Home / Berita / Seminar Nasional Kiat Masuk PTN, Himbau Siapkan Diri
IMG_20190331_152203

Seminar Nasional Kiat Masuk PTN, Himbau Siapkan Diri

Widya Tri Utami

­Pijar, Medan. Memasuki PTN favorit merupakan impian para siswa/i SMA tahun ketiga. Persaingan yang ketat dalam memasuki PTN pilihan menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa/i SMA tahun ketiga. Karena itu, Mahasiswa/i yang tergabung dalam program studi sastra melayu menyelenggarakan acara Seminar Nasional Kiat Masuk PTN di Era Digital & Try Out Akbar SBMPTN 2019 yang di adakan di Wiswa USU Jl. Universitas No. 26, Minggu (31/3).

Seminar Nasional PTN ini dibuka dengan hiburan tarian dan kata sambutan sekaligus membuka acara yang dibawakan oleh ibu Dr. Rozanna Mulyani, M.A selaku ketua program studi sastra melayu USU. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan try out SBMPTN. Setelah istirahat, acara pun dilanjutkan dengan sosialisasi pengenalan program studi sastra melayu USU yang dibawakan oleh bapak Dedy Rahmat Sitinjak, S.S., M.A, salah satu dosen  program studi sastra melayu USU.

Terdapat hiburan tari daerah khas melayu dan penampilan vokal solo yang dibawakan oleh mahasiswa asal Malaysia. Sesudah hiburan, seminar nasional PTN yang mendatangkan langsung pembicara Ripayandi David AJP atau yang akrab disapa Ripa AJP, motivator kiat masuk PTN pun dimulai. Dalam seminar ini, Ripa AJP tidak hanya menjelaskan jalur-jalur dalam memasuki PTN favorit, tetapi juga memberikan tips-tips nya untuk para peserta yang hadir agar dapat diterima di PTN favorit serta sesi tanya jawab seputar PTN.

Saat seminar pemateri menjelaskan bahwa “Perjuangan kalian hari ini kalau kalian lebih paksa lebih letih lagi supaya hasilnya betul-betul dapat memuaskan kalian. Apapun jurusan yang kalian ambil, jurusan kuliah yang kalian kuliahi semua punya potensi sukses. “ jelas Ripa AJP saat seminar berlangsung. Dilakukan pula, rasionalisasi program studi bagi beberapa peserta seminar serta sesi tanya jawab seputar PTN.

Ripa AJP saat memberi motivasi kepada para peserta pada acara Seminar Nasional Kiat Masuk PTN di Era Digital & Try Out Akbsr SBMPTN 2019 di Fakultas Ilmu Budaya USU. (31/3) (Fotografer: Widya Tri Utami)
Ripa AJP saat memberi motivasi kepada para peserta pada acara Seminar Nasional Kiat Masuk PTN di Era Digital & Try Out Akbsr SBMPTN 2019 di Fakultas Ilmu Budaya USU. (31/3) (Fotografer: Widya Tri Utami)

Diumumkan pula ketiga juara try out SBMPTN yakni berturut dari peringkat pertama yaitu Wan Nadiya Salsabila Siregar, Maharani Auza, dan Zeny Afriska Barutu dari program saintek. Dari program soshum, dijuarai berturut dari peringkat pertama  Dwi Feriana, Defara Tria Arizki, dan Nurhikmah Awaliyah.

Pada tahun depan, panitia berencana untuk mengadakan kembali acara seminar dan try out seperti ini. Dr. Rozanna Mulyani M.A  selaku dosen pengajar program studi sastra melayu USU pun menilai. “Acara ini sangat bagus untuk diadakan dalam memotivasi dan melihat kemampuan siswa/i SMA dalam memasuki PTN yang diinginkan sekaligus mempromosikan program studi sastra melayu USU. Jadikan hari-harimu itu hari-hari yang belajar terus karena masih ada waktu bahas lah semua soal yang ada, insha Allah  bisa meningkatkan prestasi mereka lebih lagi.” Tuturnya.

Walaupun acara ini merupakan yang pertama kalinya diadakan, kepuasan tetap dirasakan oleh para peserta yang hadir tak terkecuali Muhammad Faifatul Lubis. Siswa yang jauh-jauh datang dari kabupaten Simalungun ini merasa puas tips-tips yang didapatnya. “ Bagus dan sangat memuaskan sekali. Karena dengan adanya ini, seluruh siswa yang ada di Sumatera Utara dapat termotivasi untuk masuk PTN.” Ujarnya. Diakhir acara, panitia memberikan penghargaan kepada Ripa AJP atas kontribusinya dalam acara tersebut.

Redaktur Tulisan : Annisa Rahmi

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Apresiasi Musisi Melalui Record Store Day

Record Store Day adalah suatu rangkaian acara yang diperingati oleh seluruh dunia untuk merayakan hari rilisan fisik dalam hal musik, seperti compact disc (CD), kaset, dan vinyl atau piringan hitam. Di Indonesia sendiri dilaksanakan di 3 kota, yaitu Medan, Yogyakarta, dan Jakarta. Untuk kota Medan sendiri, sudah berlangsung sejak tahun 2013 lalu dalam melaksanakan acara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *