Home / Hiburan / Film / Ekspedisi Menegangkan di Rumah Sakit Jiwa Gonjiam: Haunted Asylum
(sumber foto: bloggerperempuan.co.id)
(sumber foto: bloggerperempuan.co.id)

Ekspedisi Menegangkan di Rumah Sakit Jiwa Gonjiam: Haunted Asylum

Yayang Prilli Wandari

Pijar, Medan. Pernahkah sobat Pijar berfikir untuk membuat konten Youtube dengan  menjelajahi tempat-tempat mistis yang ada di sekitar kalian? Seperti halnya pada film Gonjiam: Haunted Asylum. Film yang diangkat dari sebuah urband legend ini resmi ditayangkan pada 28 Maret 2018 kemarin di Korea Selatan dan berhasil menarik banyak minat pecinta film horor di Korea.

Kisah ini bermula dari beberapa anak muda Korea bernama Lee Seung Wook, Yoo Je Yoon, Wi Ha Joon, Park Ji Hyun, Oh A Yeon, Park Sung Hoon dan Moon Ye Won (Charlotte) yang tergabung dalam sebuah komunitas channel Youtube horor bernama Horror Times mencoba menelusuri Gonjiam, bekas rumah sakit jiwa yang diliputi dengan cerita-cerita mistis dengan tujuan mendapatkan jumlah viewer dan like yang meningkat.

Demi memenuhi rasa penasarannya, mereka nekat datang dan mencoba sendiri mengetahui mitos-mitos yang konon banyak pasien Rumah Sakit Jiwa Gonjiam tewas secara tidak wajar serta merekam segala bentuk kegiatan yang ada di bekas bangunan rumah sakit jiwa tersebut. Mereka merekam dan kemudian menyiarkan kegiatan mereka secara live streaming dengan penggemar yang sudah menunggu aksi mereka.

Awalnya, semua kejadian horror berlangsung biasa-biasa saja dan hanya direkayasa oleh tim ekspedisi untuk mengejutkan para penonton yang sedang menyaksikan aksi mereka secara langsung. Namun, pada satu momen mulai muncul kejadian-kejadian horor yang tidak direncanakan.

Suasana pun semakin mencekam di saat rasa penasaran mereka satu persatu mulai terjawab dengan menemukan hal-hal ganjil dalam penelusurannya. Tidak hanya itu, rasa khawatir dan takut pun mulai menghantui mereka yang menyebabkan mereka terpencar dan menghilang satu persatu.

Kemasan film yang disutradarai oleh Beom Sik Jeong ini sendiri terbilang cukup unik. Sejak awal film, sobat Pijar akan terasa seperti mengikuti anak-anak muda gila dengan penelusuran-penelusuran mistis mereka. Tidak adanya satu pun musik latar selama film berlangsung, sudut pandang yang diambil dari sebuah kamera yang terkadang rusak saat penelusuran serta penyuguhan atmosfir asli yang ada di sana akan semakin menambah kesan nyata dari film Gonjiam.

Film ini dihadirkan dengan harapan penonton melihat langsung suasana asli yang dibangun serta benar-benar merasuki pikiran siapa saja yang menyaksikannya. Seperti, kondisi gedung Gonjiam yang memang benar-benar sunyi serta tiupan angin yang merupakan gambaran nyata dari film ini.

Adegan jumpscare yang dibangun pun tidak seperti film horror pada umumnya. Biasanya, kita akan dibuat terkejut oleh musik latar dari sebuah suguhan film horror. Namun tidak di film ini, dengan kondisi yang sunyi tanpa musik lah yang akan membuat kalian semakin tegang dengan kejadian-kejadian yang ada di dalamnya.

Namun, film ini mengarahkan kepada satu hal yang masih dikatakan sebagai misteri. Seperti sebuah kamar misterius yang di awal cerita memiliki banyak kisah-kisah mistis. Tetapi, pada akhirnya tidak ada penjelasan tentang kamar tersebut. Lalu, terdapat sosok hantu yang sudah melegenda di masyarakat umum dan menjadikannya sebagai sebuah cerita rakyat Korea. Namun juga tidak diperlihatkan secara jelas pula ketika anak-anak muda ini harus bertemu dengan sosok hantu dalam bangunan tersebut.

Meskipun begitu, menurut Korean Box Office Information System (KOBIS) pada tanggal 29 Maret 2018, penayangan perdana film Gonjiam di seluruh bioskop Korea meraih pengunjung sebanyak 198,669 orang dan berhasil memuncaki peringkat 1 Box Office. Nah, buat sobat Pijar yang penasaran gimana sih ceritanya, jangan lupa nonton ya! Dan kalau bisa jangan nonton sendirian!

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: 
https://www.youtube.com/watch?v=KmOrhtaC3gA

Nenek 70 Tahun jadi Mahasiswi Baru?

da kalanya kita merasa lelah dengan aktivitas dan membutuhkan hiburan walau hanya sejenak. Jika sobat Pijar sedang berada di fase tersebut, menonton film bisa menjadi salah satu alternatifnya. Mahasiswi Baru, film bergenre drama dan komedi garapan sutradara Monty Tiwa akan membantu menyelesaikan permasalahan sobat Pijar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *