Home / Lifestyle / Tips Sehat Menjalani Puasa Ramadan

Tips Sehat Menjalani Puasa Ramadan

Sumber foto : www.heart.org

Savira Dina

Pijar, Medan. Bulan Suci Ramadan tentu menjadi salah satu bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Selain merupakan  rukun Islam yang ketiga, ternyata beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa puasa memberikan manfaat fisiologis, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, perubahan pola makan selama bulan puasa, kadang kala memberikan efek ‘terkejut’ bagi tubuh kita. Sebenarnya menjaga agar tubuh tetap fit selama bulan puasa bukanlah hal yang sulit. Namun kebanyakan orang sering mengabaikannya.

Mengatur pola makan selama bulan puasa akan memberikan banyak nilai kebaikan, bukan hanya manfaat kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan psikologis. Jika semua nutrisi bisa dipenuhi dengan baik, maka tubuh akan tetap fit sepanjang bulan Ramadan dan berbagai gangguan kesehatan tidak akan menghalangi kita untuk berpuasa dan beribadah.

Setiap individu punya kebutuhan makan yang dibatasi sesuai keadaan fisik dan aktivitasnya. Jika seseorang makan melebihi kebutuhan fisiknya, yang terjadi selanjutnya ialah kelebihan kalori dari makanan akan disimpan menjadi lemak.

“Saat sahur sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga rasa kenyang akan terasa lebih lama atau bisa dikatakan rasa lapar tidak cepat datang. Sebaliknya saat berbuka dianjurkan mengonsumsi makanan yang cepat dicerna oleh tubuh dikarenakan tubuh membutuhkan energi baru,” ungkap Dosen Ilmu Gizi FKM UNPRI Medan, Abdul Wahab.

Kesalahan terbesar yang sering kita lakukan ketika sahur adalah memakan terlalu banyak karbohidrat. Namun tidak mencukupi kebutuhan protein. Pola makan seperti inilah yang sering kali membuat kita cepat merasa lapar. Selain kekurangan protein, kita juga kekurangan asupan serat. Dengan mencukupi kebutuhan protein dan serat maka proses pengolahan makanan di saluran pencernaan akan berlangsung lebih lama sehingga kita tidak cepat merasa lapar di siang hari.

Selain itu, hal yang wajib kita perhatikan adalah air putih. kita dianjurkan untuk meminum 2 liter air mineral dalam sehari. Puasa tidak akan mengganggu keseimbangan cairan, asalkan kita mencukupinya di waktu sahur hingga berbuka.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk meminum air putih dan juga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan dan sayuran. Karena pada dasarnya tubuh yang kekurangan cairan akan memicu terjadinya dehidrasi. Dan yang tidak boleh dilupakan juga, sebaiknya mengurangi minuman berkafein dan minuman bersoda selama bulan puasa karena memiliki efek diuretik yang membuat tubuh bisa lebih banyak kehilangan cairan.

Oh ya, Sobat Pijar juga jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya, agar tubuh kamu bisa tetap fit dan sehat selama menjalani ibadah puasa ini. Upayakan juga untuk tetap memperhatikan kondisi tubuh agar bisa menikmati bulan Ramadan ini dengan tubuh yang sehat tanpa merasa lemas. Selamat menjalankan ibadah puasa Sobat!

Redaktur Tulisan: Intan Sari

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: Google

Ikigai, Rahasia Menikmati Hidup Ala Jepang

Ikigai, satu kata berjuta makna. Jika kita selalu punya alasan untuk tidak bahagia, maka artinya kita juga selalu punya alasan untuk bahagia, setidaknya begitulah makna ikigai didefinisikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *