Home / Berita / Tingkatkan Ekosistem Startup Digital Kota Medan Lewat DILo Hackathon Festival 2019
(Fotografer: Thiara Figlia)
(Fotografer: Thiara Figlia)

Tingkatkan Ekosistem Startup Digital Kota Medan Lewat DILo Hackathon Festival 2019

Thiara Figlia Chandra

Pijar, Medan. Digital Innovation Lounge (DILo) Medan kembali menggelar kegiatan tahunannya, DILo Hackathon Festival 2019 yang berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (24/08) hingga Minggu (25/08). Berkolaborasi dengan DILo Banda Aceh, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung DILo Medan, Jalan Monginsidi, Medan, Sumatra Utara yang mengusung tema “Digitalizing Indonesia”.

Dibuka oleh General Manager Telkom Witel Medan, Sudarto, kegiatan ini juga dihadiri oleh Deputy Head of Digital Start-up and Community Engagement, Herry Fahrur Rizal, Manager Dilo Medan, Abil Abbas Habibi, dan beberapa komunitas digital di kota Medan. DILo Hackathon Festival merupakan kompetisi dalam menciptakan program-program digital yang melibatkan generasi muda yang aktif dan kreatif agar dapat melahirkan inovasi baru di masyarakat.

Berbeda dari tahun sebelumnya, DILo Hackathon Festival 2019 kali ini diselenggarakan secara serentak di 8 kota di seluruh Indonesia. Diantaranya Medan, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Jogja, Malang, Denpasar, dan Balikpapan. Setelah opening ceremony dan sharing session, kegiatan ini dilanjutkan dengan hacking time yang akan berlangsung selama 24 jam untuk menciptakan program digital sesuai dengan kategori yang ditawarkan. Adapun tiga kategori tersebut ialah Smart City, Small Medium Business (SMB) & Government, dan Big Data & Service.

Dari 16 tim yang telah lolos seleksi dengan jumlah peserta 45 orang, nantinya akan dilakukan dua kali tahapan seleksi untuk menentukan tiga besar pemenang dari kompetisi ini. Tahap pertama merupakan initial pitching untuk penjurian technical dari para juri. Tahap terakhir adalah final pitching dimana masing-masing tim akan mempresentasikan hasil produk yang mereka kerjakan serta meyakinkan para juri bahwa produk mereka memiliki business value serta dapat memberikan solusi bagi masyarakat luas.

Adapun juri DILo Hackathon Festival 2019 tahun ini diantaranya Yoshida Sary, M.Kom (Tenaga Ahli Kominfo), Herry Fahrur Rizal (Kepala Deputi Digital Startup & Community Engagement Telkom Indonesia), I Putu Ariasa (Bigbox), serta Ibnu Alinursafa (Antares). Keempat juri dipilih berdasarkan keahliannya masing-masing.

“Agar kreativitas anak muda tidak terhambat apalagi dalam melahirkan inovasi-inovasi baru, program-program baru yang dapat memudahkan pekerjaan masyarakat dan PT Telkom akan menfasilitasi serta memotivasi sampai menjadi start-up yang mampu mengembangkan bisnis sendiri ke depan jauh lebih baik lagi,” ujar Sudarto dalam kata sambutannya.

Foto bersama dengan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, General Manager Telkom Medan, Sudarto, dan peserta DILo Hackathon Festival 2019 (24/08) Fotografer: Thiara Figlia
Foto bersama dengan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, General Manager Telkom Medan, Sudarto, dan peserta DILo Hackathon Festival 2019 (24/08)
(Fotografer: Thiara Figlia)

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Medan. Dalam kata sambutannya, Akhyar Nasution mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi DILo Hackathon Festival 2019. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu para start-up dan komunitas yang bergerak di bidang digital dalam menghasilkan produk-produk digital yang unggul secara global serta dapat memudahkan aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ia pun berharap, kegiatan ini dapat melahirkan bibit digitalpreneur yang siap masuk ke dunia industri (creative center). Terlebih lagi, kedepannya pemilik masa depan dan dunia digital ini adalah anak muda karena digital sekarang ini merupakan suatu keharusan dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi talenta-talenta lokal agar lebih kreatif di bidang digital dan dapat menghasilkan inovasi baru yang dapat berguna bagi pemerintah dan masyarakat.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Mhd Abdul Fattah

Peringati Hari Literasi Internasional, GenBI lakukan Pojok Literasi

08 September 2019 adalah peringatan Hari Literasi Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO di tahun 1965 lalu. Peringatan literasi ini berlatar belakang melalui Hari Aksara di mana manusia mulai mengenal dan melek huruf. Namun saat ini dirasa sudah berkurang manusia yang tidak tahu akan huruf, sehingga lebih tepatnya kepada bagaimana tingkat minat membaca manusia pada saat sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *