Home / Hiburan / Film / Belajar Arti Keluarga dari “Dumbo”

Belajar Arti Keluarga dari “Dumbo”

Sumber: new1027.radio.com

Nadia Lumongga Nasution

Pijar, Medan. Lagi, Disney merilis film-film yang sebelumnya dibuat dalam bentuk animasi menjadi live action. Dumbo yang disutradarai Tim Burton menceritakan kisah Holt Farrier yang meninggalkan dunia militer dan kembali menjadi bagian dari sirkus Medici Brothers’ milik Max Medici.

Pada penampilan terdekat, sirkus menjanjikan akan menampilan Baby Jumbo (sebutan untuk bayi gajah). Tiba saat yang dinantikan, orang-orang terkejut saat Baby Jumbo lahir dengan daun telinga yang sangat besar dari ukuran biasanya. Max pun meminta kepada Holt, saat hari pertunjukan jangan ada yang sampai melihat telinga Baby Jumbo.

Baby Jumbo pun diasingkan di dalam kandangnya, Milly dan Joe, anak Holt Farrier lah yang selalu menemani. Milly sedikit berbeda, ia lebih tertarik pada ilmu pengetahuan dibandingkan sirkus. Melihat Baby Jumbo murung, ia dan adiknya pun melakukan eksperimen dengan kacang dan bulu hingga tiba-tiba Dumbo terbang. Milly dan Joe segera melaporkan kejadian tadi kepada ayahnya, namun sayang tidak digubris.

Hari pertunjukan tiba, Baby Jumbo masuk sebagai pembuka. Di sinilah awal nama “Dumbo” tercipta, Baby Jumbo yang berada di kereta dorong tidak mau melakukan aksi apapun. Baby Jumbo terus disoraki, seseorang melempar makanan yang membuat tulisan di kereta dorongnya berganti, semula “Dear Baby Jumbo” menjadi “Ear Baby Dumbo”. Di saat bersamaan pengikat kepala Dumbo lepas dan memperlihatkan telinga besarnya itu. Penonton pun menyorakinya dengan Dumbo (Bodoh). Di lain tempat, Mama Jumbo berada di kandang dan terus diganggu oleh seseorang yang mencemooh anaknya hingga Mama Jumbo ikut memasuki arena sirkus. Pertunjukan pun berujung kacau karena gajah-gajah mengamuk dan menewaskan satu orang, Griffin, pengganggu yang menggangu Mama Jumbo.

Max menyalahkan Mama Jumbo atas kekacauan malam itu, ia memutuskan untuk mengembalikkan Mama Jumbo ke tempat asalnya. Dumbo pun sedih, Milly dan Joe menghibur dan menjanjikan akan mengembalikan Mama Jumbo jika Dumbo mau melakukan atraksi. Di pertunjukkan berikutnya, Dumbo sukses terbang dihadapan penonton, media pun mengabadikan momen ini hingga VA Vandevere, pengusaha asal New York melirik dan mengajak Medici Brothers’ bekerja sama.

Awalnya Max menolak, namun akhirnya ia tergiur karena Vandevere menjanjikan tempat tinggal yang layak untuk seluruh pemain sirkusnya. Berubah 180 derajat, sirkusnya kini berada ditengah kawasan elit. Tetapi untuk pertunjukan, Vandevere menuntut Dumbo terbang dengan Colette, wanitanya. Latihan berjalan lancar, tetapi berbeda di hari pertunjukan jaring pengaman tidak disiapkan yang membuat Dumbo takut. Di saat seharusnya Dumbo terbang ditengah-tengah penonton, ia malah terbang keluar arena karena mendengan suara Mama Jumbo di arena lain.

Film Dumbo dalam bentuk animasi tayang pada tahun 1941. Perbedaan yang sedikit menonjol dari film re-make ini ialah Dumbo memiliki peran aktif tetapi seolah tidak menjadi pemeran utama karena didominasi manusia. Walaupun begitu film ini tetap menjadi film keluarga dan bisa ditonton oleh segala usia.

Lewat film Dumbo, banyak hal yang dapat kita pelajari tentang keluarga. Hubungan Dumbo dan ibunya yang membuktikan anak juga bisa melakukan apapun demi bertemu ibunya, Holt dan anak-anaknya, mendekatkan diri pada anak itu penting agar bisa lebih mengenal dan mengetahui impian sang anak., dan Max Medici yang selalu menganggap semua yang di sirkus adalah keluarga. Bukan hanya itu, film ini juga memberi tahu kita bahwa hewan sepatutnya tinggal di habitatnya.

Film Dumbo diperankan oleh Collin Farell, Danny deVito, Michael Keaton, Nico Parker, Eva Green, dan banyak lagi. Film ini juga meraup penghasilan yang cukup besar, USD 170 juta, tapi sayang rating IMDb nya hanya 6.6/10.

Redaktur Tulisan : Annisa Rahmi

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: google.com

A Whole New World, Sebuah Lagu dari Negeri Dongeng

Pada Mei 2019, Disney merilis live action dari film kartun tersebut dengan Zayn Malik dan Zhavia Ward yang menyanyikan soundtracknya. Tak hanya filmnya yang digemari masyarakat dunia, namun lagunya juga sukses mendulang banyak penggemar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *