Home / Jalan-Jalan / Rujak Aceh, Paduan Kesegaran yang Nikmat

Rujak Aceh, Paduan Kesegaran yang Nikmat

Sumber foto: https://m.bukalapak.com/p/food/makanan/it9kh2-jual-rujak-aceh

Aisha Tania Sinantan Sikoko

Pijar, Medan. Era sekarang siapa sih yang tidak tahu rujak itu apa? Makanan tradisional ini tetap eksis di berbagai kalangan masyarakat. Tapi pada tahu tidak, kalau rujak itu banyak macamnya? Ada Rujak Cingur, Rujak Petis, Rujak Shanghai, Rujak Serut, dan masih banyak lagi.

Rujak yang paling umum diketahui masyarakat adalah rujak buah. Rujak buah pada umumnya terdiri dari beberapa jenis buah-buahan yang disiram bumbu rujak berupa saus kental hitam bertabur kacang tanah. Rasa dari perpaduan buah dan bumbu rujak ini menciptakan rasa manis, pedas, dan juga asam di lidah.

Diantara macam-macam rujak yang telah disebutkan ada satu rujak lagi yang tidak kalah terkenal dan nikmat yaitu Rujak Aceh. Rujah aceh ini cukup serupa dengan rujak buah, perbedaannya terdapat pada jenis buah dan bumbu rujaknya. Buah yang digunakan pada Rujak Aceh tidak sebanyak rujak buah pada umumnya. Buahnya hanya terdiri dari bengkuang, pepaya muda, mentimun, nanas, mangga muda, dan kuini

Kunci utama pembeda antara Rujak Aceh dengan Bujak Buah biasanya terletak pada bumbu rujaknya. Berbeda dengan Rujak Buah dimana bumbunya kental dan berwarna hitam, bumbu Rujak Aceh lebih cair dan berwarna keoren-orenan. Warna oren ini didapat dari kuini yang dicampur dengan air, cabai yang sudah dihaluskan, serta gula sehingga tidak heran jika ada terkadang rujak aceh juga disebut rujak kweni.

Penyajian Rujak Aceh juga berbeda ditiap daerah. Ada yang menggunakan kacang tanah yang telah dihancurkan dan ada yang tidak. Ada yang menyantapnya dengan kolang-kaling dan ada yang tidak. Semua tergantung selera dan inisiatif pribadi.

Saat disantap Rujak Aceh ini menghasilkan kesegaran yang bercampur pedas dan manis di lidah, tetapi sedikit asam pula. Rujak Aceh ini akan semakin nikmat jika disantap dalam keadaan dingin. Selain menyegarkan, rujak aceh ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan karena buah-buah di dalamnya banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh.

Untuk wilayah Medan, tidak terlalu banyak gerai yang menjual Rujak Aceh secara khusus. Namun ada beberapa rumah makan menyajikan Rujak Aceh dalam menunya. Salah satu toko yang menjual rujak aceh secara khusus adalah Rujak Aceh LLF,  terletak di Jalan Mojopahit No.28C dan buka pukul 08.00-19.00 WIB.

Satu cup Rujak Acehnya sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp20.000. Tidak hanya itu, mereka juga menerima pesanan untuk keluar kota dengan kotak. Jadi kamu tidak perlu repot jika ingin membawanya keluar kota. Selamat mencicipi sobat Pijar!

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Ronaldo Hafizh

Menikmati Empuknya Si Bakpao Muslim

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia sudah kenal dengan bakpao. Makanan yang memiliki tekstur empuk dan kenyal ini cocok di lidah masyarakat Indonesia dengan berbagai varian rasanya ditambah lagi dengan harganya yang sangat pas di kantong kita. Inovasi tentang bakpao sudah banyak berkembang salah satunya Bakpao Muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *