Home / Berita / PKKMB Fakultas Teknik, Pentingnya Karakter dan Etika dalam Lingkungan Mahasiswa
Fotografer: Azka Fikri
Fotografer: Azka Fikri

PKKMB Fakultas Teknik, Pentingnya Karakter dan Etika dalam Lingkungan Mahasiswa

Achmad Syah Galang Ramadhan

Pijar, Medan. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) 2019 berlangsung di Lapangan Parkir Fakultas Teknik USU pada Selasa, 20/8. Kegiatan ini dihadiri oleh 1.178 orang mahasiswa baru dari berbagai program studi yaitu: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Arsitektur, dan Teknik Lingkungan.

Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 WIB  sampai dengan pukul 17.30 WIB. Pada hari kedua ini mahasiswa baru diberikan pengenalan mengenai kegiatan akademik di fakultas, penjelasan mengenai registrasi, pelayanan beasiswa dan juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tersedia di USU, dan hal lain yang berkaitan dengan pengembangan kegiatan akademik lainnya.

Adapun materi yang disampaikan adalah mengenai Karakter dan Etika Mahasiswa BINTANG (Beriman, Inovatif, Tangguh, dan Arif) oleh Dr. Harmona Daulay. Beliau menjelaskan bahwa untuk menciptakan perilaku yang baik dan benar kita harus memiliki komitmen dan kegigihan dari dalam diri sendiri serta pandai memilih teman yang baik.

“Kalau kita mau jadi orang sukses, komitmen, kegigihan, dan positive thinking serta tidak bergaul dengan orang yang perilakunya mempengaruhi kita untuk menjadi tidak baik, pertemanan itu sangat penting dijaga,” jelasnya.

Selain pemberian materi, mahasiswa baru diajak untuk bermain permainan permainan seru yang telah dipersiapkan oleh panitia. Diharapkan dengan adanya permainan ini mahasiswa baru dapat lebih aktif dan semangat mengikuti kegiatan PKKMB.

Pada saat penyampaian materi diselingi dengan beberapa games dan juga peregangan badan kepada mahasiswa baru oleh panitia pelaksana (20/8) (Fotografer: Azka Fikri)
Pada saat penyampaian materi diselingi dengan beberapa games dan juga peregangan badan kepada mahasiswa baru oleh panitia pelaksana (20/8) (Fotografer: Azka Fikri)

Amirsyah Jeehan, mahasiswa baru Prodi Teknik Sipil mengungkapkan keinginan untuk ke depannya agar bisa berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur pembangunan negara. “Saya berharap sih kalo habis dari sini, setidaknya bisa berguna bagi masyarakat banyak, ikut berkontribusi membangun negara. Mulai dari infrastruktur bangunan di ‘pedalaman’ kan masih banyak  yang kurang ya akses jalan,” katanya.

Panitia pelaksana PKKMB Teknik USU juga mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap rangkaian acara dari Biro Kemahasiswaan dan Kelumnian (BKK) yang terlalu banyak memberikan kegiatan berupa materi. Mereka merasa kegiatan pengenalan kampus tidaklah efektif jika hanya diberikan melalui materi.

“Kita butuh visualisasi yang jelas pengenalannya bukan hanya materi-materi, ibaratnya kita cuma berfantasi aja gitu, kita berfantasi bagaimana kegiatannya tanpa kita langsung tahu bagaimana prosesnya itu. Lebih bagus terjun ke lapangan langsung kalau menurut saya,” ungkap Muhammad Rizky Fadillah selaku ketua panitia PKKMB FT USU.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Mhd Abdul Fattah

Peringati Hari Literasi Internasional, GenBI lakukan Pojok Literasi

08 September 2019 adalah peringatan Hari Literasi Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO di tahun 1965 lalu. Peringatan literasi ini berlatar belakang melalui Hari Aksara di mana manusia mulai mengenal dan melek huruf. Namun saat ini dirasa sudah berkurang manusia yang tidak tahu akan huruf, sehingga lebih tepatnya kepada bagaimana tingkat minat membaca manusia pada saat sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *