Home / Berita / Lawan Ketakutan Berbicara di Depan Umum Lewat Seminar Karir Terdahsyat 2019
(Fotografer: Hazlina Ghanif Sihotang)
(Fotografer: Hazlina Ghanif Sihotang)

Lawan Ketakutan Berbicara di Depan Umum Lewat Seminar Karir Terdahsyat 2019

Yayang Prilli Wandari

Pijar, Medan. Owner dan Corporate Relation Rumah Makan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud telah sukses bekerjasama mengadakan Seminar Karir Terdahsyat 2019. Mengangkat tajuk  “Kuliah Kerja Kaya”, kegiatan ini diselenggarakan di ruang VVIP Rumah Makan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud Jalan Abdullah Lubis No. 71 Medan, Sabtu (31/08).

Seminar dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dan dibawakan langsung oleh pemateri handal, Dani Pramana Damanik. Dani merupakan seorang Direktur Wave Klinik Hipnoterapi, Public Speaker, Trainer dan Coach. Dalam seminar tersebut, Dani menyampaikan materi tentang “Bagaimana Cara Presentasi di depan Publik”. Materi tersebut ia sampaikan karena melihat masih banyak sekali orang-orang yang takut jika diminta untuk berbicara di depan umum.

“Ketika kita ingin melakukan presentasi dengan bagus, maka harus berkomunikasi yang bagus pula. Sementara itu, masih banyak orang yang merasa takut jika diminta untuk berbicara didepan umum. Bahkan, dari data yang pernah saya temukan, dari ketakutan-ketakutan luar biasa di Amerika Serikat yang pertama adalah berbicara didepan umum. Bayangkan yang sekelas Amerika Serikat aja masih takut berbicara di depan umum loh,” ucap Dani dalam pemaparan materi yang disampaikannya.

Dani Pramana pada saat memberikan materi mengenai tips melawan ketakutan saat presentasi didepan umum dalam acara Seminar Terdahsyat 2019 Kuliah Kerja Kaya di ruang VVIP Rumah Makan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud (31/08) (Fotografer: Hazlina Ghanif Sihotang)
Dani Pramana pada saat memberikan materi mengenai tips melawan ketakutan saat presentasi didepan umum dalam acara Seminar Terdahsyat 2019 Kuliah Kerja Kaya di ruang VVIP Rumah Makan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud (31/08) (Fotografer: Hazlina Ghanif Sihotang)

Berdasarkan hal itu, Dani memberi tips berupa tujuh poin penting yang harus dikuasai jika sedang presentasi di depan publik. Pertama, mindset ingin berhasil. Kedua, membuat diri senyaman mungkin. Ketiga, siapkan pembukaan yang memukau. Keempat, sampaikan isi presentasi dengan singkat, padat, lugas serta jelas. Kelima, perhatikan audiences. Keenam, menjaga eye contact dan ketujuh menutup presentasi dengan hal yang memukau.

Seminar yang baru sekali dilakukan ini sebenarnya bertujuan untuk menjadi sistem pelatihan calon karyawan yang nantinya  akan bekerja di Rumah Makan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud. Namun, tidak hanya untuk calon karyawan, seminar ini juga dibuka untuk umum agar dimana pun mereka bekerja nanti, mereka sudah memiliki kemampuan yang mumpuni khususnya dalam hal berbicara di depan publik.

“Walaupun mereka bekerja di perusahaan mana pun nantinya, paling tidak mereka sudah punya bekal dalam hal presentasi yang sudah disampaikan oleh bang Dani tadi kan, jadi udah dapat ilmu. Jadi, kalau mereka mau melamar kerja di tempat lain pun mereka sudah pernah ikut pelatihan seperti ini,” tutur Putra Andica Siagian selaku Corporate Relation Rumah Makan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud.

Sementara itu, Wiramislina dari jurusan pendidikan tata rias fakultas teknik UNIMED 2017, salah satu peserta seminar, mengungkapkan bahwa seminar ini dapat membangun diri serta membuka wawasan seseorang khususnya bagi mahasiswa seperti dirinya. “Dari penjelasan yang disampaikan pemateri tadi kita jadi tahu bagaimana cara mengatasi ketakutan kita jika bicara di depan umum. Terus bagaimana cara presentasi yang baik dimana kita harus tahu fashion kita itu apa, persiapkan materi secara terstruktur, terus menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas gitu,” ujarnya.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Fotografer: Thiara Figlia Chandra)

Argrifest 4.0, Menghidupkan Jiwa Pertanian Tahun 90-an

Ikatan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (IMASEP) Universitas Sumatra Utara pada Sabtu (14/12) kembali menggelar Agrifest 4.0, sebagai bentuk perayaan hari jadi IMASEP yang ke-39 sekaligus hari jadi Departemen Agribisnis yang ke-59 di Fakultas Pertanian USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *