Harian Analisa, Kamis (14/03).
Sesi tanya jawab peserta saat pelatihan jurnalistik di Kantor Harian Analisa, Kamis (14/03).

Kegiatan PJTD di hari kedua diawali dengan foto bersama di Pendopo Mahasiswa FISIP USU. Setelah itu, panitia dan peserta bersama-sama berangkat menuju Harian Analisa, di Analisa peserta diberikan materi mengenai sejarah berdirinya Analisa Medan, proses percetakan koran dan materi seputar media cetak.

Selanjutnya, para peserta dan panitia bergerak menuju Merdeka Walk untuk istirahat makan siang dan sholat dzuhur bagi yang melaksanakan. Kegiatan PJTD ini diakhiri dengan berkunjung ke media terakhir, Radio 96.3 Medan FM. Acara berakhir pada pukul 17.00 WIB dan ditutup dengan foto bersama peserta dan panitia.

Rama, sapaan akrab Achmadsyah Galang Ramadhan selaku ketua panitia berharap agar kedepannya Pijar dapat terus menyelenggarakan kegiatan serupa ditahun-tahun berikutnya, “Harapanku semoga saja Pijar dapat mengadakan lagi PJTD tahun depan, semoga kami dapat mengundang pemateri yang lebih handl lagi dan semoga kunjungan medianya menjadi tambah seru lagi.”

Sementara, Nadri Filika yang berasal dari Lembaga Pers Dinamika UINSU selaku peserta mengaku puas dengan rangkaian acara yang diikutinya selama dua hari berturut-turut ini, “Bagus ya, dari pertama acaranya teratur, semuanya kedapatan pelatihannya dari hari pertama hingga kedua, dari analisa hingga ke radio ini.”

“Saya berharap semoga Pijar mengadakan PJTD yang lebih baik lagi, dan kedepannya dapat berkunjung ke tiga media. Nggak hanya ke media cetak dan radio, tapi ke media televisi juga, “ ujar Nadri puas.

Redaktur Tulisan : Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Ade Khairani

Harapan Baru Pers Mahasiswa Pijar USU

“Jika kamu tidak mengendalikan waktu dan kehidupanmu, maka kamu yang akan dikendalikan. Jika kamu tidak memprioritaskan dirimu sendiri, maka kamu akan terjatuh, jatuh, dan terus jatuh,” Michelle Obama, mantan Ibu Negara Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *