Home / Berita / Peringati Hari Kebebasan Pers Dunia, PWI SUMUT Adakan Seminar di USU
IMG_2673

Peringati Hari Kebebasan Pers Dunia, PWI SUMUT Adakan Seminar di USU

Savira Dina

Pijar, Medan. Selasa, (30/4) DK PWI (Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia) Sumut menggandeng Persma Pijar dan Asian Agri untuk bekerjasamamenyambut World Press Freedom Day (WPFD) 2019 atau Hari Kebebasan Pers Dunia yang jatuh pada tanggal 3 Mei mendatang.

Seminar yang bertajuk “Pers Bebas yang Peduli HAM” ini digelar di ruang E 3.1 Gedung FISIP USU. Acara ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, baik dari perwakilan DK PWI Sumut dan juga dari Tokoh HAM Peduli Pers. Bukan hanya seminar, acara tersebut juga menjadi ajang penganugerahan yang diberikan oleh DK PWI Sumut kepada Tokoh HAM Peduli Pers, Majda El Muhtaj, M.Hum.

Sofyan Harahap selaku Ketua PWI Sumut mengatakan kiranya momentum WPFD 2019 ini bisa menjadi ajang introspeksi bagi semua pihak, termasuk internal pers, para elit politik dan pemegang kekuasaan untuk sama-sama menjaga kebebasan pers dan perlindungan kepada wartawan.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa kebebasan pers yang dimaksud adalah yang tidak menggunakan “kebebasan” dengan sewenang – wenang. Sajian media harus tetap mengacu pada Etika Profesi. Itu merupakan bagian dari kepedulian terhadap HAM.

War Djamil yang merupakan Sekretaris DK PWI Sumut juga mengatakan bahwa pertama kali di Indonesia sebuah lembaga pers yaitu Dewan Kehormatan Pers memberikan Anugerah Pers kepada Kepala Pusat Studi HAM, Majda El Muhtaj. Penghargaan yang diberikan DK PWI Sumut ini juga atas pertimbangan yang matang karena Majda El Muhtaj sendiri sudah 10 tahun bergerak di bidang ini dan sangat peduli terhadap pers.

Bapak Drs. H Sofyan Harahap selaku Ketua DK PWI Sumut dan juga narasumber, sedang menyampaikan materi yang bertema "Kebebasan Pers Kita". (30/4)  (Fotografer: Ainun Putri Lubis)
Bapak Drs. H Sofyan Harahap selaku Ketua DK PWI Sumut dan juga narasumber, sedang menyampaikan materi yang bertema “Kebebasan Pers Kita”. (30/4)
(Fotografer: Ainun Putri Lubis)

Majda El Muhtaj pun mengungkapkan bahwa ia sangat berterima kasih kepada DK PWI Sumut atas anugerah yang diberikan kepadanya. Ia mengungkapkan bahwa bidang yang sudah digelutinya sejak tahun 1999 ini, merupakan panggilan hati karena ia menemukan “kenikmatan” sendiri ketika ia bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ia miliki untuk menegakkan nilai – nilai kemanusiaan di Indonesia.

 “Dimana saat ini pers kampus adalah genrebaru di dunia media yang kita berharap melalui diskusi tadi, dapat menjadi transformasi ide, bahwa sesungguhnya kepatuhan kita kepada profesionalitas profesi sekalipun kita adalah jurnalis kampus melambangkan bahwa kita menghormati profesi atau predikat sebagai aktivis pers kampus yang berkualitas,” ungkap Majda El Muhtaj.

Acara ini pun menjadi salah satu wadah untuk memperoleh berbagai informasi baru yang didapat dari para narasumber yang memang sudah ahli dan juga menjadi pengalaman tersendiri bagi para peserta yang masih baru mengenai Hari Kebebasan Pers ini.

Eva salah satu peserta seminar yang juga merupakan Mahasiswi Ilmu Komunikasi USU juga mengatakan bahwa acara ini sangat menarik karena ia baru mengetahui bahwa ternyata jurnalis benar–benar dihargai di masyarakat. “Saya berharap acara ini lebih dikembangkan lagi supaya orang-orang tahu dunia jurnalis itu gimana,” harap Eva.

Redaktur Tulisan: Intan Sari

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Annisa Van Rizky

Gala Premiere Film Say I Love You bersama Aldi dan Kiki eks CJR.

Pijar, Medan. Gala premiere dan meet and greet bersama para film Say I Love You sukses digelar di Main Atrium Focal Point Medan, Jum’at (21/09). Kota Medan merupakan kota keempat yang menjadi lokasi roadshow setelah Jogja, Solo, dan Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *