Home / Olahraga / Membudayakan Hidup Sehat dengan Jumping Jacks

Membudayakan Hidup Sehat dengan Jumping Jacks

Sumber Foto: www.focusfitness.net

Shilva Devira

Pijar, Medan. Kesehatan adalah salah satu aspek terpenting dalam hidup, karena itu sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan kita. Banyak yang bingung ia harus memulainya dari mana padahal jika kita telaah lebih dalam langkahnya sangat sederhana, cukup dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur maka hidup sehat yang kita dambakan pun akan menjadi kenyataan.

Untuk Anda yang ingin memulai olahraga tapi tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, tidak usah khawatir karena ada banyak sekali pilihan olahraga yang dapat dilakukan dirumah dan tidak kalah manfaatnya dengan olahraga di pusat kebugaran, yang pastinya akan membuatmu sehat dan bugar jika dilakukan dengan benar.

Tapi, sebelum melakukan olahraga akan lebih efektif jika kita melakukan pemanasan terlebih dahulu, karena dengan pemanasan, otot-otot tubuh kita akan diberikan suatu aba-aba atau sinyal yang akan membuatnya siap untuk melakukan aktivitas yang lebih keras dari biasanya.

Untuk pemanasan sendiri banyak juga pilihan yang bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun  juga. Pemanasan juga dapat membuat kita mengeluarkan banyak keringat. Tapi tidak hanya itu, pemanasan juga bisa menjadi alternatif kita untuk menciptakan suatu olahraga yang menyenangkan. Salah satu pemanasan yang harus Anda coba yaitu Jumping Jacks. Apa itu?

Ini adalah salah satu pemanasan yang sangat menyenangkan dan memiliki banyak manfaat, melakukannya juga sangat efektif karena tidak memerlukan alat dan bisa dilakukan dimana saja kapan saja.

Cara melakukannya juga tergolong sangat  mudah, cukup dengan berdiri tegap, kemudian melompat dengan melebarkan kaki dan mengangkat kedua tangan ke samping hingga membentuk huruf V. Lompatan yang dilakukan pun tidak harus tinggi cukup dengan melompat biasa atau sekitar 7 cm dari atas tanah dan gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang dengan kurun waktu tertentu.

Apa saja manfaat dari pemanasan ini? Tidak perlu diragukan lagi,Jumping Jack memiliki sejuta manfaat.Pertama, meningkatkan kesehatan jantung. Jumping Jack adalah sebuah latihan cardio, dimana saat melakukannya jantung harus bekerja ekstra agar bisa memompa darah beroksigen keseluruh tubuh sehingga memberikan olahraga untuk jantung.

Manfaat lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Dengan melakukan lompatan-lompatan kecil saat melakukan Jumping Jack maka kalori berlebihan yang ada di tubuh kita akan ikut terbakar dan dapat membentuk otot, sehingga memberikan bentuk dan berat tubuh yang ideal dan disaat bersamaan pemanasan ini juga dapat melatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh dan membuat kita menjadi bugar.

Selain baik untuk fisik, Jumping Jack juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Pemanasan ini dapat menghilangkan stres dan membuat kita lebih bahagia, karena saat melakukan Jumping Jack otak akan menstimulasi pelepasan serotonin dan adrenalin yang merupakan hormon-hormon yang membantu mengatur mood dan membuat kita merasa bahagia dan menurunkan tingkat stres.

Nah, Sobat Pijar banyak sekali manfaat yang bisa kita dapati dari Jumping Jack. Hanya dengan melakukan pemanasan kita sudah bisa mendapat berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Jadi, tunggu apalagi mari jadikan Jumping Jack menjadi bagian dari olahraga kita.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto:  POUND Rockout. Workout

PADU PADAN STIK DAN MUSIK DALAM OLAHRAGA POUND IT

Pijar, Medan. Olahraga Pound Fit merupakan inovasi baru Sobat Pijar untuk menurunkan berat badan. Pound Fit adalah aktivitas kardio yang menggunakan alat semacam stik dan musik sebagai media utamanya. Stik tersebut dinamakan dengan Ripstix dengan berat 0,45 kg. Pound Fit merupakan kombinasi dari pilates, kardio, dan drum. Olahraga ini mampu membakar hingga 900 kalori per jam. Tentunya olahraga Pound Fit dirancang untuk semua umur.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *