Home / Olahraga / Jegal Spurs, Liverpool Angkat Trofi Liga Champions
(Sumber Foto: REUTERS)
(Sumber Foto: REUTERS)

Jegal Spurs, Liverpool Angkat Trofi Liga Champions

Kartika Oktarija Marito

Pijar, Medan. Liverpool akhiri musim paceklik gelar setelah mengandaskan asa Tottenham Hotspurs untuk menyabet gelar perdananya dengan skor 2-0 pada final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu (2/6) dini hari WIB. Obati luka lama saat ditekuk Real Madrid musim lalu, skuad the Reds berhasil bawa trofi keenam mereka pulang ke Anfield.

Belum semenit waktu bergulir, Sadio Mane menghadiahkan penalti untuk Liverpool selepas tendangannya membentur tangan Moussa Sissoko di area titik putih. Dipercaya sebagai eksekutor, Mohamed Salah sukses jebol gawang Hugo Lloris. Meskipun penguasaan bola skuad The Lilywhites mencapai 65 persen, nyatanya permainan anak asuh Juergen Klopp lebih efektif. Skor 1-0 bertahan hingga pluit babak pertama ditiup.

Usai turun minum, kedua tim kian agresif. Spurs beberapa kali melakukan serangan-serangan berbahaya di lini pertahanan Virgil van Djik. Beruntung penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, sedang dalam kondisi primanya. The Reds pun cukup membuat repot bek spurs dengan serangan balik cepat mereka.

Kopites (sebutan fans Liverpool, -red) baru bisa bernafas lega ketika striker pengganti, Divock Origi, berhasil menggandakan kedudukan di menit ke-87. Umpan matang Joel Matip diteruskan dengan apik oleh pemain Belgia tersebut. Sepakan kaki kiri Origi kembali mengoyak gawang Spurs.

Skor 2-0 ini mengunci kemenangan Liverpool sekaligus mengakhiri puasa gelar serta label ‘si pecundang yang malang’ pelatih The Reds, Klopp. Label ini didapatnya setelah tiga kali gagal membawa pasukannya mengangkat trofi juara, termasuk kegagalannya di final liga Champions musim lalu

Sekarang Klopp bisa menanggalkan julukan tersebut, dan sebaliknya, ia akan dikenal sebagai maestro yang mengembalikan Liverpool ke puncak kompetisi Eropa. Pelatih asal Jerman itu menjadi manajer keempat yang berhasil menukangi The Reds untuk mengangkat trofi Liga Champions setelah Bob Paisley, Joe Fagan dan Rafael Benitez.

Kapten Liverpool, Jordan Henderson, tidak dapat membendung rasa kagumnya kepada mantan pelatih Borussia Dortmund itu. Ia mengungkapkan Klopp memiliki andil yang sangat besar dalam kesuksesan mereka dan layak mendapat banyak pujian untuk semua kontribusinya. “Tanpa dia (Klopp), ini (juara Liga Champions 2018/2019) tidak mungkin terjadi,” ujar gelandang tim nasional Inggris itu dilansir dari situs resmi UEFA, Minggu (2/6).

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Tirto.Id

Takluk di GBK, Indonesia Lengah, Malaysia Tersenyum Merekah.

Pertama, pertandingan ini akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), kandang Indonesia di mana timnas akan mendapat dukungan penuh puluhan ribu pendukung fanatik dari timnas Indonesia yang sudah memadati isi stadion. Kedua, Indonesia dan Malaysia dalam sejarah setidaknya sudah 95 kali bertemu dalam berbagai pertandingan dalam segala ajang. Tim Merah Putih mendominasi dengan merebut 39 kemenangan. Sedangkan Malaysia memenangkan 35 laga dan sisanya sebanyak 21 pertandingan berakhir dengan skor imbang. Terlebih dalam dua pertemuan terakhir timnas Garuda dapat melibas timnas Malaysia dengan kemenangan skor telak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *