Home / Berita / Prepare Your Photoshop – Belajar Desain Bersama On The Stage
IMG-20190703-WA0003

Prepare Your Photoshop – Belajar Desain Bersama On The Stage

Intan Sari

Pijar, Medan. On the stage kembali mengadakan exclusive class dengan tema “prepare your photoshop” yang dibawakan langsung oleh  Ronaldi P. Sinulingga sebagai pemateri. Acara yang digelar di Setia Budi Center B1-B2 Medan ini berlangsung pada Sabtu (29/06) selama ± dua jam.

Penyampaian materi Class editing oleh Ronaldi P Sinulingga (29/11). (Fotografer: Arsy Sakila Dewi)
Penyampaian materi Class editing oleh Ronaldi P Sinulingga (29/11). (Fotografer: Arsy Sakila Dewi)

Alasan digelarnya acara ini adalah sebagai wadah pengembangan diri anak muda Kota Medan, khususnya untuk bidang industri kreatif, dimana bidang ini selalu membutuhkan tenaga desain grafis.

Acara yang dibuka untuk umum ini sudah berlangsung selama 9 kali dengan tujuan untuk menambah pengetahuan peserta mengenai desain grafis dasar. Menurut Ronaldi, desain grafis bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dipelajari, sebab ia sendiri pun mengaku lebih banyak belajar otodidak daripada belajar di kelas.

“Saya pertama kali belajar desain grafis itu, waktu kelas 1 SMK, setelahnya saya lebih banyak sendiri, sebenarnya belajar desain ini yang penting niat dan kemauan serta latihan terus menerus, lama-lama kita akan terbiasa,” kata Alumni SMK Negeri 9 Medan ini.

Selama kelas berlangsung, Ronaldi banyak mengajarkan mengenai materi dasar-dasar photoshop, seperti mengenal bagian ruang kerja photoshop, kegunaan layer, fungsi tool, serta melakukan praktik editing sederhana.

Selain itu, dalam materinya Ronaldi juga menyelipkan bahan mengenai tipografi. Mulai dari jenis-jenisnya, hingga bagaimana memilih huruf yang tepat untuk suatu desain tertentu.

Kegiatan exclusive class ini tidak hanya mengajarkan teori mengenai desain dan dasar-dasar photoshop namun juga peserta diajak praktik langsung untuk membuat sebuah desain sederhana.

“Acara bagus, jadi bisa belajar desain grafis dengan mudah dan sederhana, harapannya setelah ini saya jadi bisa praktik langsung di rumah,” kata Dea, salah satu peserta desain.

Sementara Ronaldi selaku pemateri berharap On the Stage terus membuat kelas-kelas yang bermanfaat seperti ini ke depannya. “Harapan saya sih, OTS terus menerus membuat kegiatan seperti ini, karena kan skill desain ini sangat dibutuhkan di masa sekarang, dan semoga apa yang saya ajarkan hari ini dapat memberi manfaat untuk peserta semua,” harap Ronaldi.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Lestarikan Budaya Melayu Bersama FIB USU

Mahasiswa Program Studi Sastra Melayu Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) melaksanakan Festival Budaya Melayu II dengan tajuk acara “Revitalisasi Budaya Melayu Di Zaman Milenial” yang termasuk kedalam rangkaian Dies Natalis Fakultas Ilmu Budaya USU ke 34 pada Senin (14/10) bertempat di pelataran parkir FIB USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *