Home / Berita / Ajang Kumpul Anak USU (AKU USU) Mengajarkan Mahasiswa Baru untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi
Fotografer: Achmad Syah Galang Ramadhan
Fotografer: Achmad Syah Galang Ramadhan

Ajang Kumpul Anak USU (AKU USU) Mengajarkan Mahasiswa Baru untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Achmad Syah Galang Ramadhan

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Ekonomi Syariah KSEI FoSEI USU kembali mengadakan acara Ajang Perkumpulan Anak USU (AKU USU) yang diselenggarakan di Aula Farmasi Lantai 2 Universitas Sumatra Utara (07/09). Kegiatan yang mengangkat tema “Be A Smart People For The Future” ini dihadiri oleh lebih dari 500 mahasiswa baru Universitas Sumatra Utara.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Kegiatan dibuka dengan kata sambutan Buchari S.T., M.Kes selaku Ketua Students Entrepreneurship Center (SEC) USU dan diresmikan oleh Muktar Budiutomo selaku perwakilan dari Rektor USU.  Selanjutnya, acara memasuki agenda yang pertama yaitu seminar tentang kewirausahaan yang dibawakan oleh Buchari S.T., M.Kes. Beliau dalam seminarnya menyebutkan bahwa seorang wirausahawan harus mempunyai kegigihan dan keberanian agar usaha mereka dapat berkembang.

“Seorang wirausaha selalu memperhatikan pertumbuhan usahanya sendiri dan kemudian seorang wirausaha selalu bersahabat dengan yang namanya ketidakpastian,” ungkapnya.

Kemudian peserta diajak untuk mengetahui kepribadian diri mereka masing-masing dengan melakukan tes yang dibawakan oleh Harazati Marha Ruslan, Mahasiswa Berprestasi Fakultas Psikologi USU 2018. Peserta diharuskan untuk memilih pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan dengan dirinya masing-masing melalui kertas yang telah dibagikan oleh panitia. Setelah selesai menjawab semua pernyataan, Harazati langsung menjelaskan kepribadian mana yang dimiliki peserta melalui hasil tes tersebut.

Sesuai dengan namanya, tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai ajang berkumpul mahasiswa baru Universitas Sumatra Utara untuk dapat mengenal lebih dalam lagi segala hal seputar dunia kampus. Selain itu, mahasiswa baru pun juga dapat belajar bagaimana menjadi wirausahawan, melakukan tes kepribadian, serta diskusi mengenai program beasiswa bersama mahasiswa-mahasiswa berprestasi Universitas Sumatera Utara.

Putra Raihan Nur Arif, salah satu peserta memberi tanggapannya terhadap acara ini. ”Acaranya bagus sih, yang paling berkesan itu menurutku pas tes kepribadiannya. Karena kita jadi tau kepribadian kita itu apa,” ungkap Putra.

Majudin Ahmad selaku ketua panitia pelaksana juga mengungkapkan harapannya untuk mahasiswa baru agar kedepannya bisa menjadi mahasiswa bertalenta yang berguna baik dimasyarakat maupun di lingkungan kampus. “Kita mengharapkan agar setiap mahasiswa baru ini agar menjadi agen perubahan di masyarakat maupun di lingkungan kampus itu sendiri, paling tidak ia bisa menjadi mahasiswa bertalenta dari mahasiswa lainnya,” ucapnya.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0636

Batman 3.0: Menggores dengan Hati, Peduli terhadap Warisan Negeri

Peringatan Hari Batik Nasional memang sudah lewat, tetapi semangat untuk melestarikan warisan negeri tidak boleh pudar. Batik-Batik di Taman 3.0 (Batman 3.0) adalah sebuah kegiatan sekaligus program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (12/10), bertempat di Taman Tengah Fakultas Psikologi USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *