Home / Berita / Mahasiswa Sumatera Asah Pola Pikir di Ngabuburit Ala XL Future Leaders Medan
FOTO 2

Mahasiswa Sumatera Asah Pola Pikir di Ngabuburit Ala XL Future Leaders Medan

Novi Handayani

Setiap menjelang berbuka puasa, ngabuburit merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh setiap orang. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan, namun berbeda dengan ngabuburit ala XL Future Leaders (XLFL) Medan kali ini, mereka mengadakan sharing session yang bermanfaat di Bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan di GH Corner, Jalan Dr. Mansyur Medan, pada Sabtu (26/05) dari pukul 16.00.

Ngabuburit ala XLFL merupakan rancangan program kerja BPH XLFL. Kegiatan ini merupakan murni dari XLFL karena inti yang dibahas mengenai internalnya XLFL. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk mempromosikan XLFL kota Medan. Pelaksana kegiatan ini merupakan awarding XLFL dari angkatan 2017 dan 2018. Peserta ngabuburit bareng XLFL berjumlah kurang lebih 20 orang, mereka berasal dari kampus Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, dan Universitas Malikussaleh.

Dengan bertajuk tema “No Tobaco (Not Afraid to be Confident)” yang bermaksud bahwa di sesi diskusi kali ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana cara meminimalisir rokok serta mengangkat regulasi merokok di kendaraan denda Rp. 750.000,-. Hal ini melatih peserta  meningkatkan efektivitas komunikasi dan berpikir kritis mereka terhadap pokok permasalahan yang dibahas dari segi plus dan minusnya.

Di kegiatan kali ini peserta juga bisa merasakan bagaimana rasanya jadi anak XLFL selama 2,5 jam, mereka diajarkan kompetensi di dalam XLFL seperti efektivitas komunikasi serta bagaimana managing change, entrepreneur and innovation para peserta. Tak lupa, mereka memberi tips dan trik kepada peserta bagaimana agar bisa mendapatkan beasiswa XLFL ini.

 Para peserta mencoba presentasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka pada acara Ngabuburit Ala XLFL di GH Corner. (25/5) (Fotografer: Novi handayani)
Para peserta mencoba presentasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka pada acara Ngabuburit Ala XLFL di GH Corner. (25/5)
(Fotografer: Novi handayani)

Rangkaian acara ngabuburit bareng XLFL yang pertama memperkenalkan apa itu XLFL, latar belakang XLFL berdiri, memperkenalkan bagaimana caranya bergabung di XLFL, bercerita mengenai eksistensi XLFL di dunia luar, serta sesi thinking tools yaitu berguna bagi mereka untuk melatih bagaimana memecahkan suatu masalah.

“XLFL di pulau Sumatera ini seperti kurang dikenal, jadi dibuat acara ini agar mahasiswa-mahasiswa Sumatera khususnya di Sumatera Utara banyak yang menjadi peserta penerima beasiswa XLFL ini, jadi karena banyak yang tau XLFL terus jadi join di XLFL,” tutur Rifa Salsabila selaku project leader ngabuburit bareng XLFL ini.

Della selaku peserta ngabuburit bareng XLFL mengatakan, bahwa dirinya beruntung mengikuti kegiatan ini. “Menurut aku acara ini bagus untuk diikuti, karena kami diajari bagaimana membuat perubahan pada diri sendiri, mencoba improve dalam segala hal, serta berpikir kritis yang tepat tapi kritis yang berani untuk confident bagi orang lain,” ujarnya.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Panitia Acara

Waspada Gelar Belanja Bersama Anak Yatim

Program Belanja Barang Yatim Piatu ini mengambil lokasi pasar tradisioanl sekaligus sebagai bentuk usaha memajukan pedagang kecil muslim. Sementara, pendamping dengan mengait komunitas dilakukan agar semangat berbagi bisa ditularkan kepada para anak muda yang tergabung dalam komunitas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *