Home / Berita / Donor Darah ala GenBI, Energi Untuk Negeri!
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Donor Darah ala GenBI, Energi Untuk Negeri!

Mhd Abdul Fattah

Pijar, Medan. GenBI Komisariat USU sukses menggelar Donor Darah ala GenBI. Dalam rangka menyambut Hari Palang Merah Indonesia (PMI), GenBI USU bekerja sama dengan PMI unit Kabupaten Langkat untuk mengadakan aksi donor darah (03/09). Berlokasi di Pendopo FISIP USU, acara ini berhasil menarik perhatian mahasiswa dan dosen yang melintas di sekitaran FISIP USU.

Acara ini digelar sebagai aksi kemanusiaan anak muda terhadap kesehatan di Indonesia. Dimulai pada pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Fatmawati selaku kepala Unit PMI Kabupaten Langkat. Selanjutnya Husein selaku Sekretaris GenBI USU juga turut memberi kata sambutan.

IMG_9968

Antusias mahasiswa dalam mendonorkan darah dalam acara Donor Darah ala GenBI di Pendopo FISIP USU (03/09)  (Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)

“Sesuai dengan slogannya energi untuk negeri, saya rasa acara ini cukup membuktikan bahwasanya GenBI memang melakukan aksi sosial dan hal-hal yang bermanfaat untuk masyarakat luas,” kata Husein.

Latar belakang GenBI USU bekerjasama dengan PMI Unit Kabupaten Langkat adalah untuk pemerataan program kerja dan penyaluran kantong darah kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Hal ini disampaikan oleh Fatmawati selaku kepala Unit PMI Kabupaten Langkat.

“Awalnya GenBI USU mengajak kerjasama dengan PMI Kota Medan, namun dikarenakan PMI Kota Medan sudah memiliki kerjasama yang padat maka dialihkan kepada kami yang berasal dari Langkat untuk turut membantu, apalagi kegiatan donor darahnya dilakukan oleh generasi muda sudah harus kita sokong dengan sepenuh hati,” jelasnya.

Iftitah, pendonor dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengaku antusias dalam menghadiri acara Donor Darah GenBI ini. Dirinya mengaku mengetahui info acara donor ini dari media sosial anakusu.

“Dari dulu pengen sekali untuk mendonorkan darah, cuma memang tidak tahu harus kemana kalau ke rumah sakit kan takut aja gitu kesannya. Jadi pas lihat di instagram ada info ini ya sudah langsung ikutan aja,” tuturnya.

Tak hanya berpahala, dengan donor, tubuh manusia akan mengalami regenerasi sel darah dan tubuh akan terasa lebih fit karena memiliki darah yang baru. “Mungkin banyak yang takut begitu kan untuk donor darah, padahal manfaatnya juga amalan bagi manusia. Seperti pernah saya tanyakan kepada ahli agama bahwasanya apabila kita memberikan sesuatu kepada orang lain dalam hal positif kita akan mendapatkan pahalanya juga,” jelas Fatmawati.

Redaktur Tulisan: Intan Sari

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Mhd Abdul Fattah

Peringati Hari Literasi Internasional, GenBI lakukan Pojok Literasi

08 September 2019 adalah peringatan Hari Literasi Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO di tahun 1965 lalu. Peringatan literasi ini berlatar belakang melalui Hari Aksara di mana manusia mulai mengenal dan melek huruf. Namun saat ini dirasa sudah berkurang manusia yang tidak tahu akan huruf, sehingga lebih tepatnya kepada bagaimana tingkat minat membaca manusia pada saat sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *