Home / Berita / PKKMB FISIP USU Siapkan Mahasiswa Baru Menjadi Generasi Bintang
(Fotografer: Talitha Nabilah)
(Fotografer: Talitha Nabilah)

PKKMB FISIP USU Siapkan Mahasiswa Baru Menjadi Generasi Bintang

Frans Dicky Naibaho

Pijar, Medan. Kehadiran mahasiswa baru merupakan suatu fenomena tahunan yang sangat dinanti oleh setiap perguruan tinggi. Demikian pula dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) yang menyambut hangat seluruh mahasiswa baru selama tiga hari sejak Senin (19/8) hingga Rabu (21/8) dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara ini bertajuk “Generasi 4.0, Generasi Bintang”. Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, PKKMB FISIP USU 2019 dilaksanakan di lapangan parkir FISIP USU.

Pengenalan kehidupan kampus di FISIP USU sendiri dilaksanakan dengan kegiatan penyampaian materi yang disampaikan oleh Dosen FISIP USU, mengadakan perlombaan yel-yel, dan membuat majalah dinding (mading) yang dilaksanakan oleh Panitia. Tidak hanya itu, berbagai kegiatan menarik lainnya juga dilakukan dalam rangkaian kegiatan PKKMB FISIP USU 2019.

Perkembangan teknologi menjadi salah satu perhatian penting bagi civitas akademika FISIP USU dalam kegiatan PKKMB tahun ini. Terlihat dari materi-materi yang disampaikan, mengarahkan mahasiswa baru FISIP USU untuk bijak dalam menggunakan teknologi yang sudah memasuki tren Revolusi Industri 4.0 ini. Ditambah lagi Mahasiswa FISIP sangat berkaitan erat dengan kegiatan sosial, pengabdian masyarakat, serta penelitian sosial, tentu menjadi suatu tantangan tersendiri bagi dosen-dosen FISIP dalam mempersiapkan sekitar ±900 mahasiswa baru untuk menjadi generasi bintang.

Antusias yang ditunjukkan mahasiswa baru FISIP USU menjadi salah satu kunci suksesnya kegiatan ini. Khairul Ramadhan, Ketua Panitia PKKMB FISIP USU 2019 mengungkapkan bahwa selama tiga hari pelaksanaan, tidak terlihat penurunan antusias dari peserta. Ia melanjutkan bahwa setiap harinya peserta PKKMB semakin antusias dengan kegiatan-kegiatan yang berlangsung serta semakin akrab dengan panitia.

“Saya merasa PKKMB-nya enak banget. Kakak sama abang seniornya semua baik-baik, nggak ada yang marah-marah, semuanya ramah juga sama kami. Jadi kami juga menjalaninya enjoy walaupun kalau udah siang udah agak capek gitukan. Habis itu kita juga nggak dibuat ribet, nggak disuruh bawa ini itu, malah dimudahkan sama panitianya,” ungkap Nurul Sabrina, salah satu peserta PKKMB FISIP USU.

Pemberian hadiah kepada salah satu perwakilan Mahasiswa Baru yang berhasil meraih juara 3 lomba majalah dinding (mading) pada kegiatan PKKMB FISIP USU. (21/8) (Fotografer: Talitha Nabilah)
Pemberian hadiah kepada salah satu perwakilan Mahasiswa Baru yang berhasil meraih juara 2 lomba majalah dinding (mading) pada kegiatan PKKMB FISIP USU. (21/8) (Fotografer: Talitha Nabilah)

PKKMB FISIP USU 2019 ditutup dengan pemberian hadiah kepada perwakilan mahasiswa baru yang memenangkan perlombaan mading serta yel-yel oleh Wakil Dekan I FISIP USU, Ketua Panitia, dan Gubernur PEMA FISIP USU. Ini merupakan suatu wujud apresiasi yang diberikan kepada mahasiswa baru FISIP USU atas semangat yang telah ditunjukkan mereka selama kegiatan ini berlangsung.

“Sederhana saja, saya hanya mengharapkan nantinya di kegiatan PKKMB kedepannya seluruh pihak yang bersentuhan dengan kesuksesan acara ini dapat membuat PKKMB yang lebih baik lagi. Tentunya yang tahun ini (PKKMB FISIP USU 2019) dijadikan evaluasi agar lebih baik kedepannya dan agar lebih hidup juga kegiatan di FISIP ini,” ungkap Khairul Ramadhan yang akrab disapa Madhan ketika ditanya harapannya untuk PKKMB mendatang.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Mhd Abdul Fattah

Peringati Hari Literasi Internasional, GenBI lakukan Pojok Literasi

08 September 2019 adalah peringatan Hari Literasi Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO di tahun 1965 lalu. Peringatan literasi ini berlatar belakang melalui Hari Aksara di mana manusia mulai mengenal dan melek huruf. Namun saat ini dirasa sudah berkurang manusia yang tidak tahu akan huruf, sehingga lebih tepatnya kepada bagaimana tingkat minat membaca manusia pada saat sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *