Home / Berita / Mahasiswa USU Raih Penghargaan dalam IMG-GT Ke-21 di Walailak University
Sumber Foto: Dokumentasi Peserta
Sumber Foto: Dokumentasi Peserta

Mahasiswa USU Raih Penghargaan dalam IMG-GT Ke-21 di Walailak University

Diva Vania

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara mengikuti ajang kompetisi Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-21 yang diselenggarakan di Walailak University, Provinsi Nakhon Si Thammarat, Thailand. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 24 Agustus 2019 sampai dengan Selasa, 27 Agustus 2019.

IMT-GT merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperkuat tali persahabatan antara tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Ajang kompetisi ini diikuti oleh empat universitas yang berada di Indonesia, yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dan Institut Teknologi Medan (ITM). Empat universitas yang berada di Malaysia, yakni University Sains Malaysia (USM), University Utara Malaysia (UUM), Universitas Malaysia Perlis, dan Institut Teknologi Mara. Serta empat universitas yang berada di Thailand, yakni Thaksin University, Walailak University, Rajamenggala University, dan Prince of Songkla University. Kegiatan tahunan ini memiliki beberapa kriteria cabang lomba, yakni Seminar Presentation, Olahraga (Voli, Tenis, Badminton dan Sepak Bola), dan Cultural Performance.

“Jadi, di setiap tahunnya kegiatan ini dilakukan di tiga negara secara bergantian. Misalnya tahun ini diselenggarakan di Indonesia, maka tahun depan dilaksanakan di Malaysia, kemudian di Thailand. Begitu seterusnya. Tahun ini tahun ke-21, dimana kegiatannya diselenggarakan di Thailand, tepatnya di Walailak University.” Ujar Rizqha Syafira selaku salah satu delegasi yang mewakili USU di bidang Cultural Performance.

Dari hasil kompetisi persahabatan ini, USU berhasil memperoleh beberapa penghargaan. Diantaranya The Best Full Performance (Dance and Music) pada cabang lomba Cultural Performance, Gold Medal dalam katagori Mix Group Presentation pada cabang lomba Seminar Presentation, serta Juara 3 Bersama pada masing-masing cabang lomba Badminton, Tenis, dan Voli.

Cabang Lomba Cultural Performance yang diwakili oleh Lembaga Kesenian USU berhasil mendapatkan penghargaan "The Best Full Performance" pada ajang kompetisi Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang diselenggarakan pada 24-27 Agustus 2019 di Walailak University, Thailand. (Sumber Foto: Dokumentasi Peserta)
Cabang Lomba Cultural Performance yang diwakili oleh Lembaga Kesenian USU berhasil mendapatkan penghargaan “The Best Full Performance” pada ajang kompetisi Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang diselenggarakan pada 24-27 Agustus 2019 di Walailak University, Thailand. (Sumber Foto: Dokumentasi Peserta)

“Awalnya kami mengira cuma satu tim yang menang. Karena suara MC nya nggak jelas, dan pas diumumin nama grup lain, kami udah pesimis. Temanku udah yang kayak tak apa, ‘we do a great job’. Terus diumumkan lagi grup kedua dan ketiga. Makin pesimis, karena udah tiga grup. Terus kok ada pengumuman lagi. Barulah pas MC nya ngomong The Best Mix Group, aku baru sadar ternyata grup kami dapat Gold Medal,” ucap Ray Vivaldy selaku delegasi USU yang mewakili di bidang Seminar Presentation.

“IMT-GT ini ajang mempererat persahabatan antara 3 negara. Tujuan diadakannya untuk persahabatan, bukan semata-mata untuk bertanding. Harapan saya semoga IMT-GT ini terus mempererat persahabatan kedepannya, dan semoga delegasi berikutnya tetap memegang erat persahabatan itu. Dan saya juga berharap kedepannya akan ada IMT-GT Alumni Gathering.”  Tutup Ray.

IMT-GT di tahun ini berjalan dengan sukses. IMG-GT akan kembali dilaksanakan tahun depan di Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbkang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Mhd Abdul Fattah

Peringati Hari Literasi Internasional, GenBI lakukan Pojok Literasi

08 September 2019 adalah peringatan Hari Literasi Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO di tahun 1965 lalu. Peringatan literasi ini berlatar belakang melalui Hari Aksara di mana manusia mulai mengenal dan melek huruf. Namun saat ini dirasa sudah berkurang manusia yang tidak tahu akan huruf, sehingga lebih tepatnya kepada bagaimana tingkat minat membaca manusia pada saat sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *