Home / Jalan-Jalan / Salad Buah, Pencuci Mulut Segudang Vitamin
Fotografer: Nadia Lumongga Nst
Fotografer: Nadia Lumongga Nst

Salad Buah, Pencuci Mulut Segudang Vitamin

Nadia Lumongga Nasution

Pijar, Medan. Selain karbohidrat dan protein, tubuh kita juga membutuhkan nutrisi vitamin dan mineral sebagai zat pengatur fungsi tubuh. Kedua nutrisi tersebut dapat dipenuhi salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tidak diketahui jelas siapa yang memulainya,  memakan buah dalam bentuk salad sudah menjadi tren sejak pertengahan 2018 lalu.

Salad buah pada umumnya terdiri dari buah-buahan yang kaya akan serat seperti apel, pir, anggur, jeruk, semangka, mangga, dan alpukat. Potongan dari berbagai buah ini akan dilumeri mayones dan parutan keju. Namun, tahukah sobat Pijar, kalau mayones pada salad buah dapat menghilangkan manfaatnya?

Dilansir dari alodokter.com, dr. Kevin Adrian mengatakan, “Untuk mengambil manfaat salad buah, tidak dianjurkan disajikan menggunakan mayones. Mayones memang membuat salad makin lezat, namun dressing tambahan ini mengandung lemak dan kalori tinggi. Solusinya, ganti mayones dengan yoghurt. Yoghurt mengandung kalsium dan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan”.

Salad buah memang mengandung banyak vitamin karena terdiri dari beragam buah. Selain kaya akan serat, ada jeruk yang kaya akan vitamin C, Anggur yang kaya antioksidan, Mangga mengandung lycopene yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah, dan alpukat yang sehat untuk jantung serta manfaat-manfaat lainnya.

Mengikuti tren, salad buah kini juga diberi topping tambahan seperti coklat dan oreo. Salad dengan varian berbeda ini dapat sobat Pijar temui salah satunya di Salad Buah Bang Ugha. Bang Ugha sendiri telah memiliki 3 outlet dan utamanya di Jalan Karya Utama Johor. Menu favorit dari Bang Ugha ini adalah salad buah original dan salad buah oreo keju.

“Kepikiran pertama karena main ke Bandung. Kulineran di sana terus lihat di sana banyak banget salad buah tapi di Medan gaada, ada juga mungkin belum booming. Jadi pingin ciptain sesuatu yang beda terus jadi nomor satunya usahanya (di Medan) hehe,” ucap Bang Ugha, pemilik Salad Buah Bang Ugha.

Sofie, salah satu mahasiswi yang tiap minggunya menyantap salad buah mengatakan, “Aku suka salad buah karena makanannya sehat tapi tetap bisa dinikmati dengan topping yang beraneka ragam. Apalagi aku suka keju dan salad buah bang Ugha ada kejunya”

Tapi, salad buah dianjurkan hanya dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut dengan kuantitas 1porsi/hari. Bila terlalu banyak, menyebabkan anak kehilangan nafsu makan akibat  banyak mengonsumsi gula. Selain itu juga dapat mencetus diare.

Redaktur Tulisan : Annisa Rahmi

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: https://sajiansedap.grid.id

Jongkong, Takjil Khas Masyarakat Melayu yang Menggoda.

Jongkong banyak disukai karena rasanya yang manis dan gurih. Juga teksturnya lembut sehingga memanjakan orang yang menikmatinya. Harga jongkong sendiri bisa dibilang termasuk murah berkisar Rp8.000-Rp10.000 per bungkusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *