Home / Berita / PKKMB Fakultas Ilmu Budaya USU Tekankan Mahasiswa Berkarakter BINTANG
IMG_9832

PKKMB Fakultas Ilmu Budaya USU Tekankan Mahasiswa Berkarakter BINTANG

Akbar Gading

Pijar, Medan. Ribuan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) duduk berkumpul di Gedung Pancasila USU sembari mendengarkan pembawaan materi dari dosen FIB, Tina Silvana. Dalam materinya, sang dosen menyebutkan bahwa mahasiswa baru harus menjadi mahasiswa yang berkarakter BINTANG (Beriman, Inovatif, Tangguh, dan Arif) serta berkesadaran lingkungan di Universitas Sumatera Utara agar nantinya menjadi SDM yang unggul.

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FIB 2019 hari kedua ini dilaksanakan di Gedung Pancasila, Selasa (20/8). Di hari kedua ini mahasiswa diajak untuk mengenal kegiatan dan pelayanan akademik di Fakultas, penyampaian materi mengenai mahasiswa yang berkarakter bintang, serta pengenalan beberapa UKM yang berada di lingkungan FIB.

Terdapat ±1200 mahasiswa baru dari 14 jurusan yang mengikuti kegiatan ini. Para mahasiswa baru tersebut duduk rapi berjajar sesuai dengan barisan jurusannya masing-masing. Mereka dengan tertib dan interaktif mengikuti berbagai arahan dalam kegiatan ini.

Kegiatan PKKMB ini sejatinya adalah agenda tahunan penyambutan mahasiswa baru FIB yang wajib digelar. Tujuannya adalah agar mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan mengenal kehidupan kampus yang akan mereka jalani. Selain itu PKKMB ini diharapkan dapat membentuk hubungan harmonis antara senior dengan juniornya agar sama-sama berproses dan saling mengenal satu sama lain.

Ketua panitia PKKMB FIB 2019, Osean Andreas Napitupulu mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi pembuka jalan untuk adik-adik mahasiswa baru agar mampu berproses dengan baik di kampus sehingga mereka mengetahui arah akan kemana mereka selanjutnya.

“Saya berharap agar para mahasiswa baru bisa mengenal senior mereka, supaya dapat bahu membahu menjalankan kehidupan kampus untuk ke depannya,” katanya.

Peserta PKKMB sedang menyantap makan siang bersama (21/08) (Fotorgafer: Talitha Nabilah)
Peserta PKKMB sedang menyantap makan siang bersama (21/08) (Fotorgafer: Talitha Nabilah)

Di sela-sela kegiatan PKKMB ini, terdapat juga games menarik yang menggelak tawa dari para mahasiswa baru. Peserta diajak untuk berjoget berpasangan sambil menjaga balon yang ditahan dengan kepala agar tidak pecah dan diiringi dengan iringan musik. Selain itu mereka juga membuat yel-yel jurusan masing-masing dan diperagakan dengan semangat.

Para mahasiswa baru juga diberi materi mengenai bahaya pergaulan bebas, Napza, dan Pornografi. Tak lupa pula terdapat wawasan kebangsaan yang dibawakan oleh Drs. Wara Sinuhaji, mengingat Indonesia baru saja merayakan kemerdekaannya yang ke-74 tahun.

Ferdy Nanda Satria, salah satu peserta PKKMB FIB 2019 mengaku merasa senang selama mengikuti kegiatan ini. Ia merasakan keseruan dalam kegiatan ini. Ia juga senang bisa mendapat banyak teman baru dan juga senior-senior yang baru ia kenal. “Rasanya senang, seru, dapat banyak kawan dan senior. Acaranya juga menarik, ada seminar, games, senam ahooi, pawai UKM dan wawancara. Yang paling menarik itu senam ahooi dan pawainya sih, karena ramai sekali mahasiswa baru lainnya yang ikut kegiatan ini. Seru sih ini,” kata mahasiswa baru Sastra Inggris ini.

Berkenaan dengan kemerdekaan Indonesia ke-74 yang baru saja digelar pada 17 Agustus lalu, mahasiswa FIB, baik Osean dan Ferdy berharap agar mahasiswa agar selalu senantiasa mengambil peran dalam menjaga kemerdekaan Indonesia. Osean berharap agar mahasiswa dan seluruh lapisan masyarakat dilibatkan dalam pengambilan keputusan-keputusan agar berpihak pada kepentingan masyarakat. Sedangkan Ferdy dalam kemerdekaan Indonesia ke-74 ini ia bercita-cita untuk mampu berbagi ilmu dengan masyarakat khusunya melalui kemampuan bahasa inggris yang ia miliki.

Redaktur Tulisan: Intan Sari

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_1349

Membangun Kreatifitas Mahasiswa Melalui Business Workshare Project

Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (IMPRODIAS) USU menyelenggarakan kegiatan Business Workshare Project ke-6 pada Rabu (13/11). Acara yang diadakan setiap tahun ini mengusung tema “Creative Preneur” dengan sub tema yaitu “Peran Milenial Pada Era Creative Preneur di Industri 4.0”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *