Home / Berita / Discoverme Membantu Anak Muda Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja
Fotografer: Eprince Tamba
Fotografer: Eprince Tamba

Discoverme Membantu Anak Muda Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja

Eprince Tamba

Kenali dirimu, kenali masa depanmu: ketika kita sudah mengenali diri kita, kita tahu arah tujuan hidup kita”

-Discoverme Medan-

Pijar, Medan. Setelah menyelesaikan pendidikan bangku perkuliahaan (baca: Strata 1), pada akhirnya setiap orang akan memasuki babak baru dalam kehidupan, yaitu dunia kerja. Mendapatkan pekerjaan sesuai impian sebagai wadah mempraktikan ilmu adalah mimpi bagi setiap orang. tak ayal banyak orang berbondong-bondong melempar lamaran untuk satu tujuan yaitu mendapatkan pekerjaan.

Untuk itulah Biro Psikologi Discoverme Career Development menggelar Career Preperation 101: Pelatihan dan persiapan memasuki dunia kerja yang diadakan pada, Sabtu (10/8) di Gedung Prudential Lantai 4, Jalan Taruma No 17a-b.

Mendatangkan narasumber seorang Psikolog, Theresia Anggreini Sintauli Panggabean, M.Psi. kegiatan ini dibuka dengan simulasi pengisian riwayat hidup dan resume tertulis perusahaan, yang bertujuan untuk mengenali karakter pribadi seseorang melalui jenis tulisan tangan peserta seminar.

Bukan hanya itu, setiap peserta juga diizinkan untuk mengikuti dua kali masterclassHow to Build Your Own CV” dan “How to Deal With Interview (communication Skill)”. Sebelum akhirnya peserta dibawa praktik langsung sebagai simulasi pembuatan CV dan Persiapan wawancara oleh Kak Anggi, sebutan Akrab untuk Dosen Universitas Efarina Tersebut.

Kegiatan ini merupakan acara rutin yang akan diadakan oleh discoverme setiap minggunya. Discoverme sendiri merupakan sebuah layanan yang berpusat pada pengembangan diri dan assesment diri terkait dengan pilihan lanjutan studi dan pilihan kelanjutan pekerjaan yang memiliki fokus di dunia pendidikan dan karir.

Berawal dari rasa empati yang dimiliki, Michael Tan dan rekan akhirnya memutuskan memberikan edukasi dan pelatihan dengan tujuan untuk menyadarkan para pencari kerja dalam proses menemukan pekerjaan yang sesuai. Discoverme ingin membantu masyarakat supaya sumber daya manusia Indonesia khususnya Kota Medan agar jauh lebih berkembang lagi.

Mencari pekerjaan tidak selalu mudah, meski sudah mengikuti banyak jobfair, bahkan wawancara di berbagai perusahaan. Tetap saja, segalanya tidak semulus yang diharapkan. persiapan untuk dunia kerja diawali dari membuat Curiculum Vitae (CV) dan persiapan dalam wawancara khususnya penampilan saat wawancara.

 “Terkadang sebagai fresh graduate di awal lulus, masih bingung untuk melakukan persiapan diri dan mental. kurang persiapan diri, terlalu ingin terlihat baik, tidak menjadi diri sendiri dan ala kadarnya membuat sebagian besar orang tidak diterima dalam tahap wawancara. Kunci paling utama dalam mencari pekerjaan ialah kejujuran, apa adanya, tidak perlu ingin terlihat baik,” ungkap wanita berkacamata tersebut.

Dewasa ini keberadaan CV sangatlah krusial karena lewat CV perusahaan mendapat kesan pertama mengenai pribadi seseorang. Memiliki CV yang menarik akan membantu seseorang dalam mendapatkan pekerjaan idaman. Bagian yang tidak kalah penting lainnya adalah wawancara. Wawancara juga dipandang sebagai proses yang berharga bagi perusahaan untuk mengevaluasi karyawan mana yang potensial dan dibutuhkam oleh perusahaan.

 “Setelah dari kegiatan ini pengen langsung bikin CV yang baik karena kalau CV nya sudah okey kan, harapannya bisa diterima di perusahaan-perusahaan bergengsi karena punya kerinduan juga untuk melamar di luar negeri” Kata Angle, Mahasiswi National Cheng Chi University jurusan Financial Management.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_1349

Membangun Kreatifitas Mahasiswa Melalui Business Workshare Project

Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (IMPRODIAS) USU menyelenggarakan kegiatan Business Workshare Project ke-6 pada Rabu (13/11). Acara yang diadakan setiap tahun ini mengusung tema “Creative Preneur” dengan sub tema yaitu “Peran Milenial Pada Era Creative Preneur di Industri 4.0”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *