Home / Jalan-Jalan / Indahnya Berbuka Puasa Bersama di Masjid Al-Musabbihin
Fotografer: Widya Tri Utami
Fotografer: Widya Tri Utami

Indahnya Berbuka Puasa Bersama di Masjid Al-Musabbihin

Widya Tri Utami

Pijar, Medan. Bulan Ramadan disebut sebagai bulan yang penuh berkah. Semua orang menyambut bulan yang suci ini dengan suka cita. Apalagi, momen berbuka puasa bersama yang menjadi momen berkumpulnya sanak saudara dan keluarga.

Momen berbuka puasa bersama memang bisa dilakukan dimana saja seperti rumah maupun restoran. Tetapi, terdapat kesan tersendiri apabila kita merasakan momen buka puasa bersama di masjid. Rasa kebersamaan tidak hanya dapat kita rasakan bersama sanak keluarga dan saudara saja, namun juga dengan umat islam yang lainnya.

Tidak heran, banyak masjid di Medan menyediakan makanan berbuka puasa, salah satunya Masjid Al-Musabbihin yang terletak di Komplek Taman Setia Budi Indah (TASBI) I, Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. Kegiatan buka puasa bersama ini sendiri sudah dilaksanakan dari tiga tahun sebelumnya.

Ruangan yang full AC dan bersih disertai dengan interior yang sangat indah membuat kita sangat nyaman untuk beribadah di masjid ini. Dilengkapi pula dengan Al-Qur’an di setiap sudut tempat dan mukena bagi yang wanita. Kita juga dapat mengikuti tausiyah yang dilaksanakan setelah sholat tarawih, subuh, zuhur hingga maghrib setiap harinya di bulan Ramadhan.

Taman hijau yang menambah kesejukan di Masjid Al-Musabbihin. (Fotografer: Widya Tri Utami)
Taman hijau yang menambah kesejukan di Masjid Al-Musabbihin. (Fotografer: Widya Tri Utami)

Amir Hamzah Lubis, selaku nazir masjid Al-Musabbihin mengungkapkan bahwa setiap harinya, umat muslim yang ingin melaksanakan kegiatan buka puasa bersama di masjid ini kian bertambah. Pada hari pertama bulan Ramadhan, masjid ini dikunjungi oleh kurang lebih 700 umat muslim hingga pada pertengahan bulan Ramadhan, kunjungan umat muslim melonjak naik menjadi kurang lebih 1.200 umat muslim.

Namun, kegiatan buka puasa bersama di masjid ini tidak dilaksanakan sampai akhir bulan Ramadan melainkan hanya sampai hari ke-27 Ramadhan saja. Umat muslim yang datang ke masjid ini tidak hanya di dominasi oleh penduduk komplek TASBI. Selain itu, umat muslim dari Tebing Tinggi, Percut, Binjai, Deli Tua dan bahkan dari Langkat pun acap kali menyempatkan diri untuk hadir ke masjid ini.

Menu berbuka puasa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Berbagai macam menu bukaan disajikan di masjid ini seperti teh manis, sebotol air putih, takjil, bubur dan nasi kotak. Biaya dari menu berbuka puasa ini sendiri berasal dari donatur-donatur yang dikelola oleh ibu-ibu pengurus masjid.

“Buka puasa di sini bagus. Makanannya enak dan bervariasi juga,” tutur Nisa salah satu warga komplek TASBI.

Tak hanya berbuka puasa saja, sahur bersama pun akan dilaksanakan pengurus Masjid Al-Musabbihin pada 10 hari terakhir Ramadhan. Sehingga selain berbuka puasa, umat muslim pun dapat juga melaksanakan sahur bersama. Sembari menunggu, umat muslim dapat mengisinya dengan melakukan itikaf, sholat malam, tadarus Al-Qur’an maupun berzikir.

Tak mau kalah dengan pengurus masjid yang berjumlah hampir 28 orang, remaja masjid yang ikut mengelola masjid ini pun memiliki kegiatannya sendiri yang diperuntukan untuk para kaula muda yakni kegiatan tahfiz yang diadakan setiap pagi di hari Minggu.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0884

Hangout Bersama Kucing di Cat Cafe

Melalui namanya saja kita sudah mengetahui bahwa ini kafe kucing, tetapi bukan untuk kucing ya Sobat Pijar, melainkan kafe yang di dalamnya terdapat kucing. Cat Cafe hadir sebagai kafe kucing pertama yang ada di Medan, tepatnya pada bulan September lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *