Home / Berita / Perkenalkan Keelokan Ibu Pertiwi, Pers Mahasiswa PIJAR Selenggarakan Travel Earth

Perkenalkan Keelokan Ibu Pertiwi, Pers Mahasiswa PIJAR Selenggarakan Travel Earth

 

Arsy Shakila Dewi

Pijar, Medan. Pers Mahasiswa Pijar sukses menggelar seminar bertajuk “Travel Earth” dengan tagline Rekam Cerita Nusantara Melalui Vlog dan Blog. Tema ini dipilih dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April lalu. Acara ini juga ingin membagikan pengetahuan bagaimana merekam keindahan perjalanan kita melalui vlog dan blog agar orang lain dapat menikmati setiap perjalanan yang kita lakukan.

“Setiap orang punya perjalanannya masing-masing. Jadi kenapa kita gak ngebagiin perjalanan kita kepada orang lain melalui tulisan dan video agar orang lain dapat menikmatinya juga,” ujar Gabriella ketua panitia dari acara ini.

Seminar Nasional ini bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) pada Jumat (3/5). Menghadirkan Reza Pahlevi, seorang blogger dan memiliki julukan sebagai Presiden Ask.Fm Indonesia, membuat peserta antusias. Tak hanya Reza Pahlevi, pihak panitia acara seminar ini juga menghadirkan Sutiknyo. Ia merupakan salah satu vlogger yang terkenal di platform Youtube dengan kanal bernama Lostpacker.

Acara dimulai dengan pembukaan kata sambutan yang dilakukan oleh pembawa acara dan dilanjutkan oleh Pimpinan Umum Pers Mahasiswa Pijar yaitu Citra Relitna Ginting, diikuti oleh ketua panitia yaitu Gabriella serta perwakilan dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu Emilia Ramadhani.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang dibawakan oleh Reza Pahlevi sebagai pemateri pertama. Dalam materinya, Reza banyak menceritakan pengalamannya yang sudah mengelilingi 24 negara dan 15 provinsi di Indonesia. Ia pun memberitahukan bahwa di setiap negara yang ia datangi memiliki ciri khasnya masing-masing.

Reza Pahlevi pada saat memberikan materi mengenai Travelling dalam acara Seminar Nasional Travel Earth di Aula FISIP USU (3/5). (Fotografer : Hazlina Ganif Sihotang)
Reza Pahlevi pada saat memberikan materi mengenai Travelling dalam acara Seminar Nasional Travel Earth di Aula FISIP USU (3/5).
(Fotografer : Hazlina Ganif Sihotang)

Pemateri kedua dibawakan oleh Sutiknyo. Dengan segudang pengalamannya yang telah mengelilingi seluruh provinsi di Indonesia. Ia membagikan cerita perjalanan dalam sebuah blog dengan situs bernama lostpacker.com. Ia juga membagikan ceritanya dalam bentuk vlog. Dalam materinya, Ia banyak memberikan tips dan trik  dalam membuat sebuah vlog. Ia pun menampilkan salah satu vlog perjalanannya yang menunjukkan keindahan nusantara dan dipersembahkan untuk Ibu Pertiwi.

Hal ini membuat para peserta terharu akan indahnya narasi dari kedua vlog milik Sutiknyo dan ikut merasakan keindahan Nusantara di bagian belahan timur Indonesia. Acara ini ditutup oleh pengundian lucky draw yang langsung diundi oleh Sutiknyo.

Sutiknyo berharap semoga nantinya kampus-kampus di Indonesia lebih sering melaksanakan kegiatan-kegiatan positif seperti ini untuk memperkenalkan alam Nusantara. “Acaranya sudah bagus terus dan saya harap kedepannya bisa membuat acara yang menginspirasi orang lain. Semoga acaranya dapat diperbanyak dan diluaskan jadi tidak cuma dari vlogging, blogging dan sebagainya mungkin konten-konten kreatifnya  juga bisa diangkat (menjadi tema seminar),” ujar Sutiknyo.

Nabila, salah satu peserta acara seminar mengatakan agar durasi waktu acara diperpanjang dan bagi penanya diperbanyak tidak hanya satu orang saja. “Saya berharap acara ini bisa berlangsung lebih lama lagi sebab materi yang disampaikan sangat menarik. Untuk menambah agar acara ini lebih interaktif, semoga setiap peserta diberikan kesempatan yang lebih,” ujarnya.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hesmitha Eunike

Memulai Kehidupan Baru bersama Perayaan Paskah Psikologi 2019

Pijar, Medan. Mahasiswa Kristen Fakultas Psikologi USU menggelar perayaan Paskah pada Sabtu, (10/5) bertempat di Gereja IFGF Jalan Pasar Baru No. 24, Kel. Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *