Home / Berita / English Open Your World Bersama Skinny Fabs
IMG-20190421-WA0001

English Open Your World Bersama Skinny Fabs

“Bagaimana bisa kamu menjadi bagian dari suatu perubahan di dunia ini, jika kamu tidak bisa menguasai bahasa dunia” – Skinny Fabs

Tasya Nandita

Pijar, Medan. Seperti bahasa Indonesia yang digunakan sebagai alat komunikasi seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai beragam bahasa daerah, dunia pun sama. Diperlukan satu bahasa yang mampu mengkomunikasikan kita dengan masyarakat di penjuru dunia lainnya.

Siapa yang tidak ingin punya pengalaman berbincang dengan orang asing? Bertukar pengalaman tentang budaya masing-masing negara.  Sebagai Lingua Franca atau bahasa dunia, bahasa Inggris merupakan media komunikasinya. Lebih 54 negara di dunia dan 27 entitas non negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai resmi.

Dewasa ini, untuk dapat bersaing dengan urusan dunia terutama kita yang sudah memasuki era Industri 4.0,  orang-orang sangat merasa perlu berbahasa inggris. Pengaruh globalisasi dimana sekat yang membatasi teritori suatu negara sudah dapat ditembus melalui aspek lain seperti pendidikan, kebudayaan hingga dunia kerja. Di era yang serba canggih ini, bahasa inggris memang dianggap sangat vital.

Berdasarkan hal itulah, Ikatan Mahasiswa Sastra Inggris (IMSI) Symposium menggelar acara “English Open Your World” pada sabtu, (20/4) di Gedung gelanggang mahasiswa. Acara ini mengundang Andhika Wira atau yang biasa kita kenal dengan nama Skinny Fabs. Ia adalah selebgram dan youtuber yang aktif membuat konten berhasa inggris, seperti english tips, english contraction words, dan banyak lainnya.

Dalam acara “English Open Your World” Skinny Fabs berbagi pengalaman, curhatan, dan tips bagaimana kita bisa menguasai dan gemar berbahasa Inggris dengan cara yang sederhana. “Practice Makes Perfect” yang merupakan kunci utama untuk dapat menguasai suatu hal, dalam hal ini yaitu berbahasa Inggris.

“Hal yang paling penting dalam berbasa Inggris adalah, kamu mengerti pesan apa yang mereka sampaikan dan kemudian kamu bisa membalas pesannya. Dalam hal ini Listening Skill menjadi fokus utamanya. Selanjutnya Speaking Skill yang harus diasah dengan rutin dan percaya diri. Karena jika aku tidak percaya diri saat berbahasa Inggris, aku tidak akan pernah selangkah lebih maju. Jadi, aku mulai melatih kemampuan bahasa Inggrisku dari rumah, bersama orang tua dan cermin. Kamu tidak akan pernah menguasainya jika kamu tidak mempraktekkannya,” Tutur Skinny Fabs kepada para peserta yang merupakan para pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa di Medan yang hadir pada acara tersebut.

Skinny Fabs juga memberikan tips kepada para peserta untuk gemar berbahasa Inggris dengan cara yang sederhana. Tipsnya adalah terapkan bahasa inggris saat kamu melakukan hal yang kamu sukai.

Jika yang suka bermain e-sport, gunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan teman dan lawanmu, karena game e-sport biasanya menghubungkan kamu dengan berbagai gamers dari berbagai belahan dunia.

Menonton film juga bisa menjadi alternatifnya, dengan memahami dialog percakapan antar tokoh, itu bisa menambah pengetahuan grammar and vocubalary dalam percakapan berbahasa Inggris. Dan yang paling terfavorit adalah berlajar berbahasa Inggris lewat lagu, di sini kita dapat belajar untuk bisa mengungkapkan perasaan kita dalam bahasa Inggris.

Menariknya, melalui acara ini, Rian Hidayat Siregar (Siswa SMA Negeri 21 Medan) meyadari betapa pentingnya berbahasa Inggris untuk kita dapat menguasai dunia pendidikan dan pekerjaan. Rian mengaku tips dari Skinny Fabs dapat memperlnacarnya untuk fasih dalam berbahasa Inggris.

“Tipsnya tadi dengan kita berlatih setiap hari, bisa melalui film, musik, dan novel, itu akan membuat kita belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan dan saya jadi banyak tau vocab dan grammar yang baru untuk saya pelajari,” terang Rian.

Redaktur Tulisan: Intan Sari

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hesmitha Eunike

Memulai Kehidupan Baru bersama Perayaan Paskah Psikologi 2019

Pijar, Medan. Mahasiswa Kristen Fakultas Psikologi USU menggelar perayaan Paskah pada Sabtu, (10/5) bertempat di Gereja IFGF Jalan Pasar Baru No. 24, Kel. Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *