Home / Berita / Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara Peringati Hari Asadha
Fotografer: Aisha Tania Sinantan Sikoko
Fotografer: Aisha Tania Sinantan Sikoko

Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara Peringati Hari Asadha

Aisha Tania Sinantan Sikoko

“Infinity Stones dalam film Avengers itu kalau dikumpulkan bisa membentuk keseimbangan dalam hidup yang dikaitkan dengan Tiratana. Tiratana dalam buddhisme itu juga membentuk keseimbangan dalam hidup.”

Pijar, Medan. Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) kembali menggelar acara perayaan Hari Asadha 2563 B.E dengan mengusung “The Infinity Stones in Buddhism” sebagai tema acara tahun ini, acara ini berlangsung di Grand Ocean, Jalan Cemara Boulevard Utara No. 12 pada Minggu (4/8).

Perayaan Hari Asadha merupakan satu dari empat hari besar agama buddha yang juga salah satu program kerja tahunan dari KMB-USU. Hari Asadha sendiri memperingati tiga peristiwa penting, yaitu pembabaran khotbah pertama Sang Buddha kepada lima orang pertapa di Taman Rusa Isipatana, terbentuknya Sangha untuk pertama kali, serta lengkapnya Tiratana yang terdiri dari Buddha, Dhamma, dan Sangha.

Rangkaian acara terdiri dari kebaktian, kata sambutan oleh ketua panitia, ketua KMB-USU, pembina KMB-USU, persembahan tari saman, penampilan solo oleh Runner Up Buddhist Idol  2018, pemberian penghargaan kepada sponsor, pengumuman pemenang lomba perayaan Hari Asadha yang dilaksanakan pada Minggu (21/7), dhammatalk, dan ditutup dengan pemberkatan.

Persembahan Tari Saman dari KMB-USU (4/8) (Fotografer: Aisha Tania Sinantan Sikoko)
Persembahan Tari Saman dari KMB-USU (4/8) (Fotografer: Aisha Tania Sinantan Sikoko)

“Dalam hidup balance lebih mengarah pada kesenangan dalam hidup. Kenapa kami memilih itu? Karena tidak semua orang tahu jalan menuju kesenangan itu gimana sih. Mungkin ada yang udah senang dalam hidup tapi apakah itu betul atau gak kita enggak tahu, makanya kami sengaja memilih topik ini supaya mereka lebih terarah dalam menjalani hidupnya.”

Dhammatalk tahun ini turut mengundang Y.M. Bhikkhu Thanavaro Mahathera dan Nevie Vina, Agency Director Prudential, dan CEO Trading Company sebagai narasumber dan John Cholryson sebagai moderator membahas “Cause of Happiness”. Kedua narasumber menjelaskan dengan sekilas dan rinci tentang apa kebahagiaan itu juga cara untuk mencapainya.

Selama acara berlangsung, para peserta yang beragam mulai dari pelajar hingga orang tua terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang ada. “Kualitas kebahagiaan kita itu sangat ditentukan kualitas respon kita. Kualitas kebahagiaan kita jangan dikontrol oleh faktor eksternal,” jelas Nevie Vina saat menyampaikan materi.

“Jadi sesungguhnya sebuah kedamaian dalam hidup itu tercipta dari dalam diri kita, menyebar ke sanak keluarga kita, family kita, orang-orang dekat kita,” ucap Y.M. Bhikkhu Thanavaro Mahathera saat sesi dhammatalk.

“Semoga lebih banyak lagi sih yang bisa join acara ini karena acara ini bagus juga untuk kita sebagai umat buddhis tahu lebih jauh tentang Asadha gitu dan emang umumnya kita sebagai umat buddhis merayakan hari suci ini,” harap Felix salah satu peserta dhammatalk.

 Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Fotografer: Talitha Nabilah)

PKKMB Fakultas Pertanian USU Tekankan Pentingnya Berorganisasi

Star Yeheskiel Munthe Pijar, Medan. Awan mendung turut mewarnai suasana Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *